PROGRAM TAHUNAN AQIDAH AKHLAK



PROGRAM TAHUNAN
SATUAN PENDIDIKAN                          : MTS BABUL NAJAH KOTA BANDA ACEH
MATA PELAJARAN                               : Aqidah Akhlak
KELAS                                                  :  VIII
TAHUN PELAJARAN                             :  2015/2016

KI
Semst  I
KOMPETENSI DASAR (KD)
KONSEP/SUB KONSEP
(POKOK BAHASAN)
ALOKASI
WAKTU
KET
1.
1.1 Menyakini adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah swt.
2.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah swt
3.1 Memahami hakikat beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
4.1 Menyakinan data dari berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah swt.
·         mengetahui pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah swt
·         mampu menyebutkan kelebihan dan keistimewaan kitab-kitab Allah.
·         Bisa menguraikan hikmah diturunkannya kitab - kitab Allah swt.
·         Memperjelas isi pokok dari kitab-kitab Allah swt.

6 JP
6 JPx40 menit
2.
1.2 Menghayati nilai tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai perintah syari’at.
2.2 Berperilaku tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai perintah syari’at.
3.2 Memahami pengertian, contoh, dan dampak positif sifat tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah.
4.2Menunjukkan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah) .

·         Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakal, ikhtiar, sabar, syukur, dan gana’ah.

·         Mengindentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakal, ikhtiar, sabar, syukur,dan gana’ah

·         Menunjukkan nilai-nilai positif  positif dari tawakal, ikhtiar, sabar, syukur,dan gana’ah dalam fenomena kehidupan.

8 JP
8 JP x 40 menit
3.
1.3 Menolak perilaku ananiah, putus asa, qadab, dan tamak
2.3 Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus, putus asa, qadab, dan tamak.
3.3 Memahami pengertian, contoh an dampak positif sifat tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qanaah
4.3 mensimulasikan akibat buruk akhlak tercela ananiah, putus asa, qadab, dan tamak dalam kehidupan sehari-hari


·         Mengemukakan penjelasan tentang makna ananiyah, putus asa, qadab, dan tamak

·         Menunjukkan dampak negative   akibat perbuatan ananiyah, putus asa, qadab, dan tamak.

·         Menempatkan dalil yang sesuai dengan  sifat ananiyah,putus asa, qadab, dan tamak
10 JP
10 JP x 40 menit





4
1.4 Menghayati adab yang baik kepada orang tua dan guru
2.4 Terbiasa beradab yang baik kepada orang tua dan guru
3.4 Memahami adab kepada orang tua dan guru
4.4  Mensimulasikan adab kepada orang tua dan guru
·         Mengetahui makna adap terhadap orang tua dan guru
·         Mampu menyebutkan adap-adap terhadap orang tua dan guru
·         Mengimani dalil-dalil yang berkaitan dengan adap terhadap orang tua dan guru




6 JP
6 JP x 40 menit
5
1.5 Menghayati kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Aiyub
2.5Terbiasa  meneladani kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Aiyub
3.5 Menganalisis kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Aiyub
4.5 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Aiyub.

·         Memahami kisah nabi yunus dan nabi aiyub.
·         Mampu menyampaikan kisah Nabi yunus dan nabi aiyub.
·         Mengambil hikmah dari kisah nabi yunus dan nabi aiyu
4 JP
4 JP  40 menit

JUMLAH

34 JP

Mengetahui:                                                                            Banda Aceh,3/11/2015
Kepala Madrasah                                                                      Guru Pamong                                                                                                                                                           

Drs. Mustika Fuadi                                                                 Dra. Fadhillah Amin                                                                                                                                                  

Comments