DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
VII (1) / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
1. Memahami prosedur
ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
|
1.1 Mendeskripsi-kan besaran
pokok dan besaran turunan beserta satuannya
|
§ Mengindentifikasikan
besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian
megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan
§ Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
§ Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana
|
||
1.2. Mendeskripsi-kan
pengertian suhu dan pengukurannya
|
§
Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
§
Membuat
termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume
§ Membandingkan skala
termometer Celcsius dengan termometer yang lain
|
|||
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur
yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
§
Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara
baik dan benar
§
Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja
dalam pengukuran
|
|||
2. Memahami kalsifikasi zat
|
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan
asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan Indikator Pencapaian
Kompetensi yang tepat
|
§
Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam
dengan menggunakan Indikator Pencapaian Kompetensi yang sesuai
§
Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar
berdasarkan konsep asam, basa dan garam
§
Menggunakan alat sederhana untuk menentukan
skala keasaman dan kebasaan
|
||
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan
bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
|
§
Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam,
basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu
|
|||
2.3
Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
|
§
Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
§
Menuliskan nama dan lambang unsur
§
Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
§
Menentukan nama senyawa dan rumus kimia
sederhana
|
|||
2.4 membanding-kan sifat unsur, senyawa, dan
campuran
|
§
Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran
berdasarkan pengamatan
§
Membuat bagan klasifikasi materi secara
sederhana
§
Mengelompokkan zat-zat kedalam campuran homogen dan heterogen
dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
3. Memahami wujud zat dan
perubahannya
|
3.1 Menyelidiki sifat-sifat
zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
§
Menyelidiki perubahan wujud suatu zat
§
Menafsirkan susunan gerak partikel pada berbagai
wujud zat melalui penalaran
§
Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan
pengamatan
§
Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam
peristiwa kehidupan sehari-hari
|
||
3.2 Melakukan percobaan yang
berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari
|
§
Menyelidiki proses pemuain pada zat padat, cair
dan gas
§
Merencanakan percobaan sederhana untuk
menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat
§
Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi
misalnya Bimetal
|
|||
3.3 Mendeskripsikan peran
kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
§
Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan
suhu benda, perubahan wujud zat
§
Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat
penguapan
§
Menyelidiki banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu
zat
§
Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat
mendididh dan melebur
§
Menerapkan hubungan
Q = m.C. ∆t
Q = m.U dan
Q = m.L untuk meyelesaikan masalah sederhana
|
|||
4. Memahami berbagai sifat
dalam perubahan fisika dan kimia
|
4.1 Membanding-kan sifat fisika dan sifat kimia zat
|
§
Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika
dan perubahan kimia
§
Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan
kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya
|
||
4.2
Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan
sifat kimia
|
§
Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan
ukuran partikel dan titik didih
§
Melakukan percobaan penjernihan air dengan
teknik sederhana
§
Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran
yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, destilasi, penguapan
dan sublimasi )
|
|||
4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil
percobaan sederhana
|
§
Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan
fisika dan kimia
§
Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan
fisika berdasarkan percobaan
|
|||
4.4
Mengindentifi-kasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana
|
§
Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan
warna dan atau suhu
§
Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia
berdasarkan perubahan warna dan atau suhu
|
|||
Jumlah
|
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
VII (1) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
5. Memahami gejala-gejala
alam melalui pengamatan
|
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana
dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
|
§
Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian
pada objek abiotik melalui pengamatan
§
Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian
pada objek biotik melalui pengamatan
|
|||
5.2
Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah
beraturan serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
§
Menemukan persamaan laju yang ditempuh
§
Menunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari
§
Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan
kecepatan setiap satuan waktu
§
Menyelidiki
GLBB dipercepat beraturan
§
Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan
sehari-hari
|
||||
5.3
Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan
|
§
Mengenal bagian-bagian mikroskop
§
Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur
fokus, pencahayaan, menemukan objec Mikropis)
|
||||
5.4
Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
§
Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan
bahan secara ama
§
Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan
yang dapat menimbulkan penyakit
§
Mengindentifikasi simbol-simbol dalam
Laboratorium
|
||||
6. Memahami keanekaragaman
makhluk hidup
|
6.1 Mengindentifi-kasi ciri-ciri makhluk hidup
|
§
Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup
§
Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar
