SILABUS PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 2



SILABUS PEMBEAJARAN
Satuan Pendidikan                  : Madrasah Tsanawiyah (MTsS)
Mata Pelajaran                        : Fiqih
Kelas                                       : VIII (Delapan)
Semeater                                 : Ganjil
Kompetensi Inti                      :
                                                  KI-1              Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang di anutnya.
  KI-2                Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tangggung jawab, peduli (Toleransi, gotong
Royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan  keberadaannya
KI-3                Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4                Mengolah, menalar, dan menyajikan dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkaid dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.






Kompetensi Dasar

Indikator

Materi

Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu
1
2
3
4
5
6
3.1  Menjelaskan ketentuan sujud syukur dan sujud  tilawah

3.1.1        Menjelaskan pengertian sujud Syukur dan dalilnya
3.1.2        Menjelaskan sebab-sebab sujud Syukur
3.1.3        Menjelaskan tatacara sujud syukur

·         Sujud syukur

Mengamatai
·         Mengamati gambar atau tayangan tentang ketentuan sujud syukur dan sujud  tilawah
Menanya
·         Dengan motivasi oleh guru mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan ketentuan sujud syukur dan sujud  tilawah
Mengeksplorasi
·         mencari pengertian sujud Syukur dan dalilnya, sebab-sebab sujud Syukur dan tatacara sujud syukur dari berbagai sumber: buku, jurnal, media elektronik maupun cetak.
Mengasosiakan
·           mencari informasi tentang ketentuan sujud syukur dan sujud  tilawah
·           melakukan analisis dan koreksi terhadap hasil rumusan tentang ketentuan sujud syukur dan sujud  tilawah
Mengkomunikasikan
·           Menyajikan paparan hasil pencarian informasi tentang ketentuan sujud syukur dan sujud  tilawah
·           Memberikan tanggapan paparan hasil pencairan informasi tentang ketentuan sujud syukur dan sujud  tilawah
·           Menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru.
Tugas
·      Mengumpulkan gambar atau artikel yang memuat ketentuan sujud syukur dan sujud  tilawah
Tes
·      Lisan
·      Tes Tulis
4x40 menit
4.1  Mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
4.1.1  Melafalkan bacaan sujud tilawah
4.1.2  Mendemonstrasikan sujud Tilawah
·         sujud syukur dan tilawah
Mengamatai
·         Mengamati gambar atau tayangan tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
Menanya
·      Dengan motivasi oleh guru mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah

Mengeksplorasi
·         Menentukan sumber informasi tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah dari berbagai sumber: buku, jurnal, media elektronik maupun cetak.
Mengasosiakan
·           Mencari informasi tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
·           melakukan analisis dan koreksi terhadap hasil rumusan tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
 Mengkomunikasikan
·           Menyajikan paparan hasil pencarian informasi tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah 
·           Memberikan tanggapan paparan hasil pencairan informasi tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah Menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru
Tugas
Mengumpulkan gambar atau artikel yang memuat cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah tilawah
Tes
·         Tes Tulis
·         Tes Lisan
·         Praktik/performance
2x40 menit
3.2  Menjelaskan  ketentuan puasa

3.2.1        Menjelaskan pengertian  puasa dan dalilnya
3.2.2        .Menjelaskan  syarat dan rukun puasa.
3.2.3        Menjelaskan amalan  yang di sunnah waktu berpuasa
3.2.4        Menjelaskan hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa
3.2.5        Menjelaskan hal-hal yang mrmbatalkan puasa
3.2.6        Melafalkan do`a berbuka puasa
·         Puasa


