RPP FIQIH BAB ZAKAT PERTEMUAN 1,2,3,4 DAN 5



 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah/Madrasah
:
MTsS Babun Najah
Mata Pelajaran/Tema
:
FIQIH                           
Kelas/Semester
:
Vlll/ Ganjil
Materi Pokok
:
Ketentuan Zakat fitrah dan Zakat Maal (10x40jp)
Pertemuan ke-
:
1
Alokasi Waktu
:
2x40 menit


·            Kompetensi Inti

KI-1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2. Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong  royong),  santun,  percaya  diri,  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

·         Indikator

3.1.1        Menjelaskan  Pengertian  Zakat  Fitrah  dan Dalilnya
3.1.2        Menjelaskan Syarat wajib  Zakat  Fitrah
3.1.3        Menunjukkan Ukuran Zakat Fitrah
                                                                                   
·         TujuanPembelajaran
Diharapkan Siswa Mampu :

-          Menjelaskan  Pengertian  Zakat  Fitrah  dan Dalilnya
-          Menjelaskan Syarat wajib  Zakat  Fitrah
-          Menunjukkan Ukuran Zakat Fitrah
-           
·         Materi Pembelajaran
1.       Pengertia Zakat Fitrah
Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan pada hari raya idul fitri, zakat yang diwajibkan bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, besar kecil, merdeka atau budak, yang memiliki kelebihan bagi dirinya dan keluarganya pada malam hari raya dan siang harinya.

Dalinya adalah :
عَنِ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( فَرَضَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ اَلْفِطْرِ, صَاعًا مِنْ تَمْرٍ, أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ: عَلَى اَلْعَبْدِ وَالْحُرِّ, وَالذَّكَرِ, وَالْأُنْثَى, وَالصَّغِيرِ, وَالْكَبِيرِ, مِنَ اَلْمُسْلِمِينَ

Artinya : Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mewajibkan zakat fitrah sebesar satu sho' kurma atau satu sho' sya'ir atas seorang hamba, orang merdeka, laki-laki dan perempuan, besar kecil dari orang-orang islam

2.      Syarat Wajib Zakat Fitrah
-       Islam
-       Orang itu hidup pada waktu terbenamnya matahari pada malam idul fitri
-       Ada kelebihan makanan bagi diri dan orang yang menjadi tanggungannya

3.      Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah
-       Mulai awal Ramadhan sampai akhir
-       Sejak terbenam matahari
-       Sesudah shalat subuh sebelum shalat  ied

·         MetodePembelajaran
-     Ceramah
-     Tanya Jawab
-     Diskusi

·                 Media
-Tulisan di papantulis
- Media gambar
·        Alat
-   Spidol
-   Papantulis
-   Kertas hvs

·         SumberBelajar
-   Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.
-   Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV. Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.
-   LKS
-    Al-Quran terjemahan

·         Langkah-langkahKegiatanPembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran`
·         Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Zakat Fitrah.
Appersepsi :
·         Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
Ø  Mengamati:
·         Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi Zakat Fitrah
·         Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
·         Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
·         Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara
·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya

Ø  Menanya
·      Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Zakat Fitrah Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa, bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan:
-     Apa Pengertian  Zakat Fitrah?
Ø Mencari Informasi
-       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan jawaban
Ø Menalar
-       Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan materi yang telah diberikan oleh guru
Ø  Mengkomunikasikan
 Salah satu dari masing- masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
60 Menit
3
Penutup


·            Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·            Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa
·            Guru meminta siswa untuk menyimpul kan hal apa yang bisa di ambil  ketika pembelajaran berlangsung
·            Guru memberi nasehat.
·            Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
·            Guru member salam
10 Menit

PENILAIAN

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:

1.    Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:


No

Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah skor
1
2
3
4
5
6
1








2








3








Dst








Keterangan aspek yang dinilai:
1.      Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat
2.      Kemampuan memberikan argumen
3.      Kemampuan memberikan kritikan
4.      Kemampuan mengajukan pertanyaan
5.      Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku
6.      Kelancaran berbicara

