PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) SEMESTER 1 DAN 2




DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester            : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
1.1 Mendeskripsi-kan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya


§  Mengindentifikasikan    besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan
§  Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
§  Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana


1.2. Mendeskripsi-kan pengertian suhu dan pengukurannya


§  Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
§  Membuat  termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume
§  Membandingkan skala termometer Celcsius dengan termometer yang lain


1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

§  Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
§  Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran

2. Memahami kalsifikasi zat
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan Indikator Pencapaian Kompetensi yang tepat


§  Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan Indikator Pencapaian Kompetensi yang sesuai
§  Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
§  Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan


2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari


§  Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu


2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana


§  Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
§  Menuliskan nama dan lambang unsur
§  Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
§  Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana


2.4 membanding-kan sifat unsur, senyawa, dan campuran


§  Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
§  Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
§  Mengelompokkan zat-zat   kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari

3. Memahami wujud zat dan perubahannya
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

§  Menyelidiki perubahan wujud suatu zat
§  Menafsirkan susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran
§  Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan
§  Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari


3.2 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari


§  Menyelidiki proses pemuain pada zat padat, cair dan gas
§  Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat
§  Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal


3.3 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


§  Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda, perubahan wujud zat
§  Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan
§  Menyelidiki banyaknya  kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat
§  Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendididh dan melebur
§  Menerapkan hubungan
      Q = m.C. ∆t
       Q = m.U dan
       Q = m.L         untuk meyelesaikan masalah sederhana

4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
4.1 Membanding-kan sifat fisika dan sifat kimia zat


§  Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia
§  Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya


4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia


§  Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih
§  Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana
§  Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, destilasi, penguapan dan sublimasi )


4.3 Menyimpulkan perubahan  fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana

§  Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia
§  Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan


4.4 Mengindentifi-kasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana

§  Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan atau suhu
§  Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan atau suhu

Jumlah






Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP/NIK :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester            : VII (1) / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik


§  Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  abiotik melalui pengamatan
§  Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek  biotik melalui pengamatan


5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


§  Menemukan persamaan laju yang ditempuh
§  Menunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan  sehari-hari
§  Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu
§  Menyelidiki  GLBB dipercepat beraturan
§  Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari


5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan


§  Mengenal bagian-bagian mikroskop
§  Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis)


5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam


§  Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara ama
§  Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit
§  Mengindentifikasi simbol-simbol dalam Laboratorium

6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
6.1 Mengindentifi-kasi ciri-ciri makhluk hidup


§  Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup
§  Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi
§  Membedakan ciri tumbuhan dan hewan


6.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki


§  Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya
§  Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup
§  Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom
§  Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati


6.3 Mendeskripsi-kan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme

§  Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
§  Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya
§  Mendeskripsikan  keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
§  Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh

7. Memahami saling ketergantungan dalam ekositem
7.1 Menentukan ekosistem  dan saling hubungan antara komponen ekosistem


§  Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
§  Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem


7.2 Mengindentifi-kasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem


§  Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka
§  Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi
§  Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka
§  Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi


7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan


§  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih
§  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan
§  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan
§  Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan


7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan


§  Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
§  Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan tanah kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya.
§  Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan

Jumlah











Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP/NIK :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester            : VIII (2) / 1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup


w  Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
w  Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
w  Membandingkan metamorfosis dan perkembangan embrio ikan menjadi ikan dewasa
w  Membuat laporan hasil percobaan pertumbuhan pada macam-macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya


1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia


w  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa
w  Menjelaskan perbedaan karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia



1.3  Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan



·       Membandingkan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia
·       Membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyususn rangka tubuh
·       Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya
·        Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya


1.4  Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan


·       Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
·       Mendeskripsikan jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya
·       Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi,
·       Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya


1.5  Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.


·       Membandingkan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
·       Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan
·       Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya


1.6  Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan


·       Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
·       Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah
·        Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan  tumbuhan



·       Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun
·       Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
·       Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan
·       Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis


2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau



·       Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
·       Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis


2.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan

·       Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan
·       Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti


2.4  Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari


·       Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit
·       Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

3. Menjelaskan konsep partikel materi
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul


·       Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
·       Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion.


3.2 Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari


·       Menjelaskan hubungan atom, ion dan molekul
·       Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia


3.3 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa



·       Menjelaskan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur .
·       Menunjukkan beberapa contoh  molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
4.1Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari


·     Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
·     Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga


4.2 Mengkomunika-sikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia 


·       Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan
·       Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk


4.3 Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan

·       Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan
·       Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan


4.4 Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika

·     Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
·     Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial. 