Mengamatai
·         Mengamati gambar atau tayangan tentang puasa
Menanya
·      Dengan motivasi oleh guru mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan ketentuan puasa
Mengeksplorasi
·     Secara berkelompok menggali informasi tentang syarat dan rukun puasa, amalan  yang di sunnah waktu berpuasa, hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa dan yang mrmbatalkan puasa serta do`a berbuka puasa
Mengasosiakan
·     melakukan analisis, mengoreksi dan memperbaiki terhadap hasil syarat dan rukun puasa, amalan  yang di sunnah waktu berpuasa, hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa dan yang mrmbatalkan puasa serta do`a berbuka puasa
Mengkomunikasikan
·     Menyajikan paparan hasil pencarian informasi tentang syarat dan rukun puasa, amalan  yang di sunnah waktu berpuasa, hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa dan yang mrmbatalkan puasa serta do`a berbuka puasa
·     Memberikan tanggapan paparan hasil pencairan informasi tentang syarat dan rukun puasa, amalan  yang di sunnah waktu berpuasa, hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa dan yang mrmbatalkan puasa serta do`a berbuka puasa
·       Menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru
Tugas
·      Membuat resume hasil diskusi
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-          Kejelasan dan kedalaman informasi yang diperoleh
-          Keaktifan dalam diskusi
-          Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·     Membuat paparan tentang syarat dan rukun puasa, amalan  yang di sunnah waktu berpuasa, hal-hal yang makruh pada waktu berpuasa dan yang mrmbatalkan puasa serta do`a berbuka puasa
Tes
·         Tes tulis
·         Tes Lisan
6 x 40 menit
2.2 Menjelaskan macam-macam puasa 


2.2.1        Menjelaskan hukum puasa Ramadlan dan dalilnya
2.2.2        Menjelaskan cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya
2.2.3        Menjelaskan hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya
2.2.4        Menjelaskan amalan sunat sertta hal-hal yang dilarang pada bulan Ramadlan dan dalilnya
2.2.5        Menjelaskan kafarat bagi orang melanggar larangan puasa Ramadlan dan dalilnya
·        Puasa
ramadhanRamadhan

Mengamatai
·         Mengamati gambar atau tayangan tentang macam-macam puasa 
Menanya
·         Dengan motivasi oleh guru mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan hukum puasa ramadlan dan dalilnya, cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya, hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya, hal-hal yang dilarang pada bulan ramadhan dan dalilnya, serta kafarat bagi orang yang melanggar larangan puasa ramadhan dan dalilnya.
Mengeksplorasi
·         Secara berkelompok menggali informasi tentang hukum puasa ramadlan dan dalilnya, cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya, hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya, hal-hal yang dilarang pada bulan ramadhan dan dalilnya, serta kafarat bagi orang yang melanggar larangan puasa ramadhan dan dalilnya.
·           Mengasosiakan
·           melakukan analisis, mengoreksi dan memperbaiki terhadap hukum puasa ramadlan dan dalilnya, cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya, hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya, hal-hal yang dilarang pada bulan ramadhan dan dalilnya, serta kafarat bagi orang yang melanggar larangan puasa ramadhan dan dalilnya
·           Diskusi tentang hukum puasa ramadlan dan dalilnya, cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya, hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya, hal-hal yang dilarang pada bulan ramadhan dan dalilnya, serta kafarat bagi orang yang melanggar larangan puasa ramadhan dan dalilnya.
·           Melakukan perumusan hasil penggalian informasi tentang hukum puasa ramadlan dan dalilnya, cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya, hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya, hal-hal yang dilarang pada bulan ramadhan dan dalilnya, serta kafarat bagi orang yang melanggar larangan puasa ramadhan dan dalilnya
Mengkomunikasikan
·           Menyajikan paparan hasil pencarian informasi tentang hukum puasa ramadlan dan dalilnya, cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya, hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya, hal-hal yang dilarang pada bulan ramadhan dan dalilnya, serta kafarat bagi orang yang melanggar larangan puasa ramadhan dan dalilnya
·           Menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru
Tugas
·      Membuat resume hasil diskusi
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-          Kejelasan dan kedalaman informasi yang diperoleh
-          Keaktifan dalam diskusi
-          Kejelasan dan kerapian presentasi/resume


Portopolio
·           Membuat paparan tentang hukum puasa ramadhan dan dalilnya
·           tes
·         Tes tulis
·         Tes Lisan
4x40
menit
3.3    Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat maal

3.1.1        Menjelaskan pengertian zakat dan dalilnya
3.1.2        Menjelaskan syarat wajib zakat Fitrah
3.1.3        Menjelaskan waktu mengeluarkan zakat Fitrah
3.1.4        Menunjukkan ukuran zakat Fitrah
3.1.5        Menjelaskan pengertian maal  dan dalilnya
3.1.6        Menjelaskan syarat wajib zakat maal
3.1.7        Menjelaskan waktu mengeluarkan zakat maal
·         Menghitung zakat harta yang wajib dikeluarkan  (pertanian, Emas, maadin)


