BUAH-BUAHAN DALAM PERKEMBANGAN IMTEK, IMAN DAN TAQWA



BUAH-BUAHAN DALAM PERKEMBANGAN IMTEK, IMAN DAN TAQWA


DISUSUN
OLEH :
YURNITA
NIM: 321203208












FAKULTAS USHULUDDIN DAN FILSAFAT
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY
DARUSSALAM-BANDA ACEH
2016 M / 1437 H


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Setiap orang menginginkan tubuh yang sehat. Untuk itu makanan yang dimakan harus cukup mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Keadaan ini sangat penting agar fungsi organ tubuh berjalan dengan baik. Kandungan zat gizi yang dikonsumsi harus dalam jumlah yang tepat, karena jika kekurangan atau kelebihan dapat mengakibatkan penyakit.
Makanan merupakan faktor yang menentukan kesehatan individu. Oleh karena itu, ketika kita makan hendaknya memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan bukan hanya mengacu pada kesukaan. Salah satu masalah yang berkaitan dengan prilaku makan adalah kurangnya mengonsumsi buah dan sayur. Apabila terjadi kekurangan dalam mengonsumsi buah dan sayur akan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat dan tidak seimbangnya asam basah tubuh sehingga dapat mengakibatkan kekebalan tubuh menurun dan kesehatan terganggu.
Vitamin juga berfungsi untuk melancarkan metabolisme tubuh seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Pada makalah ini akan diuraikan beberapa manfaat buah bagi kesehatan. Di dalam makalah ini juga akan dampak buruk mengkonsumsi buah-buahan akibat perkembangngan iptek.
Buah merupakan salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi  ketika selesai makan dan dikonsumsi setiap hari. Apabila dikonsumsi secara rutin, buah-buahan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tidak sedikit orang yang tidak mengetahui manfaat dan kasiat yang terkandung dalam berbagai macam buah sehingga mereka masih jarang mengkonsumsi buah tiap harinya. Banyak orang menderita berbagai penyakit dikarenakan pola hidup yang menganggap bahwa buah tidak begitu penting untuk dikonsumsi. Padahal, buah dapat mencegah bahkan dapat mengobati berbagai macam penyakit.

1.2  Tujuan
Tujuan makalah ini dibuat yaitu
  1. Untuk mengetahui buah-buahan menurut perspektif sains?
  2. Untuk mengetahui buah-buahan menurut perspektif Islam?
  3. Untuk mengetahui manfaat dan keberukan mengkonsumsi buah-buahan?















BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Buah-buahan yang Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadis

Dan dari buah kurma dan anggur, kamu jadikan minuman yang memabukkan dan reaeki yang biak. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan (An Nahl: 67).[1]
Nabi Muhammad biasa menyimpan anggur yang sudah dikeringkan yang direndam dalam air. Beliau meminumnya pada hari itu juga atau pada keesokan harinya atau kadang-kadang hari berikutnya lagi (HR Abu Dawud).
Dan Dia-lah yang menjadikan kebun berjunjung dan tidak berjunjung, kebun kurma, tanaman-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang sama (bentuk dan warnanya) dan tidak sama rasanya. Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) jika berbuah dan tunaikanlah haknya dari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya). Dan janganlah kamu berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menukai orang –orang yang berlebihan (Al An’am: 141)
3. Jeruk
Nabi Muhammad bersabda: “mukmin sejati yang membaca Al Qur’an bagaikan buah jeruk yang memiliki rasa yang enak dan aroma yang harum (HR Bukhari dan Muslim).
Dan (kami jadikan) pohon –pohon kurma, keadaannya panjang-panjang. Ia mmeiliki malai yang bertumpuk-tumpuk (Qaf: 10).[2]
Dan bumi itu Dia hamparkan untuk makhluk. Padanya ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak-kelopak mayang (Ar Rahman:11)
Nabi Muhaamad berkata kepada Aisyah: “ Wahai Aisyah, rumah yang tiada kurma di dalamna adalah kelaparan bagi penghuninya (HR Muslim)