4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika

·     Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika.
·     Mendata zat adiktif dan  psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan

Jumlah











Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP/NIK :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester            : VIII (2) / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu

5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
5.1.     Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya


·         Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.
·         Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
·         Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan
·         Membandingkan berat dan massa suatu benda



5.2.     Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari


·        Mendemonstrasikan hukum I Newton  secara sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·        Mendemonstrasikan hukum II  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·        Mendemonstrasikan hukum III  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari




5.3.     Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


·         Menunjukkan  bentuk-bentuk energi  dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
·         Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak
·         Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari
·         Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha
·        Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari



5.4.     Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

·        Menunjukkan  penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi  (gear)
·         Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana



5.5.     Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

·         Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan
·         Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari
·         Mendeskripsikan hukum Pascal dan Hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·         Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelam
·         Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari)


6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
6.1 Mendeskripsi-kan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya

·       Mengidentifikasi  getaran pada kehidupan sehari-hari
·         Mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran 
·         Membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
·         Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang



6.2 Mendeskripsi-kan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari


·        Membedakan infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
·        Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
·                     Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
·                     Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi *)
·         Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam  dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi



6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa

·         Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukikan  sifat-sifat perambatan  cahaya
·         Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh melalui percobaan
·       Menjelaskan hukum pembiasan yang diperoleh berdasarkan percobaan
·       Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
·       Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung



6.4  Mendeskripsi-kan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

·         Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik
·        Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina
·                     Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata
·        Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
·                     Menjelaskan konsep  lup sebagai alat optik
·       Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop dan sebagainya *)


Jumlah













Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP/NIK :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :








PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester            : IX (3) / 1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu

1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
1.1  Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan


·   Mendeskripsikan  bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
·   Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi
·   Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
·   Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi




1.2  Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia


·   Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia
·   Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi

·   Menulis artikel tentang  cara  penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
·   Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi




1.3  Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan


·   Membandingkan bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia
·   Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi
·   Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan fungsinya
·   Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya


2.  Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan


·   Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
·   Memprediksikan   punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
·   Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
·   Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi     kelangsungan hidup
·   Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan




2.2  Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup


·   Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
·   Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediat




2.3  Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya

·   Menentukan gamet dari genotip tetua/induk
·   menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan




2.4 Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan


·        Membedakan infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
·        Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
·                     Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
·                     Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi *)
·         Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam  dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi


3.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1  Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari

·     Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
·     Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
·     Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat  muatan listrik
·     Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik



3.2  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


·     Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik
·     Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
·     Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.
·     Menyelidiki  hubungan  antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm) #
·     Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
·     Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian
·     Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel



3.3  Mendeskripsi-kan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


·     Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
·     Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
·     Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)



3.4  Mendeskripsi-kan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari


·     Menjelaskan hubungan antara V, I dengan energi listrik yang digunakan.
·     Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik,  dan satuannya (kWh dan Joule)
·     Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
·     Menunjukkan perubahan energi listrik   menjadi  energi bentuk lain
·     Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.


Jumlah













Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP/NIK :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :








PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan        : SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester            : IX (3) / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu

4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.1.Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet


·    Menunjukkan sifat kutub magnet
·   Mendemonstrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan
·    Memaparkan teori kemagnetan bumi
·    Menjelaskan sifat  medan magnet secara kualitatif di sekitar kawat bermuatan arus listrik



4.2.Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi

·    Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk teknologi
·    Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari
·   Menyadari pentingnya pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi



4.3.Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik

·    Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan
·    Menjelaskan prinsip kerja dinamo/generator secara sederhana
·    Menjelaskan secara kualitatif prinsip sederhana cara kerja transformator
·    Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnetik  dan terjadinya gaya gerak listrik induksi  melalui percobaan


5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya
5.1  Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya

·   Mendeskripsikan  peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari
·   Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
·    Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya
·   Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari, dan sebagainya dengan  menggunakan tabel



5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet

·   Mendeskripsikan  matahari sebagai salah satu bintang
·   Mendeskripsikan sumber pembentukan energi matahari
·   Mendeskripsikan susunan lapisan matahari
·   Mendeskripsikan karakteristik dan perilaku bumi.



5.3  Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya

·   Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi
·   Mendiskripsikan terjadinya gerhana bulan, gerhana matahari dan menghubungkannya dengan peristiwa pasang surut air laut
·   Menjelaskan fungsi   satelit buatan.



5.4  Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor


·   Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat dan kalor
·   Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor



5.5   Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan


·Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan
·Menjelaskan proses pemenasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi
·Menjelaskan pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia
·Menyadari bahayanya pengaruh negatif  proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia


Jumlah












Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………



(__________________________)
NIP/NIK :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :

Comments