RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolah / Madrasah : Mts Lam Ujoeng
Mata pelajaran / tema : Fiqih/ Shalat Berjamaah
Kelas
/ Semester : VII / I
Materi
Pokok : Shalat Berjamaah
Pertemuan
Ke :
Alokasi
waktu : 2 X 40 Menit
- Kompetensi Inti
K.1.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
K.1.2 Menghargai dan menghayati prilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
K.1.3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena kejadian tampak mata.
K.1.4 Mencoba,
mengolah dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang / teori.
- Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.
|
1.1 meyaini
ketentuan shalat berjamaah
|
1.1.1 menunjukkan konsep shalat berjamaah sesuai
al Qur’an dan hadist
1.1.2 mengimani shalat berjamaah itu Allah
melipat gandakan pahalanya
1.1.3 menunjukkan selalu shalat berjamaah
tiap-tiap waktu shalat
|
2.
|
2.1 membiasakan diri untuk shalat berjamaah
|
2.1.1 menghargai orang yang sedang shalat
berjamaah
|
3.
|
3.1 menganalisis ketentuan-ketentuan shalat
berjamaah
|
3.1.1 mengemukakan
ketentuan shalat berjamaah
3.1.2 menunjukkan
dalil shalat berjamaah
3.1.3 menyebutkan
syarat-syarat menjadi imam
3.1.4 menyebutkan syarat-syarat menjadi makmum
|
4.
|
4.1 mendemonstrasikan
tata cara shalat berjamaah
|
4.1.1 mendemonstrasikan
tata cara shalat berjamaah
4.1.2 mempraktikkan tata cara shalat berjamaah
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat berjamaah
2.
Siswa dapat menunjukkan dalil shalat berjamaah
3.
Peserta didik dapat menyebutkan syarat-syarat menjadi imam
4.
Peserta didik dapat menyebutkan syarat-syarat menjadi makmum.
- Materi Pembelajaran
Jamaah berasal dari bahasa Arab, yaitu al-jama’atu
yang artinya kumpul. Jadi, pengertian shalat berjamaah menurut bahasa adalah
shalat yang dikerjakan bersama-sama sekurang-kurangnya dua orang.
(Terlampir)
- Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientifik (pendekatan)
Strategi : Poster
comment (mengomentari poster)
Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi.
- Media, Alat, dan Sumber belajar
*
Media : potongan gambar / peta konsep
Potongan kertas
LKS
*
Alat : lem, kartun, gunting, kertas,
isolasi, spidol.
*
Sumber belajar :
-
Fiqih untuk MTs/SMP Islam kelas VII
Nor Hadi. Hal 42
-
Fiqih kelas VII MTs
Pengarang Sudarko
Penerbit Aneka Ilmu Tahun 2008. Hal 60
- Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
NO.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
-
Memberi salam
dan berdoa
-
Memulai
pelajaran dengan membaca alquran surat pendek dengan lancar dan benar (nama surat yang
ditentukan)
-
Memperhatikan
kesiapan siswa dengan mengabsen kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuikan dengan kegiatan pembelajaran
-
Guru menyapa
dengan menanyakan keadaan peserta didik
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari seputar
ketentuan rukun shalat
-
Menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya,
berdiskusi mengkomunikasikan dengan cara menyampaikan, menanggapi dan membuat
kesimpulan hasil diskusi.
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
-
Mengamati
media peta konsep di karton
yang ditempelkan di papan tulis
-
Mengamati
informasi yang berkaitan dengan shalat berjamaah
-
Menyimak dan membaca materi pembelajaran tentang
pengertian shalat berjamaah, syarat-syarat menjadi imam, dan syarat-syarat
menjadi makmum.
-
Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar shalat
berjamaah, syarat-syarat menjadi imam, dan syarat-syarat menjadi makmum.
-
Siswa bertanya cara menyelesaikan tugas yang terdapat
dalam LKS
-
Siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan materi
pembelajaran secara santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
-
Secara berkelompok berdiskusi tentang materi yang
berbeda di tiap-tiap kelompok pembelajaran shalat berjamaah
-
Siswa duduk dalam kelompoknya bekerja sama dengan
mengisi LKS yang tersedia
-
Secara berkelompok melafalkan dalil tentang shalat
berjamaah dibawah bimbingan guru.
-
Mengecek kebenaran jawaban di LKS dengan membuka buku
paket
-
Berlatih melafalkan dalil
tentang shalat berjamaah.