Cara penyekoran:
  • tidak baik, skor 1
  • baik, skor 2


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah/Madrasah
:
MTsS Babun Najah
Mata Pelajaran/Tema
:
FIQIH                   
Kelas/Semester
:
Vlll/ Ganjil
Materi Pokok
:
Ketentuan Zakat Fitrah dan Zakat Maal
Pertemuan ke-
:
2
Alokasi Waktu
:
2x40 menit


·           KompetensiInti

KI-1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2. Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong  royong),  santun,  percaya  diri,  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

·        Indikator
3.2.1     Menunjukkan Ukuran  Zakat Fitrah
3.2.2     Menjelaskan Cara Mengeluarkan Zakat Fitrah

·        Tujuan Pembelajaran

Diharapkan Siswa Mampu :
-          Menunjukkan Ukuran  Zakat Fitrah
-          Menjelaskan syarat wajib mengeluarkan Zakat Fitrah
·              Materi Pembelajaran
                                               
1.   Ukuran Zakat Fitrah
Banyaknya Zakkat fitrah adalah satu sa’ = 2,5 Kg atau empat gemggam telapak tangan dan dikeluarkan dari makanan daerah ( makanan Pokok)

2.   Cara mengeluarkan Zakat Fitrah
-          Ada
·         MetodePembelajaran
-     Ceramah
-     Tanya Jawab
-     Diskusi

·                 Media
-Tulisan di papantulis
- Media gambar
·        Alat
-   Spidol
-   Papantulis
-   Kertas hvs

·         SumberBelajar
-   Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.
-   Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV. Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.
-   LKS
-    Al-Quran terjemahan

·         Langkah-langkahKegiatanPembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran`
·         Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Zakat Fitrah.
Appersepsi :
·         Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
Ø  Mengamati:
·         Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi Zakat Fitrah
·         Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
·         Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
·         Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara
·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya

Ø  Menanya
·      Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Zakat Fitrah Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa, bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan:
-     Apa Pengertian  Zakat Fitrah?
Ø Mencari Informasi
-       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan jawaban
Ø Menalar
-       Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan materi yang telah diberikan oleh guru
Ø  Mengkomunikasikan
 Salah satu dari masing- masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
60 Menit
3
Penutup


·            Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·            Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa
·            Guru meminta siswa untuk menyimpul kan hal apa yang bisa di ambil  ketika pembelajaran berlangsung
·            Guru memberi nasehat.
·            Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
·            Guru member salam
10 Menit

PENILAIAN

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:

1.    Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:


No

Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah skor
1
2
3
4
5
6
1








2








3








Dst








Keterangan aspek yang dinilai:
1.      Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat
2.      Kemampuan memberikan argumen
3.      Kemampuan memberikan kritikan
4.      Kemampuan mengajukan pertanyaan
5.      Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku
6.      Kelancaran berbicara

Cara penyekoran:
  • tidak baik, skor 1
·       baik, skor 2




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah/Madrasah
:
MTsS Babun Najah
Mata Pelajaran/Tema
:
FIQIH                   
Kelas/Semester
:
Vlll/ Ganjil
Materi Pokok
:
Ketentuan Zakat Fitrah dan Zakat Maal
Pertemuan ke-
:
3
Alokasi Waktu
:
2x40 menit


·           KompetensiInti

KI-1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2. Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong  royong),  santun,  percaya  diri,  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

·        Indikator
3.3.1     Menjelaskan Pengertian Zakat Maal
3.3.2     Menjelaskan Syarat Wajib Zakat Maal
3.3.3     Menjelaskan Waktu Mengeluarkan Zakat Maal
·        Tujuan Pembelajaran

Diharapkan Siswa Mampu :
-          Menjelaskan Pengertian Zakat Maal
-          Menjelaskan Syarat Wajib Zakat Maal
-          Menjelaskan Waktu Mengeluarkan Zakat Maal

·              Materi Pembelajaran
                                               
1.   Pengertian Zakat Maal
Zakat Maal adalah zakat yang berhubungan dengan harta benda yang menjadi milik seseorang.

2.   Syarat Wajib Zakat Maal
-          Milik penuh
-          Berkembang
-          Cukup senisab
-          Lebih dari kebutuhan biasa
-          Bebas dari hutang
-          Berlalu satu tahun