5. Labu
Nabi Muhammad bersabda: “biarkanlah mereka memakan labu, karena labu meragsang akal dan otak (HR Muslim).
Saya (Anas Bin Malik) melihat nabi mencari potongan labu dari setiap sisi piring. Sejak saat itu saya mulai menyukai labu (HR Tirmidzi)
6. Mentimun
Dan ingatlah ketika kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak bias tahan dengan satu macam makanan saja, sebab itu, mohonkanlah untu kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan kepada kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur mayurnya, mentimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya.. (Al Baqarah: 61).[3]
Nabi Muhammad menyukai mentimun. Saya melihat Nabi Muhammad mengkonsumsi mentimun dan kurma segar (HR Muslim dan Tirmidzi)
7. Pisang
Dan pohon-pohon pisang yang bersusun-susun buahnya (Al Waqiah:29)
8. Semangka
Diantara buah-buahan yang disukai Nabi Muhammad adalah anggur dan semangka (HR Abu Dawud)
Saya melihat Rasulullah memakan semangka dan kurma (HR Tirmidzi)
9. Tin
Demi tin dan zaitun, dan bukit Sinai dan negeri yang aman, sungguh kami teah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (At-Tin: 1-4).
Dari pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan (Al Mu’minuun: 20).
Rasulullah bersabda: “ambillah minyak zaitun dan balurlah pada tubuh. Ia suci dan diberkahi (HR Tirmidzi).
2.2. Manfaat Mengkonsumsi Buah-buahan

jeruk.jpgJeruk nipis mempunyai nama ilmiah Citrus aurantifolia. Jeruk nipis merupakan tanaman perdu yang memiliki banyak dahan dan ranting. Batangnya berkayu, cukup ulet, dan keras. Buah jeruk nipis berukuran sebesar bola pingpong.
Bagian yang sering digunakan sebagai bahan berkasiat adalah buah dan akar jeruk nipis. Berikut manfaat dari buah jeruk nipis.
a)      Mengobati Batuk
Sediakan 1  sendok kecap, 1 buah jeruk nipis, dan sedikit garam. Campurkan perasan jeruk nipis dengan kecap dan garam di sendok lalu diminum.
b)      Mengobati Malaria
Siapkan 1 buah jeruk nipis, garam secukupnya, dan 1 sendok makan kecap. Peras jeruk nipis dan campur dengan kecap dan garam, lalu disaring dan diminum.
c)      Melangsingkan Perut
Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis ampuh untuk melangsingkan perut dengan membuat larutan campuran jeruk nipis, air, dan gula.
semangka.jpg
Buah semangka adalah buah bebas lemak sehingga cocok untuk dijadikan menu diet.[4] Air dan kalium yang terkandung dalam buah semangka berfungsi menetralkan tekanan darah. Buah ini juga mengandung antioksida dan vitamin C yang berfungsi untuk kekebalan tubuh.
Buah semangka juga dapat mencegah penyakit kanker karena mengandung zat karotenoid dan zat likopen yang membaut tubuh kuat terhadap penyakit kanker.
a)      Menghindari Dehidrasi dan Kaya Serat
Buah semangka yang mengandung banyak air akan membuat seseorang akan terhindar dari dehidrasi. Selain itu, serat yang terkandung dalam buah semangka akan mencegah sembelit.
b)      Baik untuk Jantung dan Tulang
Sebuah penelitian baru ( WHFoods ), menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung dan tulang. Semangka adalah salah satu buah yang mengandung zat likopen yang tinggi.
zaitun.jpgBuah zaitun yang biasa dijadikan minyak mempunyai nilai yang tinggi dalam pengobatan.
a)    Merevitalisasi Sistem Imun Zaitun kaya dengan vitamin E larut lemak, yang melindungi sel dari radikal bebas. Antioksodan ini menguatkan sistem imun, mengurangi penyakit seperti flu sampai 30%  menurut para periset di Tufts University.
b)      Menghaluskan Kulit
Buah zaitun merupakan sumber terkaya oleid acid yang membantu mengurangi garis-garis halus pada wajah serta mengenyalkan dan melindungi kulit.
images.jpgBuah anggur memiliki manfaat yang tidak hanya untuk kesehatan saja melainkan untuk kecantikan juga tentunya. Buah anggur kaya akan vitamin, kalium, kalsium dan nutrisi lainnya. Biji buah anggur juga memilki manfaat untuk kesehatan seperti :[5]
  1. Penangkal radikal bebas
Dr.Masquelier seorang peneliti asal Prancis, menemukan zat anti kanker berupa proanthocyanidins dalam biji-biji anggur. Keampuhan proanthocyanidins ini bisa menangkal radikal bebas berliapat 20 kali vitamin C dan 50 kali vitamin E. Ekstra biji anghur juga dianggap lebih aman dari suplemen anti oksidan vitamin A dan E karena terlarut dalam air.
2.Anti kanker
jambu biji.jpgDikutip dalam The Times of India, ekstrak dari biji anggur menambah deret penghalau sel kanker untuk berkembang biak. Ekstrak biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker tanpa membunuh sel yang sehat. Potensi lain yang dihasilkan oleh ekstrak biji anggur yaitu sebagai lini kedua dalam pengobatan kanker leher dan kepala, meski demikian Agarwal berharap agar temuan ini lebih dikembangkan dalam pengujian secara klinis.
Jambu biji mempunyai nama latin Psidium guajava L. Buah jambu biji mempunyai banyak kandungan di antaranya adalah vitamin C yang 2 kali lebih banyak dibanding buah jeruk manis yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh.
a)      Menurunkan Kadar Kolesterol
Jambu biji menagndung pektin yang berupa serat dan berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.
b)      Mencegah Kanker
Buah jambu biji mengandung zat likopen yang berlimpah. Zat ini berfungsi mencegah penyakit kanker dan melindungi tubuh dari antioksidan.
tin.jpgNama buah tin diambil dari bahasa Arab. Buah tin atau yang memiliki nama ilmiah Ficus carica ini sebenarnya masih kerabat dengan pohon beringin dan tumbuh mulai dari daerah Balkan sampai dengan Afghanistan dan saat ini mulai dibudidayakan di berbagai tempat lain di penjuru dunia.
Buah tin mengandung kalium, omega 3 dan omega 6 yang berfungsi menjaga tekanan darah tinggi serta serangan penyakit jantung koroner. Buah tin juga bermanfaat untuk menangkal serangan penyakit kanker prostat karena mengandung coumarin. Buah tin juga kaya akan kalsium sehingga dapat memelihara kesehatan tulang agar tidak keropos dan terhindar dari osteoporosis dan mampu meningkatkan kepadatan tulang.
pisang.jpgPisang  merupakan buah dengan sumber gizi yang hampir sempurna karena pisang mengandung nutrisi enam yaitu: air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dan berkat tingginya nilai gizi yang dikandungnya, maka ia telah menjadi makanan penting (pokok) bagi banyak orang. Konon buah ini berasal dari asia tenggara kemudian buah ini mulai menyebar ke benua bagian barat.
Manfaat dari buah pisang :
a.   Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.
b.Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)
Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.
c. Mencegah penyakit jantung
Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.
kurma.jpgBuah kurma yang lezat ini mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan.
Manfaat dari kurma diantaranya bebas dari masalah konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker abdomen, dan kondisi-kondisi lain. Kurma juga sangatlah baik untuk menaikkan berat badan.
labu.jpgLabu merupakan salah satu sayuran yang banyak ditanam dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin untuk kesehatan.
Manfaat dari buah labu adalah : membantu tubuh melindungi terhadap paru-paru dan kanker rongga mulut, untuk mengurangi kolestrol dan penurunan berat badan. Membantu melindungi dari penyakit makula terkait usia (ARMD) pada orang tua. untuk menstabilkan gula darah dengan menjaga pola makan karena kandungan labu merupakan jenis kalori yang rendah gula, meskipun demikian tetap memberikan manfaat untuk tubuh anda dengan memberikan sumber energi.
mentimun.jpgKetimun adalah sayuran yang banyak mengandung air dan bertekstur renyah, yang biasanya banyak di sajikan sebagai pelengkap untuk makan nasi lalapan, salad, rujak, hingga sandwich. Kandungan klori mentimun sangat rendah, namun ia mengandung banyak nutrisi daripada hanya sekedar air dan elektrolit. Bahkan hampir semua nutrisi yang diperlukan untuk diet seimbang terdapat dalam buah sayuran yang menyegarkan ini.
Manfaat mentimun adalah :
1.Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram .Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Menkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis.
2 . Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.
2          . Juga memiliki atribut penyembuhan bagi kondisi yang ada kaitannya dengan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.


