SILABUS
PEMBEAJARAN
Satuan
Pendidikan : Madrasah
Tsanawiyah (MTsS)
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas : VIII
(Delapan)
Semeater : Ganjil
Kompetensi
Inti :
KI-1
Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang di anutnya.
KI-2 Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tangggung jawab, peduli (Toleransi,
gotong
Royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI-3 Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual dan procedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 Mengolah, menalar, dan
menyajikan dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkaid dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
3.1 Menjelaskan
ketentuan sujud syukur dan sujud
tilawah
|
|
·
Sujud syukur
|
Mengamatai
·
Mengamati
gambar atau tayangan tentang ketentuan sujud syukur dan sujud
tilawah
Menanya
·
Dengan
motivasi oleh guru mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan ketentuan sujud syukur dan sujud tilawah
Mengeksplorasi
Mengasosiakan
·
mencari
informasi tentang ketentuan
sujud syukur dan sujud tilawah
·
melakukan
analisis dan koreksi terhadap hasil rumusan tentang ketentuan sujud syukur dan sujud tilawah
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian informasi tentang ketentuan sujud syukur dan sujud tilawah
·
Memberikan
tanggapan paparan hasil pencairan informasi tentang ketentuan sujud syukur dan sujud tilawah
·
Menyusun
kesimpulan dengan bimbingan guru.
|
Tugas
· Mengumpulkan gambar atau artikel yang memuat ketentuan sujud syukur dan sujud tilawah
Tes
· Lisan
· Tes Tulis
|
4x40
menit
|
4.1 Mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
|
4.1.1
Melafalkan bacaan sujud tilawah
4.1.2 Mendemonstrasikan sujud
Tilawah
|
·
sujud syukur dan tilawah
|
Mengamatai
·
Mengamati
gambar atau tayangan tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
Menanya
· Dengan motivasi oleh guru mengajukan
pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
Mengeksplorasi
·
Menentukan sumber informasi tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
dari
berbagai sumber: buku, jurnal, media elektronik maupun cetak.
Mengasosiakan
·
Mencari informasi tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
·
melakukan
analisis dan koreksi terhadap hasil rumusan tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian informasi tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
·
Memberikan
tanggapan paparan hasil pencairan informasi tentang cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah
Menyusun
kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
Mengumpulkan
gambar atau artikel yang memuat cara mempraktekkan sujud syukur dan tilawah tilawah
Tes
·
Tes Tulis
·
Tes Lisan
·
Praktik/performance
|
2x40
menit
|
3.2 Menjelaskan ketentuan puasa
|
·
Puasa
|
Mengamatai
·
Mengamati
gambar atau tayangan tentang puasa
Menanya
· Dengan motivasi oleh guru mengajukan
pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan ketentuan
puasa
Mengeksplorasi
Mengasosiakan
Mengkomunikasikan
|
Tugas
· Membuat resume hasil diskusi
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
-
Kejelasan dan
kedalaman informasi yang diperoleh
-
Keaktifan
dalam diskusi
-
Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portopolio
Tes
·
Tes tulis
·
Tes Lisan
|
6
x 40 menit
|
|
2.2 Menjelaskan
macam-macam puasa
|
·
Puasa
ramadhanRamadhan
|
Mengamatai
·
Mengamati
gambar atau tayangan tentang macam-macam puasa
Menanya
·
Secara
berkelompok menggali informasi tentang hukum puasa ramadlan dan dalilnya, cara menentukan awal dan akhir
Ramadlan dan dalilnya, hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya,
hal-hal yang dilarang pada bulan ramadhan dan dalilnya, serta kafarat bagi
orang yang melanggar larangan puasa ramadhan dan dalilnya.
·
Mengasosiakan
·
melakukan
analisis, mengoreksi dan memperbaiki terhadap hukum puasa ramadlan dan dalilnya, cara menentukan awal
dan akhir Ramadlan dan dalilnya, hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan
dalilnya, hal-hal yang dilarang pada bulan ramadhan dan dalilnya, serta
kafarat bagi orang yang melanggar larangan puasa ramadhan dan dalilnya
·
Diskusi tentang hukum puasa ramadlan dan dalilnya, cara menentukan awal dan akhir
Ramadlan dan dalilnya, hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya,
hal-hal yang dilarang pada bulan ramadhan dan dalilnya, serta kafarat bagi
orang yang melanggar larangan puasa ramadhan dan dalilnya.