3.   Waktu Mengeluarkan Zakat Maal
-          Sudah sampai nisab dan haul

·         MetodePembelajaran
-     Ceramah
-     Tanya Jawab
-     Diskusi

1.              Media
-Tulisan di papantulis
- Media gambar
2.     Alat
-   Spidol
-   Papantulis
-   Kertas hvs

3.      SumberBelajar
-   Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.
-   Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV. Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.
-   LKS
-    Al-Quran terjemahan

4.      Langkah-langkahKegiatanPembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
·         Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran`
·         Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Zakat Maal.
Appersepsi :
·         Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.
10 Menit
2
Kegiatan Inti
Ø  Mengamati:
·         Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi Zakat Maal
·         Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
·         Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
·         Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara
·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya

Ø  Menanya
·      Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Zakat Maal Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa, bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan:
-     Apa Pengertian  Zakat Maal?
Ø Mencari Informasi
-       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan jawaban
Ø Menalar
-       Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan materi yang telah diberikan oleh guru
Ø  Mengkomunikasikan
 Salah satu dari masing- masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
60 Menit
3
Penutup


·            Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
·            Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa
·            Guru meminta siswa untuk menyimpul kan hal apa yang bisa di ambil  ketika pembelajaran berlangsung
·            Guru memberi nasehat.
·            Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
·            Guru member salam
10 Menit

PENILAIAN

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:

1.    Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:


No

Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah skor
1
2
3
4
5
6
1








2








3








Dst








Keterangan aspek yang dinilai:
1.      Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat
2.      Kemampuan memberikan argumen
3.      Kemampuan memberikan kritikan
4.      Kemampuan mengajukan pertanyaan
5.      Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku
6.      Kelancaran berbicara

Cara penyekoran:
  • tidak baik, skor 1
  • baik, skor 2
    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
    Nama Sekolah/Madrasah
    :
    MTsS Babun Najah
    Mata Pelajaran/Tema
    :
    FIQIH                           
    Kelas/Semester
    :
    Vlll/ Ganjil
    Materi Pokok
    :
    Mustahiq Zakat
    Pertemuan ke-
    :
    4
    Alokasi Waktu
    :
    2x40 menit


    A.       KompetensiInti

    KI-1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
    KI-2. Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong  royong),  santun,  percaya  diri,  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
    KI-3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
    KI-4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

    ·         Indikator
    3.4.1 Menjelaskan Pengertian Mustahiq Zakat
    3.4.2 Menjelaskan Orang-Orang yang Berhak Menerima Zakat

    B.     Tujuan Pembelajaran

    Diharapkan Siswa Mampu :
    -          Menjelaskan Pengertian Mustahiq Zakat
    -          Menjelaskan Orang-Orang yang Berhak Menerima Zakat

    C.          Materi Pembelajaran
                                                   
    1.   Pengertian Mustahiq Zakat
    Mustahiq Zakat adalah orang yang berhak menerima zakat
    2.   Orang yang berhak menerima zakat
    -          Fakir
    -          Miskin
    -          Amil
    -          Muaalaf
    -          Riqab
    -          Garim
    -          Sabilillah
    -          Ibnu Sabil
    D.    MetodePembelajaran
    -     Ceramah
    -     Tanya Jawab
    -     Diskusi

    ·                  Media
    -Tulisan di papantulis
    - Media gambar
    ·         Alat
    -   Spidol
    -   Papantulis
    -   Kertas hvs

    ·         SumberBelajar
    -   Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.
    -   Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV. Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.
    -   LKS
    -    Al-Quran terjemahan

    ·         Langkah-langkahKegiatanPembelajaran

    No.
    Kegiatan
    Waktu
    1
    Pendahuluan
    ·         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
    ·         Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran`
    ·         Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Mustahiq Zakat.
    Appersepsi :
    ·         Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.
    10 Menit
    2
    Kegiatan Inti
    Ø  Mengamati:
    ·         Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi Mustahiq Zakat
    ·         Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
    ·         Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
    ·         Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara
    ·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya

    Ø  Menanya
    ·      Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Mustahiq Zakat Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa, bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan:
    -     Siapa saja  Mustahiq Zakat?
    Ø Mencari Informasi
    -       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan jawaban
    Ø Menalar
    -       Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan materi yang telah diberikan oleh guru
    Ø  Mengkomunikasikan
     Salah satu dari masing- masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
    60 Menit
    3
    Penutup