hasil observasi
§
Membedakan ciri tumbuhan dan hewan
|
|||
6.2 Mengklasifikasi-kan makhluk hidup berdasrkan
ciri-ciri yang dimiliki
|
§
Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang
lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya
§
Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi
makhluk hidup
§
Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap
kingdom dalam sistem 3 kingdom
§
Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar
berdasar ciri yang diamati
|
||||
6.3 Mendeskripsi-kan keragaman pada sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
§
Mendeskripsikan keragaman tingkat sel
berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop
§
Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut
sel-sel penyusunnya
§
Mendeskripsikan
keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan
§
Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ
dan sistem organ penyusun tubuh
|
||||
7. Memahami saling
ketergantungan dalam ekositem
|
7.1 Menentukan ekosistem dan
saling hubungan antara komponen ekosistem
|
§
Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam
ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
§
Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai
makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem
|
|||
7.2 Mengindentifi-kasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam
pelestarian ekosistem
|
§
Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong
langka
§
Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong
makhluk hidup langka di suatu lokasi
§
Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan
dan hewan langka
§
Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis, bentuk,
dan manfaat tumbuhan, hewan langka yang dilindungi
|
||||
7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
|
§
Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan
kebutuhan air bersih dan udara bersih
§
Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan
kebutuhan pangan
§
Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan
ketersediaan lahan
§
Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk
terhadap kerusakan lingkungan
|
||||
7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk
mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
§
Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan
pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya
§
Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara dan
tanah kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya.
§
Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan
kerusakan lingkungan
|
||||
Jumlah
|
|||||
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
VIII (2) / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
1. Memahami
berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan
dan perkembangan pada makhluk hidup
|
w
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
w
Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
w
Membandingkan metamorfosis dan perkembangan
embrio ikan menjadi ikan dewasa
w
Membuat laporan hasil percobaan pertumbuhan pada
macam-macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya
|
|||
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
|
w
Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa
w
Menjelaskan perbedaan karakteristik setiap
tahapan perkembangan manusia
|
||||
1.3
Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
|
·
Membandingkan macam organ
penyusun sistem gerak pada manusia
·
Membedakan fungsi tulang
rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyususn rangka tubuh
·
Mengidentifikasi macam
sendi dan fungsinya
·
Mendata contoh kelainan
dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
||||
1.4
Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya
dengan kesehatan
|
·
Membedakan antara saluran pencernaan dan
kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
·
Mendeskripsikan jenis makanan berdasar kandungan
zat yang ada di dalamnya
·
Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi,
·
Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada
sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya
mengatasinya
|
||||
1.5
Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
|
·
Membandingkan macam organ
penyusun sistem pernapasan pada manusia
·
Membandingkan proses
inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan
·
Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem
pernapasan yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
||||
1.6
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan
|
·
Membandingkan macam organ
penyusun sistem peredaran darah pada manusia
·
Menjelaskan fungsi
jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah
·
Mendata contoh penyakit
yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari
|
||||
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi
jaringan tumbuhan
|
·
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di
akar, batang dan daun
·
Menunjukkan letak
epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
·
Menjelaskan fungsi
jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan
·
Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam
fotosintesis
|
|||
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi
dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
|
·
Melakukan dan membuat
laporan hasil percobaan fotosintesis
·
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis
|
||||
2.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada
tumbuhan
|
· Mendeskripsikan
macam-macam gerak pada tumbuhan
· Menjelaskan
perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti
|
||||
2.4
Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit
·
Mendata contoh hama dan penyakit pada organ
tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
3. Menjelaskan konsep partikel
materi
|
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
|
·
Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom,
ion, dan molekul).
·
Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri
atas ion-ion.
|
|||
3.2 Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul
dengan produk kimia sehari-hari
|
·
Menjelaskan hubungan atom, ion dan molekul
·
Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu
produk kimia
|
||||
3.3 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
|
·
Menjelaskan dengan simbol perbedaan antara
molekul unsur .
