Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah/Madrasah
|
:
|
MTsS Babun Najah
|
Mata Pelajaran/Tema
|
:
|
FIQIH
|
Kelas/Semester
|
:
|
Vlll/ Ganjil
|
Materi Pokok
|
:
|
Ketentuan Zakat fitrah dan Zakat Maal (10x40jp)
|
Pertemuan ke-
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2x40 menit
|
·
Kompetensi Inti
KI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI-2.
Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
·
Indikator
3.1.1
Menjelaskan
Pengertian Zakat Fitrah dan Dalilnya
3.1.2
Menjelaskan
Syarat wajib Zakat Fitrah
3.1.3
Menunjukkan
Ukuran Zakat Fitrah
·
TujuanPembelajaran
Diharapkan Siswa Mampu :
-
Menjelaskan Pengertian
Zakat Fitrah dan Dalilnya
-
Menjelaskan
Syarat wajib Zakat Fitrah
-
Menunjukkan
Ukuran Zakat Fitrah
-
·
Materi Pembelajaran
1.
Pengertia Zakat Fitrah
Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan pada
hari raya idul fitri, zakat yang diwajibkan bagi setiap muslim baik laki-laki
maupun perempuan, besar kecil, merdeka atau budak, yang memiliki kelebihan bagi
dirinya dan keluarganya pada malam hari raya dan siang harinya.
Dalinya adalah :
عَنِ اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ
اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: ( فَرَضَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ
اَلْفِطْرِ, صَاعًا مِنْ تَمْرٍ, أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ: عَلَى اَلْعَبْدِ
وَالْحُرِّ, وَالذَّكَرِ, وَالْأُنْثَى, وَالصَّغِيرِ,
وَالْكَبِيرِ, مِنَ اَلْمُسْلِمِينَ
Artinya : Dari Ibnu Umar Radliyallaahu
'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mewajibkan zakat fitrah
sebesar satu sho' kurma atau satu sho' sya'ir atas seorang hamba, orang
merdeka, laki-laki dan perempuan, besar kecil dari orang-orang islam
2.
Syarat Wajib Zakat Fitrah
-
Islam
-
Orang itu hidup pada waktu terbenamnya matahari pada
malam idul fitri
-
Ada kelebihan makanan bagi diri dan orang yang menjadi
tanggungannya
3.
Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah
-
Mulai awal Ramadhan sampai akhir
-
Sejak terbenam matahari
-
Sesudah shalat subuh sebelum shalat ied
·
MetodePembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Diskusi
·
Media
-Tulisan di
papantulis
- Media
gambar
·
Alat
-
Spidol
-
Papantulis
-
Kertas hvs
·
SumberBelajar
-
Abdul Azhim bin Badawi
Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.
-
Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV.
Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.
-
LKS
-
Al-Quran terjemahan
·
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama
·
Guru
memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran`
·
Guru
memberikan
informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Zakat Fitrah.
Appersepsi :
·
Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul
di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
Ø Mengamati:
·
Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan
dengan materi Zakat Fitrah
·
Guru meminta peserta didik
mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
·
Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
·
Guru mengajarkan bagaimana
menghargai orang berbicara
·
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang
dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya
Ø Menanya
·
Guru memotivasi peserta didik
untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya
dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Zakat
Fitrah Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa,
bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa
menjadi acuan pertanyaan:
- Apa
Pengertian Zakat Fitrah?
Ø Mencari Informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menemukan jawaban
Ø Menalar
- Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan
materi yang telah diberikan oleh guru
Ø Mengkomunikasikan
Salah satu dari masing- masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
|
60 Menit
|
3
|
Penutup
|
|
|
·
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
·
Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa
·
Guru meminta siswa untuk menyimpul kan
hal apa yang bisa di ambil ketika
pembelajaran berlangsung
·
Guru memberi nasehat.
·
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
·
Guru member salam
|
10 Menit
|
PENILAIAN
Guru melakukan
penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:
1.
Penilaian sikap
dalam mengikuti diskusi:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
aspek yang dinilai:
1.
Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat
2.
Kemampuan memberikan argumen
3.
Kemampuan memberikan kritikan
4.
Kemampuan mengajukan pertanyaan
5.
Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku
6.
Kelancaran berbicara
Cara
penyekoran:
- tidak baik, skor 1
- baik, skor 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah/Madrasah
|
:
|
MTsS Babun Najah
|
Mata Pelajaran/Tema
|
:
|
FIQIH
|
Kelas/Semester
|
:
|
Vlll/ Ganjil
|
Materi Pokok
|
:
|
Ketentuan
Zakat Fitrah dan Zakat Maal
|
Pertemuan ke-
|
:
|
2
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2x40 menit
|
·
KompetensiInti
KI-1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2.
Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI-4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
·
Indikator
3.2.1
Menunjukkan
Ukuran Zakat Fitrah
3.2.2
Menjelaskan
Cara Mengeluarkan Zakat Fitrah
·
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan Siswa Mampu :
-
Menunjukkan
Ukuran Zakat Fitrah
-
Menjelaskan syarat wajib mengeluarkan Zakat Fitrah
·
Materi Pembelajaran
1. Ukuran Zakat Fitrah
Banyaknya Zakkat fitrah adalah
satu sa’ = 2,5 Kg atau empat gemggam telapak tangan dan dikeluarkan dari
makanan daerah ( makanan Pokok)
2. Cara mengeluarkan Zakat Fitrah
-
Ada
·
MetodePembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Diskusi
·
Media
-Tulisan di
papantulis
- Media
gambar
·
Alat
-
Spidol
-
Papantulis
-
Kertas hvs
·
SumberBelajar
-
Abdul Azhim bin Badawi
Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.
-
Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV.
Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.
-
LKS
-
Al-Quran terjemahan
·
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama
·
Guru
memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran`
·
Guru
memberikan
informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Zakat Fitrah.
Appersepsi :
·
Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul
di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
Ø Mengamati:
·
Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan
dengan materi Zakat Fitrah
·
Guru meminta peserta didik
mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
·
Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
·
Guru mengajarkan bagaimana
menghargai orang berbicara
·
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang
dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya
Ø Menanya
·
Guru memotivasi peserta didik
untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya
dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Zakat
Fitrah Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa,
bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa
menjadi acuan pertanyaan:
- Apa
Pengertian Zakat Fitrah?
Ø Mencari Informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menemukan jawaban
Ø Menalar
- Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan
materi yang telah diberikan oleh guru
Ø Mengkomunikasikan
Salah satu dari masing- masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
|
60 Menit
|
3
|
Penutup
|
|
|
·
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
·
Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa
·
Guru meminta siswa untuk menyimpul kan
hal apa yang bisa di ambil ketika
pembelajaran berlangsung
·
Guru memberi nasehat.
·
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
·
Guru member salam
|
10 Menit
|
PENILAIAN
Guru melakukan
penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:
1.
Penilaian sikap
dalam mengikuti diskusi:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
aspek yang dinilai:
1.
Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat
2.
Kemampuan memberikan argumen
3.
Kemampuan memberikan kritikan
4.
Kemampuan mengajukan pertanyaan
5.
Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku
6.
Kelancaran berbicara
Cara
penyekoran:
- tidak baik, skor 1
· baik, skor 2
Nama Sekolah/Madrasah
|
:
|
MTsS Babun Najah
|
Mata Pelajaran/Tema
|
:
|
FIQIH
|
Kelas/Semester
|
:
|
Vlll/ Ganjil
|
Materi Pokok
|
:
|
Ketentuan
Zakat Fitrah dan Zakat Maal
|
Pertemuan ke-
|
:
|
3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2x40 menit
|
·
KompetensiInti
KI-1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2.
Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI-4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
·
Indikator
3.3.1
Menjelaskan
Pengertian Zakat Maal
3.3.2
Menjelaskan
Syarat Wajib Zakat Maal
3.3.3
Menjelaskan
Waktu Mengeluarkan Zakat Maal
·
Tujuan Pembelajaran
Diharapkan Siswa Mampu :
-
Menjelaskan
Pengertian Zakat Maal
-
Menjelaskan
Syarat Wajib Zakat Maal
-
Menjelaskan
Waktu Mengeluarkan Zakat Maal
·
Materi Pembelajaran
1. Pengertian Zakat Maal
Zakat Maal adalah zakat yang berhubungan
dengan harta benda yang menjadi milik seseorang.
2. Syarat Wajib Zakat Maal
-
Milik penuh
-
Berkembang
-
Cukup senisab
-
Lebih dari kebutuhan biasa
-
Bebas dari hutang
-
Berlalu satu tahun
3.
Waktu Mengeluarkan Zakat Maal
-
Sudah sampai nisab dan haul
·
MetodePembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Diskusi
1.
Media
-Tulisan di
papantulis
- Media
gambar
2.
Alat
-
Spidol
-
Papantulis
-
Kertas hvs
3. SumberBelajar
-
Abdul Azhim bin Badawi
Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.
-
Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV.
Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.
-
LKS
-
Al-Quran terjemahan
4.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
·
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama
·
Guru
memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran`
·
Guru
memberikan
informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Zakat Maal.
Appersepsi :
·
Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul
di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.
|
10 Menit
|
2
|
Kegiatan Inti
Ø Mengamati:
·
Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan
dengan materi Zakat Maal
·
Guru meminta peserta didik
mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
·
Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
·
Guru mengajarkan bagaimana
menghargai orang berbicara
·
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang
dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya
Ø Menanya
·
Guru memotivasi peserta didik
untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya
dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Zakat
Maal Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa,
bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa
menjadi acuan pertanyaan:
- Apa
Pengertian Zakat Maal?