    ·            Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
    ·            Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa
    ·            Guru meminta siswa untuk menyimpul kan hal apa yang bisa di ambil  ketika pembelajaran berlangsung
    ·            Guru memberi nasehat.
    ·            Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
    ·            Guru member salam
    10 Menit

    PENILAIAN

    Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:

    1.    Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:


    No

    Nama Siswa
    Aspek yang dinilai

    Jumlah skor
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1








    2








    3








    Dst








    Keterangan aspek yang dinilai:
    1.      Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat
    2.      Kemampuan memberikan argumen
    3.      Kemampuan memberikan kritikan
    4.      Kemampuan mengajukan pertanyaan
    5.      Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku
    6.      Kelancaran berbicara

    Cara penyekoran:
    • tidak baik, skor 1
    • baik, skor 2

     
    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
    Nama Sekolah/Madrasah
    :
    MTsS Babun Najah
    Mata Pelajaran/Tema
    :
    FIQIH                           
    Kelas/Semester
    :
    Vlll/ Ganjil
    Materi Pokok
    :
    Mustahiq Zakat
    Pertemuan ke-
    :
    4
    Alokasi Waktu
    :
    2x40 menit


    A.       KompetensiInti

    KI-1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
    KI-2. Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong  royong),  santun,  percaya  diri,  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
    KI-3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
    KI-4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

    ·         Indikator
    3.4.1 Menjelaskan Pengertian Mustahiq Zakat
    3.4.2 Menjelaskan Orang-Orang yang Berhak Menerima Zakat

    B.     Tujuan Pembelajaran

    Diharapkan Siswa Mampu :
    -          Menjelaskan Pengertian Mustahiq Zakat
    -          Menjelaskan Orang-Orang yang Berhak Menerima Zakat

    C.          Materi Pembelajaran
                                                   
    1.   Pengertian Mustahiq Zakat
    Mustahiq Zakat adalah orang yang berhak menerima zakat
    2.   Orang yang berhak menerima zakat
    -          Fakir
    -          Miskin
    -          Amil
    -          Muaalaf
    -          Riqab
    -          Garim
    -          Sabilillah
    -          Ibnu Sabil
    D.    MetodePembelajaran
    -     Ceramah
    -     Tanya Jawab
    -     Diskusi

    ·                  Media
    -Tulisan di papantulis
    - Media gambar
    ·         Alat
    -   Spidol
    -   Papantulis
    -   Kertas hvs

    ·         SumberBelajar
    -   Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.
    -   Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV. Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.
    -   LKS
    -    Al-Quran terjemahan

    ·         Langkah-langkahKegiatanPembelajaran

    No.
    Kegiatan
    Waktu
    1
    Pendahuluan
    ·         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
    ·         Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran`
    ·         Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Mustahiq Zakat.
    Appersepsi :
    ·         Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.
    10 Menit
    2
    Kegiatan Inti
    Ø  Mengamati:
    ·         Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi Mustahiq Zakat
    ·         Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
    ·         Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
    ·         Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara
    ·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya

    Ø  Menanya
    ·      Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Mustahiq Zakat Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa, bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan:
    -     Siapa saja  Mustahiq Zakat?
    Ø Mencari Informasi
    -       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan jawaban
    Ø Menalar
    -       Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan materi yang telah diberikan oleh guru
    Ø  Mengkomunikasikan
     Salah satu dari masing- masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
    60 Menit
    3
    Penutup


    ·            Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
    ·            Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa
    ·            Guru meminta siswa untuk menyimpul kan hal apa yang bisa di ambil  ketika pembelajaran berlangsung
    ·            Guru memberi nasehat.
    ·            Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
    ·            Guru member salam
    10 Menit

    PENILAIAN

    Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:

    1.    Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:


    No

    Nama Siswa
    Aspek yang dinilai

    Jumlah skor
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1








    2








    3








    Dst








    Keterangan aspek yang dinilai:
    1.      Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat
    2.      Kemampuan memberikan argumen
    3.      Kemampuan memberikan kritikan
    4.      Kemampuan mengajukan pertanyaan
    5.      Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku
    6.      Kelancaran berbicara