2.3. Dampak Buruk untuk Kesehatan Akibat Perkembangan Iptek
 Pangan adalah kebutuhan yang paling mendasar dari suatu bangsa. Banyak contoh Negara dengan sumber ekonomi cukup memadai tetapi mengalami kehancuran karena tidak mampu memenuhi kebutuhan pangan bagi penduduknya. Jumlah penduduk Indonesia yang saat ini mencapai 216 juta jiwa. Jumlah tersebut mengindikasikan besarnya bahan pangan yang harus tersedia. Kebutuhan yang besar jika tidak diimbangi peningkatan produksi pangan justru menghadapi masalah.Teknologi hanya akan memberikan kontribusi jika ia digunakan dalam proses produksi barang/jasa untuk meningkatkan kualitas hidup umat manusia, termasuk dalam upaya penyediaan pangan yang cukup, bergizi, aman, dan sesuai selera konsumen serta terjangkau secara fisik dan ekonomi bagi setiap individu sehingga ketahanan pangan dapat dicapai.
Di Indonesia  kebutuhan  pangan yang tradisional  dapatdipenuhi  sesuaidenganlingkungan  alamnya.  Di Indonesia  bagian barat  yang banyak  memperoleh  hujan,  padi yang setelahditumbuk  menjadi beras  merupakan makanan pokok. Sayuran  danbuah-buahan  merupakan pelengkap  kebutuhan makan.  Agar produktivitasnya  dapat lebih  tinggi, maka untuk kesuburan  tanaman  diberipupuk.  Yang tradisional  adalah pupuk kandang yang alami ( hayati ), sedangkan yang modern  adalah pupuk buatan, produksi pabrik  yang makin dinilai mempunyai dampak  negatif  terhadap  kesehatan  manusia.  Bangsa asing  di Jakarta lebih suka mengkonsumsi  hasil pertanian yang memakai  pupuk alami dari pada  pupuk pabrik. Hal itu  merupakan  kesempatan bagi pengusaha  pertanian modern  karena harga hasilnya jauh lebih tinggi dari pada produksi  pertanian  biasa yang banyak memakai  pupuk pabrik.