Ø Mencari Informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menemukan jawaban
Ø Menalar
- Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan
materi yang telah diberikan oleh guru
Ø Mengkomunikasikan
Salah satu dari masing- masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas
|
60 Menit
|
3
|
Penutup
|
|
|
·
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
·
Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa
·
Guru meminta siswa untuk menyimpul kan
hal apa yang bisa di ambil ketika
pembelajaran berlangsung
·
Guru memberi nasehat.
·
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
·
Guru member salam
|
10 Menit
|
PENILAIAN
Guru melakukan
penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:
1.
Penilaian sikap
dalam mengikuti diskusi:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
aspek yang dinilai:
1.
Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat
2.
Kemampuan memberikan argumen
3.
Kemampuan memberikan kritikan
4.
Kemampuan mengajukan pertanyaan
5.
Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku
6.
Kelancaran berbicara
Cara
penyekoran:
- tidak baik, skor 1
- baik,
skor 2
Nama Sekolah/Madrasah:MTsS Babun NajahMata Pelajaran/Tema:FIQIHKelas/Semester:Vlll/ GanjilMateri Pokok:Mustahiq ZakatPertemuan ke-:4Alokasi Waktu:2x40 menitA. KompetensiIntiKI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnyaKI-2. Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.KI-3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori· Indikator3.4.1 Menjelaskan Pengertian Mustahiq Zakat3.4.2 Menjelaskan Orang-Orang yang Berhak Menerima ZakatB. Tujuan PembelajaranDiharapkan Siswa Mampu :- Menjelaskan Pengertian Mustahiq Zakat- Menjelaskan Orang-Orang yang Berhak Menerima ZakatC. Materi Pembelajaran1. Pengertian Mustahiq ZakatMustahiq Zakat adalah orang yang berhak menerima zakat2. Orang yang berhak menerima zakat- Fakir- Miskin- Amil- Muaalaf- Riqab- Garim- Sabilillah- Ibnu SabilD. MetodePembelajaran- Ceramah- Tanya Jawab- Diskusi· Media-Tulisan di papantulis- Media gambar· Alat- Spidol- Papantulis- Kertas hvs· SumberBelajar- Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.- Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV. Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.- LKS- Al-Quran terjemahan· Langkah-langkahKegiatanPembelajaranNo.KegiatanWaktu1Pendahuluan· Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama· Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran`· Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Mustahiq Zakat.Appersepsi :· Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.10 Menit2Kegiatan IntiØ Mengamati:· Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi Mustahiq Zakat· Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.· Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan· Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara· Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannyaØ Menanya· Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Mustahiq Zakat Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa, bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan:- Siapa saja Mustahiq Zakat?Ø Mencari Informasi- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan jawabanØ Menalar- Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan materi yang telah diberikan oleh guruØ MengkomunikasikanSalah satu dari masing- masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas60 Menit3Penutup· Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.· Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa· Guru meminta siswa untuk menyimpul kan hal apa yang bisa di ambil ketika pembelajaran berlangsung· Guru memberi nasehat.· Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa· Guru member salam10 MenitPENILAIANGuru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:1. Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:NoNama SiswaAspek yang dinilaiJumlah skor123456123DstKeterangan aspek yang dinilai:1. Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat2. Kemampuan memberikan argumen3. Kemampuan memberikan kritikan4. Kemampuan mengajukan pertanyaan5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku6. Kelancaran berbicaraCara penyekoran:
- tidak baik, skor 1
- baik, skor 2
Nama Sekolah/Madrasah:MTsS Babun NajahMata Pelajaran/Tema:FIQIHKelas/Semester:Vlll/ GanjilMateri Pokok:Mustahiq ZakatPertemuan ke-:4Alokasi Waktu:2x40 menitA. KompetensiIntiKI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnyaKI-2. Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.KI-3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori· Indikator3.4.1 Menjelaskan Pengertian Mustahiq Zakat3.4.2 Menjelaskan Orang-Orang yang Berhak Menerima ZakatB. Tujuan PembelajaranDiharapkan Siswa Mampu :- Menjelaskan Pengertian Mustahiq Zakat- Menjelaskan Orang-Orang yang Berhak Menerima ZakatC. Materi Pembelajaran1. Pengertian Mustahiq ZakatMustahiq Zakat adalah orang yang berhak menerima zakat2. Orang yang berhak menerima zakat- Fakir- Miskin- Amil- Muaalaf- Riqab- Garim- Sabilillah- Ibnu SabilD. MetodePembelajaran- Ceramah- Tanya Jawab- Diskusi· Media-Tulisan di papantulis- Media gambar· Alat- Spidol- Papantulis- Kertas hvs· SumberBelajar- Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.- Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV. Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.