· Menunjukkan
beberapa contoh molekul sederhana
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||||
4. Memahami kegunaan bahan kimia
dalam kehidupan
|
4.1Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan
kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menyebutkan bahan-bahan kimia
yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menjelaskan efek samping bahan kimia yang
terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
|
|||
4.2 Mengkomunika-sikan informasi tentang kegunaan dan efek
samping bahan kimia
|
· Mengidentifikasi
fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan
· Mengidentifikasi
efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk
|
||||
4.3 Mendeskripsikan
bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam
bahan makanan
|
· Menjelaskan
bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan
sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam
bahan makanan kemasan
· Menunjukkan
contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan
|
||||
4.4 Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
·
Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
·
Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan
minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
|
||||
4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
· Menjelaskan
cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan
psikotropika.
·
Mendata zat adiktif dan
psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan
|
||||
Jumlah
|
|||||
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
VIII (2) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|||
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi
dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1. Mengidentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang
dikenai gaya
|
·
Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih
gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.
·
Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai
permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin,
agak kasar, dan kasar
·
Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan
yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan
·
Membandingkan berat dan massa suatu benda
|
|||||
5.2. Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mendemonstrasikan hukum I
Newton secara sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendemonstrasikan hukum II Newton
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendemonstrasikan hukum III Newton
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
5.3. Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menunjukkan
bentuk-bentuk energi dan
contohnya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya
dalam kehidupan sehari-hari
·
Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial
pada suatu benda yang bergerak
·
Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui
contoh dalam kehidupan sehari-hari
·
Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha
·
Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan
sehari-hari
|
||||||
5.4. Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Menunjukkan
penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang
tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi (gear)
·
Menyelesaikan masalah secara kuantitatif
sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana
|
||||||
5.5. Menyelidiki
tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan
luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan
·
Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam
kehidupan sehari-hari
·
Mendeskripsikan hukum Pascal dan Hukum
Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
·
Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam
kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan
tenggelam
·
Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat,
cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah
sehari- hari)
|
||||||
6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang
dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.1 Mendeskripsi-kan konsep
getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
|
· Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari
·
Mengukur perioda dan frekuensi suatu
getaran
·
Membedakan karakteristik gelombang longitudinal
dan gelombang transversal
·
Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat
gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
|
|||||
6.2 Mendeskripsi-kan
konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Membedakan infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
·
Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
·
Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi
*)
·
Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak
pemantulan bunyi dalam dalam kehidupan
sehari-hari dan teknologi
|
||||||
6.3 Menyelidiki
sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
|
·
Merancang dan melakukan percobaan untuk
menunjukikan sifat-sifat
perambatan cahaya
·
Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh
melalui percobaan
· Menjelaskan hukum
pembiasan yang diperoleh berdasarkan percobaan
· Mendeskripsikan
proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung
dan cermin cembung.
·
Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat
bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung
|
||||||
6.4 Mendeskripsi-kan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik
·
Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada
retina
·
Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan
kaca mata
·
Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
·
Menjelaskan konsep lup sebagai alat optik
·
Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang
relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop dan sebagainya
*)
|
||||||
Jumlah
|
|||||||
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP/Mts ...........
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
IX (3) / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|||
1. Memahami berbagai sistem dalam
kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem
ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
· Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem
ekskresi pada manusia
·
Mendeskripsikan fungsi
sistem ekskresi
·
Mendata contoh kelainan
dan penyakit pada sistem ekskresi yang
biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
· Menyadari
pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
|
|||||
1.2 Mendeskripsikan sistem
reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada
manusia
|
·
Menyebutkan macam organ
penyusun sistem reproduksi pada manusia
·
Mendeskripsikan fungsi
sistem reproduksi
·
Menulis artikel
tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang
berhubungan dengan sistem reproduksi
· Menyadari
pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
|
||||||
1.3 Mendeskripsikan sistem
koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
· Membandingkan
bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia
· Mendeskripsikan
fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem
koordinasi
· Menunjukkan
bagian-bagian alat indra dan fungsinya
· Mendata contoh
kelainan dan penyakit pada alat indera
yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
||||||
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi,
seleski alam, dan perkembangbiakan
|
·
Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu
dilingkungannya dengan kelangsungan hidup
· Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup
akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
· Mendeskripsikan
hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
· Menjelaskan
peran perkembangbiakan bagi
kelangsungan hidup
· Mendiskripsikan
cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan
|
|||||
2.2 Mendeskripsikan konsep
pewarisan sifat pada makhluk hidup
|
·
Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung
jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
· Membedakan
pengertian sifat resesif dominan dan intermediat
|
||||||
2.3 Mendeskripsikan proses
pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
|
·
Menentukan gamet dari genotip tetua/induk
·
menentukan rasio hasil
persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan
|
||||||
2.4 Mendeskripsikan penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi
pangan
|
·
Membedakan infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
·
Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
·
Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi
*)
·
Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak
pemantulan bunyi dalam dalam kehidupan
sehari-hari dan teknologi
|
||||||
3. Memahami konsep kelistrikan dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mendeskripsi-kan
muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menjelaskan benda
dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
· Memberi contoh
peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
· Melakukan percobaan
sederhana untuk menunjukkan sifat
muatan listrik
· Menjelaskan secara
kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta
jarak antara benda bermuatan listrik
|
|||||
3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis
dalam suatu rangkaian serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menjelaskan konsep
arus listrik dan beda potensial listrik
· Membuat rangkaian
komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
· Menggambarkan arus
listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.