·
Melakukan
perumusan hasil penggalian informasi tentang hukum puasa ramadlan dan dalilnya, cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya, hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya, hal-hal yang
dilarang pada bulan ramadhan dan dalilnya, serta kafarat bagi orang yang
melanggar larangan puasa ramadhan dan dalilnya
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian informasi tentang hukum puasa ramadlan dan dalilnya, cara menentukan awal dan akhir Ramadlan dan dalilnya, hal-hal yang membolehkan tidak berpuasa dan dalilnya, hal-hal yang dilarang pada bulan ramadhan dan dalilnya, serta kafarat
bagi orang yang melanggar larangan puasa ramadhan dan dalilnya
·
Menyusun
kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
· Membuat resume hasil diskusi
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
-
Kejelasan dan
kedalaman informasi yang diperoleh
-
Keaktifan
dalam diskusi
-
Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat
paparan tentang hukum puasa
ramadhan dan dalilnya
·
tes
·
Tes tulis
·
Tes Lisan
|
4x40
menit
|
|
3.3 Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat maal
|
|
Zakat
Fitrah dan zakat maal
|
Mengamatai
·
Mengamati
gambar atau tayangan tentang ketentuan zakat fitrah dan zakat maal
ketentuan
rizki dari Allah
Menanya
· Dengan motivasi oleh guru mengajukan
pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan zakat fitrah
· Mengeksplorasi
Secara berkelompok menggali informasi
tentang zakat fitrah
dari berbagai sumber: buku, jurnal, media elektronik maupun cetak.
Mengasosiakan
·
melakukan
analisis, mengoreksi dan memperbaiki terhadap contoh tentang ketentuan zakat fitrah
·
Melakukan
perumusan hasil penggalian informasi tentang contoh zakat fitrah dalam kehidupan
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian informasi tentang perilaku orang yang zakat fitrah
·
Menyusun
kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
· Membuat resume hasil diskusi
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
-
Kejelasan dan
kedalaman informasi yang diperoleh
-
Keaktifan
dalam diskusi
-
Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat
paparan tentang zakat fitrah
Tes
·
Tes tulis
·
Tes Lisan
|
4
x 40 menit
|
3.4 Menjelaskan orang yang
berhak menerima zakat
|
|
Mustakhiq zakat
-
|
Mengamatai
·
Mengamati
gambar atau tayangan tentang
orang yang yang berhak menerima zakat
Menanya
· Dengan motivasi oleh guru mengajukan
pertanyaan/pernyataan orang yang berhak menerima zakat Mengeksplorasi
·
Secara
berkelompok menggali informasi tentang mustahiq zakat
Mengasosiakan
·
melakukan
analisis, mengoreksi dan memperbaiki terhadap orang yang berhak menerima zakat
·
Melakukan
perumusan hasil orang yang
berhak menerima zakat fitrah
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan
paparan hasil pencarian informasi orang yang berhak menerima zakat fitrah
·
Menyusun
kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
· Membuat resume hasil diskusi
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
-
Kejelasan dan
kedalaman informasi yang diperoleh
-
Keaktifan
dalam diskusi
-
Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Tes
·
Tes tulis
·
Tes Lisan
|
2x40
menit
|
4.2 Mempraktek-kan pelaksana-an zakat
fitrah dan maal
|
|
·
Praktek Bazis.
|
Mengamatai
·
Menanya
Dengan
motivasi oleh guru mengajukan pertanyaan/pernyataan praktek zakat fitrah dan zakat mal
Mengeksplorasi
·
Secara berkelompok menggali
informasi tentang praktek zakat fitrah dan
zakat mal
Mengasosiakan
·
melakukan analisis, mengoreksi
dan memperbaiki terhadap praktek zakat
fitrah dan mal
·
Melakukan perumusan hasil
penggalian informasi praktek zakat fitrah dan
zakat mal
Mengkomunikasikan
·
Menyajikan paparan hasil
pencarian informasi contoh praktek zakat fitrah dan zakat mal
·
Menyusun kesimpulan dengan
bimbingan guru
|
Tugas
· Membuat
resume hasil diskusi
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-
Kejelasan dan kedalaman
informasi yang diperoleh
-
Keaktifan dalam diskusi
-
Kejelasan dan kerapian
presentasi/resume
Portopolio
· Membuat
paparan tentang praktek zakat fitrah dan zakat mal
· Tes
·
Tes tulis
·
Tes Lisan
|
4x40
menit
|
Banda Aceh, 2 November 2015
Guru Pamong Mahasiswa
PPL,
Yusrawati Usman,BA Sakinah
NIP.195712121982032004 NIM.211222359
Menyetujui
Kepala
Madrasah,
Drs.
Mustika Fuadi
NIP. 197010271995031002
Comments
Post a Comment