Zakat Fitrah dan zakat maal

Mengamatai
·         Mengamati gambar atau tayangan tentang ketentuan zakat fitrah dan zakat maal ketentuan rizki dari Allah 
Menanya
·      Dengan motivasi oleh guru mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan zakat fitrah
·      Mengeksplorasi
Secara berkelompok menggali informasi tentang zakat fitrah dari berbagai sumber: buku, jurnal, media elektronik maupun cetak.
Mengasosiakan
·           melakukan analisis, mengoreksi dan memperbaiki terhadap contoh tentang ketentuan zakat fitrah
·           Melakukan perumusan hasil penggalian informasi tentang contoh zakat fitrah dalam kehidupan
Mengkomunikasikan
·         Menyajikan paparan hasil pencarian informasi tentang perilaku orang yang zakat fitrah
·           Menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat resume hasil diskusi
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-          Kejelasan dan kedalaman informasi yang diperoleh
-          Keaktifan dalam diskusi
-          Kejelasan dan kerapian presentasi/resume


Portopolio
·           Membuat paparan tentang zakat fitrah
Tes
·         Tes tulis
·         Tes Lisan
4 x 40 menit
3.4 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat 
3.4.1 Menjelaskan orang yang berhak menerima (mustahiq) zakat Fitrah
3.4.2Menjelaskan pengertian zakat maal dan dalilnya
3.4.3Menjelaskan macam-macam harta yang wajib dizakati
3.4.4 Menjelaskan syarat harta yang wajib dizakati
3.4.5        Menjelaskan mustahiq zakat harta

Mustakhiq zakat

-             
Mengamatai
·         Mengamati gambar atau tayangan tentang orang yang yang berhak menerima zakat
Menanya
·      Dengan motivasi oleh guru mengajukan pertanyaan/pernyataan orang yang berhak menerima zakat Mengeksplorasi
·           Secara berkelompok menggali informasi tentang mustahiq zakat
Mengasosiakan
·           melakukan analisis, mengoreksi dan memperbaiki terhadap orang yang berhak menerima zakat
·           Melakukan perumusan hasil orang yang berhak menerima zakat fitrah
Mengkomunikasikan
·         Menyajikan paparan hasil pencarian informasi orang yang berhak menerima zakat fitrah
·         Menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat resume hasil diskusi
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-          Kejelasan dan kedalaman informasi yang diperoleh
-          Keaktifan dalam diskusi
-          Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Tes
·         Tes tulis
·         Tes Lisan
2x40 menit
4.2  Mempraktek-kan pelaksana-an zakat fitrah dan maal
4.2.1        Praktek menghitung zakat harta
4.2.2        Mendemostrasikan menjadi panitia zakat
4.2.3        Terbiasa membayarkan zakat fitrah dan zakat harta

·      Praktek Bazis.

Mengamatai
·       Mengamati gambar atau tayangan Praktek menghitung zakat harta

·         Menanya
Dengan motivasi oleh guru mengajukan pertanyaan/pernyataan praktek zakat fitrah dan zakat mal
Mengeksplorasi
·           Secara berkelompok menggali informasi tentang praktek zakat fitrah dan zakat mal
Mengasosiakan
·           melakukan analisis, mengoreksi dan memperbaiki terhadap praktek zakat fitrah dan mal
·           Melakukan perumusan hasil penggalian informasi praktek zakat fitrah dan zakat mal   
Mengkomunikasikan
·         Menyajikan paparan hasil pencarian informasi contoh praktek zakat fitrah dan zakat mal
·         Menyusun kesimpulan dengan bimbingan guru
Tugas
·      Membuat resume hasil diskusi
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-          Kejelasan dan kedalaman informasi yang diperoleh
-          Keaktifan dalam diskusi
-          Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·      Membuat paparan tentang praktek zakat fitrah dan zakat mal   
·        Tes
·         Tes tulis
·         Tes Lisan

4x40 menit
Banda Aceh,  2 November 2015
Guru Pamong                                                                                                                                                Mahasiswa PPL,


Yusrawati Usman,BA                                                                                                                                   Sakinah
NIP.195712121982032004                                                                                                                            NIM.211222359

Menyetujui
Kepala Madrasah,


Drs. Mustika Fuadi
  NIP. 197010271995031002

Comments