· Menyelidiki hubungan
antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum
Ohm) #
· Menemukan perbedaan
hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
· Menggunakan Hukum
Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian
·
Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik
seri dan paralel
|
||||||
3.3 Mendeskripsi-kan prinsip kerja elemen dan
arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
· Menjelaskan konsep
gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
· Menjelaskan susunan
dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
· Mengukur tegangan
antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
|
||||||
3.4 Mendeskripsi-kan hubungan energi dan daya
listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
|
· Menjelaskan
hubungan antara V, I dengan energi listrik yang digunakan.
· Menjelaskan
hubungan antara daya listrik energi listrik,
dan satuannya (kWh dan Joule)
· Menerapkan
konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah
tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
· Menunjukkan
perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain
· Mempraktikkan
penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.
|
||||||
Jumlah
|
|||||||
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
IX (3) / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|||
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1.Menyelidiki gejala
kemagnetan dan cara membuat magnet
|
·
Menunjukkan sifat kutub magnet
·
Mendemonstrasikan cara membuat magnet dan cara
menghilangkan sifat kemagnetan
·
Memaparkan teori kemagnetan bumi
·
Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif di sekitar
kawat bermuatan arus listrik
|
|||||
4.2.Mendeskripsikan
pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
|
·
Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan
penerapannya dalam beberapa produk teknologi
·
Menemukan
penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari
·
Menyadari pentingnya pemanfaatan kemagnetan
dalam produk teknologi
|
||||||
4.3.Menerapkan konsep
induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang
memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
·
Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis
medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan
·
Menjelaskan prinsip kerja dinamo/generator
secara sederhana
·
Menjelaskan secara kualitatif prinsip sederhana
cara kerja transformator
·
Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis
medan magnetik dan terjadinya gaya
gerak listrik induksi melalui
percobaan
|
||||||
5. Memahami sistem tata surya dan proses yang
terjadi di dalamnya
|
5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya
|
·
Mendeskripsikan
peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari
·
Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara
matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
·
Mendeskripsikan
orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya
·
Mendeskripsikan perbandingan antar planet
ditinjau massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari, dan sebagainya
dengan menggunakan tabel
|
|||||
5.2 Mendeskripsikan matahari
sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
|
·
Mendeskripsikan
matahari sebagai salah satu bintang
·
Mendeskripsikan sumber pembentukan energi
matahari
·
Mendeskripsikan susunan lapisan matahari
·
Mendeskripsikan karakteristik dan perilaku bumi.
|
||||||
5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan
satelit buatan serta pengaruh interaksinya
|
·
Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya
terhadap bumi
·
Mendiskripsikan terjadinya gerhana bulan,
gerhana matahari dan menghubungkannya dengan peristiwa pasang surut air laut
·
Menjelaskan fungsi satelit buatan.
|
||||||
5.4
Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer
dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor
|
·
Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi
dilapisan litosfer terhadap perubahan zat dan kalor
·
Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi
dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor
|
||||||
5.5
Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer
dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
|
·Menjelaskan proses
pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan
·Menjelaskan proses
pemenasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi
·Menjelaskan
pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia
·Menyadari bahayanya
pengaruh negatif proses-proses
lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia
|
||||||
Jumlah
|
|||||||
Mengetahui,
Kepala SMP/Mts …………………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
…….……..,……………………
20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Comments
Post a Comment