- LKS- Al-Quran terjemahan· Langkah-langkahKegiatanPembelajaranNo.KegiatanWaktu1Pendahuluan· Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama· Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran`· Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Mustahiq Zakat.Appersepsi :· Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.10 Menit2Kegiatan IntiØ Mengamati:· Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi Mustahiq Zakat· Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.· Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan· Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara· Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannyaØ Menanya· Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Mustahiq Zakat Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa, bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan:- Siapa saja Mustahiq Zakat?Ø Mencari Informasi- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan jawabanØ Menalar- Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan materi yang telah diberikan oleh guruØ MengkomunikasikanSalah satu dari masing- masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas60 Menit3Penutup· Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.· Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa· Guru meminta siswa untuk menyimpul kan hal apa yang bisa di ambil ketika pembelajaran berlangsung· Guru memberi nasehat.· Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa· Guru member salam10 MenitPENILAIANGuru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:1. Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:NoNama SiswaAspek yang dinilaiJumlah skor123456123DstKeterangan aspek yang dinilai:1. Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat2. Kemampuan memberikan argumen3. Kemampuan memberikan kritikan4. Kemampuan mengajukan pertanyaan5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku6. Kelancaran berbicaraCara penyekoran:- tidak baik, skor 1
- baik, skor 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)Nama Sekolah/Madrasah:MTsS Babun NajahMata Pelajaran/Tema:FIQIHKelas/Semester:Vlll/ GanjilMateri Pokok:Peragaan Pelaksanaan Zakat Fitrah dan Zakat MaalPertemuan ke-:5Alokasi Waktu:2x40 menit· KompetensiIntiKI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnyaKI-2. Menghargai,danmenghayatiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.KI-3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori· Indikator4.5.1 Praktek Menghitung Zakat Harta4.5.2 Menunjukkan Contoh Mengeluarkan Zakat4.5.3 Mendemonstrasikan Menjadi Panitia Zakat· Tujuan PembelajaranDiharapkan Siswa Mampu :- Praktek Menghitung Zakat Harta- Menunjukkan Contoh Mengeluarkan Zakat- Mendemonstrasikan Menjadi Panitia Zakat· Materi PembelajaranGambar Zakat fitrah Gambar Zakat MaalGambar praktek zakat fitrah dan zakat maal· MetodePembelajaran- Ceramah- Tanya Jawab- Demonstrasi· Media-Tulisan di papantulis- Media gambar· Alat- Spidol- Papantulis- Kertas hvs· SumberBelajar- Abdul Azhim bin Badawi Al-Khalafi, (2005), Panduan Fiqih Lengkap, PT. Pustaka Ibnu Katsir, Bogor.- Sudarko, 2009, Fiqih Kelas VIII,CV. Aneka Ilmu Anggota IKAPI, Semarang.- LKS- Al-Quran terjemahan· Langkah-langkahKegiatanPembelajaranNo.KegiatanWaktu1Pendahuluan· Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama· Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran`· Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Praktek Zakat Fitrah dan Zakat Maal.Appersepsi :· Mengaitkan materi ajar dengan permasalahan yang muncul di sekitar kehidupan siswa sehari-hari.10 Menit2Kegiatan IntiØ Mengamati:· Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi Praktek Zakat Fitrah dan Zakat Maal· Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.· Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan· Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara· Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannyaØ Menanya· Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman Praktek Zakat Fitrah dan Zakat Maal Peserta didik bias bertanya dengan menggunakan kata Tanya:apa, mengapa, bagaimana, bagaimanajikadansebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan:- Bagaimanakah Praktek Zakat Fitrah dan Zakat Maal?Ø Mencari Informasi- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan jawabanØ Menalar- Masing-masing kelompok menelaah serta mendiskusikan materi yang telah diberikan oleh guruØ MengkomunikasikanSalah satu dari masing- masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas60 Menit3Penutup· Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.· Guru memberiapresiasi terhadap hasil kerjasiswa· Guru meminta siswa untuk menyimpul kan hal apa yang bisa di ambil ketika pembelajaran berlangsung· Guru memberi nasehat.· Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa· Guru member salam10 MenitPENILAIANGuru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:1. Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:NoNama SiswaAspek yang dinilaiJumlah skor123456123DstKeterangan aspek yang dinilai:1. Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat2. Kemampuan memberikan argumen3. Kemampuan memberikan kritikan4. Kemampuan mengajukan pertanyaan5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku6. Kelancaran berbicaraCara penyekoran:- tidak baik, skor 1
- baik, skor 2
Banda Aceh, 25 November 2015Guru Pamong Mahasiswa PPLYusrawati Usman,BA SakinahNIP.195712121982032004 NIM.211222359MenyetujuiKepala MadrasahDrs. Mustika FuadiNIP. 197010271995031002
Comments
Post a Comment