BAB III
PENUTUP
1.      Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari semua jenis buah buahan yang disebutkan dalam Al-Quran dan Hadis adalah semua jenis buah-buahan tersebut memili manfaat masing-masing yang menyehatkan manusia apabila mengkonsumsi buah buahan tersebut. Namun akibat ulah manusia yang tidak memiliki iman dan takwa yang membuat seluruh buah-buahan yang penuh dengan manfaatnya menjadi dampak buruk untuk kesehatan manusia itu sendiri
2.      Saran
Saran yang dapat diberikan adalah bagi para produksen buah-buahan agar dapat menggunakan pupuk alami dalam proses penanaman buah-buahan, supaya menjadi orang-orang yang beriman dan bertakwa, dan bias mewujudkan makanan yang sehat bagi seluruh manusia.



























DAFTAR PUSTAKA
Ali, nizar. Hadis versus sains. Yogyakarta: Teras. 2008.
Amiruddin, Aam. Tafsir Al-Qur’an Kontemporer. Bandung: Khazanah Intelektual. 2004.
Al-Jazairi, Syaikh Abu Bakar Jabir. Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar (Jilid 6). Jatinegara: Darus Sunnah Press. 2009.
Cak Mus. 2007 (www.plantamor.com/ Situs Dunia Tumbuhan) diakses tanggal 1 juni 2012
Emayanti, Dea. Aneka Buah Kaya Vitamin Berkasiat Obat. Yogyakarta : Pinang Merah. 2010.
Farooqi, Terapi Herbal Cara Islam. Jakarta: Mizan Publika. 2005.
Jauziyah, Ibnu, Qayyim. Metode Pengobatan Nabi. Jakarta: Griya Ilmu. 2004.
Jauziyah, Ibnu, Qayyim. Berobat Kepada Nabi. Jakarta: Griya Ilmu. 2010.
Mahmud, Mahir, Hasan. Mukjizat kedokteran Nabi. Jakarta: Qultummedia. 2007.
Mahran, Jamaluddin. Al-Qur’an Bertutur Tentang Makanan dan Obat-Obatan. Yogyakarta: Mitra Pustaka. 2005.
Mushthafa, Ahmad , Al-Maraghi. Terjemah Tafsir Al-Maraghi. Semarang : CV. Toha Putra. 1988.
Savitri, Evika, Sandi. Khasiat Tumbuhan Berkhasiat Obat Perspektif Islam. Malang: UIN Malang Press. 2008.
Steenis, van. 2006. Flora. Jakarta: pradya Paramita
Syamsuri, Istamar dkk. IPA Biologi untuk SMP Kelas VIII. Malang :    Erlangga. 2007.
Tjitrosoepomo, Gembong. Taksonomi Tumbuhan Spermatophyta. Yogyakarta: UGM press. 2010.





[1] Al-Jazairi, Syaikh Abu Bakar Jabir. Tafsir Al-Qur’an Al-Aisar (Jilid 6). Jatinegara: Darus Sunnah Press. 2009, hlm. 167.
[2]
[3] Mahran, Jamaluddin. Al-Qur’an Bertutur Tentang Makanan dan Obat-Obatan. Yogyakarta: Mitra Pustaka. 2005, hlm.34.
[4] Farooqi, Terapi Herbal Cara Islam. Jakarta: Mizan Publika. 2005, hlm. 27.
[5]Radar Tarakan. 2014. Manfaat Biji Buah Anggur untuk Kesehatan, hlm. 10.
 

Comments