-
Memajang karya (jawaban LKS) masing-masing di depan
kelas
-
Menunjuk melafazkan dalil tentang shalat berjamaah
-
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
-
Melaksanakan
penilaian dengan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya.
-
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individual maupun
kelompok bagi peserta didik yang belum menguasai materi.
-
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
|
- Penilaian
1.
Teknik : Tes tertulis, penugasan
2.
Bentuk instrumen : Uraian
LKS
3.
Instrument : Terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Bambang Irawan, S,S.Ag Uswatun
Hasanah S,Pdi
NIP : 197106301999051001 NIP
: 198209302009012008
Butir-butir soal:
Isilah kolom di bawah ini
denganmemberi tanda cek (√) yang sesuai dengan sikap anda!
No.
|
Pernyataan
|
Sikap
|
|||
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Saya aktif berjamaah pada
shalat maghrib saja karena waktunya santai/luang.
Sebaiknya tidak mengikuti
imam yang bacaannya kurang fasih.
Walaupun usianya lebih tua,
makmum tidak boleh mendahului gerakan imam dalam shalat.
Tidak sepatutnya makmum mengingatkan
imam yang lupa gerakan maupun jumlah rakaat shalat.
Karena al-Fathihah menjadi
rukun dalam shalat maka saya membaca al-Fathihah dengan nyaring bersama imam.
|
|
|
|
|
Keterangan:
SS = Sangat Setuju
S = Setuju
TS = Tidak Setuju
STS = Sangat Tidak Setuju
LKS
|
|
||||
Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Mendengarkan
A
|
Selalu
mendengarkan teman yang berbicara
(3)
|
Mendengarkan
teman yang berbicara namun masih sesekali masih perlu diingat
(2)
|
Masih
perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
(1)
|
Komunikasi
B non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi, wajah, suara).
|
Merespon
dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat
(3)
|
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(1)
|
Partisipasi
C menyampaikan, ide, perasaan, dan pikiran
|
Isi
pembicaraan menginspirasi teman selalu mendukung dan memimpin lainnya saat
diskusi
(3)
|
Berbicara
dan menerangkan secara rinci merespons sesuai dengan topik
(2)
|
Jarang
berbicara selama proses diskusi berlangsung
(1)
|
Kerututan
D berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara runtut dari awal sampai akhir
(3)
|
Menyampaikan
pendapatnya secara runtut tapi belum konsisten
(2)
|
Masih
perlu berlatih untuk berbicara runtut
(1)
|
Catatan : centang (√) pada bagian yang memenuhi
kriteria
Penilaian
: Total nilai x
12
Contoh
: 2+3+1+2x10 = 8 x10=6,7
12 2
Penilaian diskusi
NO.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
Mendengarkan
Komunikasi Partisipasi Keruntutan
|
Skor
nilai
Maksimal
|
||||||||||||
|
|
1
2 3 1
2 3 1
2 3 1 2
3
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
Catatan :
Kolom nilai diisi dengan angka yang
sesuai
1= kurang
2=
sedang 6x100 = 50
3= baik 2
4=
amat baik
Penilaian
Antar Peserta Didik
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal pengmatan :
Subtema :
1.
Bacalah pernyataan yang ada didalam kolom dengan teliti
2.
Berilah tanda cheklist (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
NO.
|
Prilaku
|
Dilakukan / Muncul
Ya Tidak
|
1.
|
Mau
menerima pendapat teman
|
|
2.
|
Memaksa
teman untuk menerima pendapatnya
|
|
3.
|
Memberi
solusi terhadap pendapat yang bertentangan
|
|
4.
|
Mau
bekerja sama dengan sesama teman
|
|
5.
|
Bekerja
sama dalam kelompok
|
|
Observasi
Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Subtema :
NO.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2.
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3.
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat / prestasi
|
|
|
|
|
4.
|
Melaksanakan shalat berjamaah jika ada kesempatan
|
|
|
|
|
5.
|
Selalu melaksanakan tahiyat masjid ketika memasuki
mesjid.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
Kriteria
Penilaian
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan dan kadang-kadang
tidak melakukan
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
Lembar
Penilaian Diri Sikap Jujur
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Subtema :
Tanggal :
Berilah
tanda cheklist (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
NO.
|
Pernyataan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Saya menyontek pada saat mengerjakan ulangan
|
|
|
|
|
2.
|
Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat
mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
3.
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika saya menemukan barang
|
|
|
|
|
4.
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan
|
|
|
|
|
5.
|
Saya mengerjakan ujian tanpa
melihat jawaban yang lain
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1.
Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
4.
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Comments
Post a Comment