    Cara penyekoran:
    • tidak baik, skor 1
    • baik, skor 2




    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
    Nama Sekolah/Madrasah
    :
    MTsS Babun Najah
    Mata Pelajaran/Tema
    :
    FIQIH                           
    Kelas/Semester
    :
    Vlll/ Ganjil
    Materi Pokok
    :
    Peragaan Pelaksanaan Zakat Fitrah dan Zakat Maal
    Pertemuan ke-
    :
    5
    Alokasi Waktu
    :
    2x40 menit


    ·            KompetensiInti

    KI-1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
    KI-2. Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong  royong),  santun,  percaya  diri,  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
    KI-3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
    KI-4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

    ·         Indikator
    4.5.1 Praktek Menghitung Zakat Harta
    4.5.2 Menunjukkan Contoh Mengeluarkan Zakat
    4.5.3 Mendemonstrasikan Menjadi Panitia Zakat

    ·         Tujuan Pembelajaran

    Diharapkan Siswa Mampu :
    -          Praktek Menghitung Zakat Harta
    -          Menunjukkan Contoh Mengeluarkan Zakat
    -          Mendemonstrasikan Menjadi Panitia Zakat








    ·   Materi Pembelajaran
    Gambar Zakat fitrah                                                                           Gambar Zakat Maal
    emas.jpgunta2.jpg
    beras+zakat+fitrah.jpg
                                                               


    cats.jpg


                                                               






                Gambar praktek zakat fitrah dan zakat maal
    membayar-zakat-ilustrasi-_110622133536-226.jpgIMG_7415-zakat-fitrah.jpg




                                                                                       





    ·         MetodePembelajaran
    -     Ceramah
    -     Tanya Jawab
    -     Demonstrasi

    ·                  Media
    -Tulisan di papantulis
    - Media gambar
    ·         Alat
    -   Spidol
    -   Papantulis
    -   Kertas hvs

    ·         SumberBelajar
    -   Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.
    -   Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV. Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.
    -   LKS
    -    Al-Quran terjemahan

    ·         Langkah-langkahKegiatanPembelajaran

    No.
    Kegiatan
    Waktu
    1
    Pendahuluan
    ·         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
    ·         Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran`
    ·         Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Praktek Zakat Fitrah dan Zakat Maal.
    Appersepsi :
    ·         Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.
    10 Menit
    2
    Kegiatan Inti
    Ø  Mengamati:
    ·         Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi Praktek Zakat Fitrah dan Zakat Maal
    ·         Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
    ·         Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
    ·         Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara
    ·         Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya

    Ø  Menanya
    ·      Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Praktek Zakat Fitrah dan Zakat Maal Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa, bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan:
    -     Bagaimanakah Praktek Zakat Fitrah dan Zakat Maal?
    Ø Mencari Informasi
    -       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan jawaban
    Ø Menalar
    -       Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan materi yang telah diberikan oleh guru
    Ø  Mengkomunikasikan
     Salah satu dari masing- masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
    60 Menit
    3
    Penutup


    ·            Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
    ·            Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa
    ·            Guru meminta siswa untuk menyimpul kan hal apa yang bisa di ambil  ketika pembelajaran berlangsung
    ·            Guru memberi nasehat.
    ·            Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
    ·            Guru member salam
    10 Menit









    PENILAIAN

    Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:

    1.    Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:


    No

    Nama Siswa
    Aspek yang dinilai

    Jumlah skor
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1








    2








    3








    Dst








    Keterangan aspek yang dinilai:
    1.      Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat
    2.      Kemampuan memberikan argumen
    3.      Kemampuan memberikan kritikan
    4.      Kemampuan mengajukan pertanyaan
    5.      Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku
    6.      Kelancaran berbicara
    Cara penyekoran:
    • tidak baik, skor 1
    • baik, skor 2
    Banda Aceh, 25 November 2015


    Guru Pamong                                                                                                Mahasiswa PPL



    Yusrawati Usman,BA                                                                                   Sakinah
    NIP.195712121982032004                                                                         NIM.211222359

    Menyetujui
    Kepala Madrasah



    Drs. Mustika Fuadi
                             NIP. 197010271995031002









Comments