PROGRAM TAHUNAN
SATUAN PENDIDIKAN :
MTS BABUL NAJAH KOTA BANDA ACEH
MATA PELAJARAN :
Aqidah Akhlak
KELAS : VIII
TAHUN PELAJARAN : 2015/2016
KI
Semst I
|
KOMPETENSI DASAR (KD)
|
KONSEP/SUB
KONSEP
(POKOK
BAHASAN)
|
ALOKASI
WAKTU
|
KET
|
1.
|
1.1 Menyakini
adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah swt.
2.1 Menampilkan
perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah swt
3.1 Memahami
hakikat beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
4.1 Menyakinan data
dari berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah swt.
|
·
mengetahui
pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah swt
·
mampu
menyebutkan kelebihan dan keistimewaan kitab-kitab Allah.
·
Bisa
menguraikan hikmah diturunkannya kitab - kitab Allah swt.
·
Memperjelas
isi pokok dari kitab-kitab Allah swt.
|
6 JP
|
6 JPx40 menit
|
2.
|
1.2
Menghayati nilai tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai perintah
syari’at.
2.2
Berperilaku tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah sesuai perintah
syari’at.
3.2 Memahami
pengertian, contoh, dan dampak positif sifat tawakal, ikhtiar, sabar, syukur
dan qana’ah.
4.2Menunjukkan
contoh-contoh perilaku akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakal, ikhtiar,
sabar, syukur dan qana’ah) .
|
·
Menjelaskan
pengertian dan pentingnya tawakal, ikhtiar, sabar, syukur, dan gana’ah.
·
Mengindentifikasi
bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakal, ikhtiar, sabar, syukur,dan gana’ah
·
Menunjukkan
nilai-nilai positif positif dari
tawakal, ikhtiar, sabar, syukur,dan gana’ah dalam fenomena kehidupan.
|
8 JP
|
8 JP x 40
menit
|
3.
|
1.3 Menolak perilaku ananiah, putus asa,
qadab, dan tamak
2.3
Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus, putus asa, qadab, dan
tamak.
3.3 Memahami pengertian, contoh an
dampak positif sifat tawakal, ikhtiar, sabar, syukur dan qana’ah
4.3 mensimulasikan akibat buruk akhlak
tercela ananiah, putus asa, qadab, dan tamak dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mengemukakan
penjelasan tentang makna ananiyah, putus asa, qadab, dan tamak
·
Menunjukkan
dampak negative akibat perbuatan
ananiyah, putus asa, qadab, dan tamak.
·
Menempatkan dalil yang sesuai dengan sifat ananiyah,putus asa, qadab, dan tamak
|
10 JP
|
10 JP x 40
menit
|
4
|
1.4 Menghayati adab yang baik kepada orang tua dan
guru
2.4 Terbiasa beradab yang baik kepada orang tua dan
guru
3.4 Memahami adab kepada orang tua dan guru
4.4 Mensimulasikan adab kepada orang tua dan
guru
|
·
Mengetahui
makna adap terhadap orang tua dan guru
·
Mampu
menyebutkan adap-adap terhadap orang tua dan guru
·
Mengimani
dalil-dalil yang berkaitan dengan adap terhadap orang tua dan guru
|
6 JP
|
6 JP x 40
menit
|
5
|
1.5 Menghayati
kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Aiyub
2.5Terbiasa meneladani kisah keteladanan Nabi Yunus dan
Nabi Aiyub
3.5 Menganalisis
kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Aiyub
4.5 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Yunus dan Nabi Aiyub.
|
·
Memahami kisah nabi yunus dan
nabi aiyub.
·
Mampu menyampaikan kisah Nabi
yunus dan nabi aiyub.
·
Mengambil hikmah dari kisah
nabi yunus dan nabi aiyu
|
4 JP
|
4 JP 40 menit
|
|
JUMLAH
|
|
34 JP
|
Mengetahui: Banda
Aceh,3/11/2015
Kepala
Madrasah Guru
Pamong
Drs.
Mustika Fuadi Dra.
Fadhillah Amin
Comments
Post a Comment