CONTOH LAPORAN PPI



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Universitas Islam Negeri Ar-raniry merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi yang ada di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang terdiri dari berbagai fakultas yang tunduk dibawah civitas akademiknya, salah satunya yaitu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK).Setiap mahasiswa(i) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-raniry diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan ini merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk menyelesaikan akhir masa studi sebelum penyusunan karya ilmiah (skripsi).Sebelum diterjunkan ke lapangan (sekolah latihan), mahasiswa dibina terlebih dahulu selama satu semester melalui mata kuliah Micro Teaching dan untuk selanjutnya diterjunkan ke sekolah latihan.
            Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK)Universitas Islam Negeri Ar-raniry merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai peranan penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah faktor kedisiplinan guru atau siswa dimana dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, agar memperoleh hasil yang lebih baik.
            Sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK)Universitas Islam Negeri Ar-raniry adalah untuk menciptakan tenaga-tenaga pendidik yang profesional dibidangnya, maka salah satu langkah yang ditempuh dalam rangka mempersiapkan tenaga-tenaga pendidik yang profesional adalah dengan menetapkan mata kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL).
            Dalam mata kuliah PPL ini, para mahasiswa dapat melatih diri sampai dimana kemampuannya serta dapat menerapkan secara langsung ilmu-ilmu yang telah didapat selama kuliah, dan diharapkan setelah pelaksanaan PPL nantinya mahasiswa menjadi tenaga siap pakai dikemudian hari.
            Salah satu lembaga pendidikan yang menampung mahasiswa praktikan FTK UIN Ar-raniry adalah SMP Negeri 8Banda Aceh Kota Banda Aceh.Penetapan mahasiswa praktikan pada sekolah tersebut untuk periode ini adalah dimulai dari tanggal13Oktober 2014.

B.     Tujuan dan Manfaat
1.      Tujuan Umum
a.       Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman nyata dalam mengaplikasikan teori pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
b.      Meningkatkan kompetensi profesional guru dalam hal kegiatan belajar mengajar.
c.       Memberikan pengalaman langsung dan nyata sebagai usaha meningkatkan keterampilan mengolah kegiatan belajar.
d.      Mendorong mahasiswa FTK UIN Ar-raniry untuk selalu mengawas diri atas kegiatan profesional sebagai tolak ukur peningkatan kemampuan guru.
e.       Memberikan pengalaman nyata sebagai usaha meningkatkan sikap profesionalisme keguruan.
2.      Tujuan Khusus
a.       Diharapkan mahasiswa praktikan memiliki pengetahuan teoritis dan praktis tentang kegiatan belajar mengajar.
b.      Diharapkan mahasiswa praktikan memiliki keterampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis kedalam praktek lapangan (teaching dan non teaching).
c.       Diharapkan kepada mahasiwa dapat memiliki komitmen terhadap tugas-tugas professional, antara lain melayani siswa, meningkatkan keahlian, menyesuaikan diri dengan tuntutan profesional yang semakin berkembang dan memberikan pengetahuan dan pelayanan kepada masyarakat banyak.

C.    Waktu dan Tempat
Waktu : Dari Tanggal 13 Oktober 2014 Sampai Tanggal 20 Desember 2014
Tempat : Di SMP NEGERI 8 BANDA ACEH
























BAB II
KEGIATAN-KEGIATAN PPL
           
            Agar pelaksanaan PPL terlaksana dengan baik, usaha pelaksanaan itu harus berencana dan tersusun dengan baik pula, agar dapat tercapai target yang diinginkan. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan meliputi 4 hal:
  1. Observasi lapangan.
  2. Pelatihan keterampilan mengajar dan tugas-tugas keguruan lainnya secara terbimbing.
  3. Pelatihan keterampilan mengajar dan tugas-tugas keguruan lainnya secara mandiri.
  4. Ujian praktek dan penyusunan laporan akhir.

A.      Gambaran Umum Lokasi PPL
Pelaksanaan kegiatan observasi lapangan merupakan bagian dari kegiatan PPL yang dilakukan pada minggu pertama mahasiswa berada pada sekolah latihan. Kegiatan ini dilakukan agar mahasiswa calon guru dapat berbaur dengan lingkungan sekolah tempat pelaksanaan PPL, dengan demikian diharapkan kepada mahasiswa PPL dapat mengikuti sebagai mana yang diharapkan.
Materi observasi yaitu meliputi:
  1. Keadaan fisik sekolah, lingkungan dan hubungan fungsional sekolah dengan masyarakat.
  2. Tata tertib guru dan siswa.
  3. Karakteristik siswa, guru, kepala sekolah, dan tenaga administrasi.
  4. Kurikulum yang berlaku disekolah.
  5. Media, sumber belajar dan laboratorium.
  6. Administrasi sekolah baik akademik maupun non akademik.
  7. Pola hubungan fungsi dan struktur organisasi antara kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, dan siswa.
8.      Strategi belajar mengajar dalam bidang studi serta evaluasinya.
  1. Organisasi intra dan ekstra sekolah dengan berbagai kegiatannya.
  2. Komite sekolah dan organisasi sekolah lainnya.
Adapun data yang dikumpulkan tentang sekolah SMPNegeri 8Banda Aceh Kota Banda Aceh secara rinci adalah :
a.      Identitas sekolah
1.      Nama Sekolah                         : SMP Negeri 8 Banda Aceh
2.      No dan Tgl Penegerian SK     : 0788/O/1979 Tgl. 05September 1979
3.      Tempat                                    : SMP Negeri 8 Banda Aceh
4.      No. Statistik Sekolah (NSS)   : 201066104008
5.      No. Induk Sekolah (NIS)        : 10105391
6.      Akreditasi                                : (A) Amat baik
7.      Alamat Sekolah                       :Jln.Hamzah Fansuri No.1 KOPELMA
8.      Telpon / Fax                            : 0651-755776
9.      Kecamatan                              : Syiah Kuala
10.  Kabupaten/ Kotamadya          : Banda Aceh
11.  Propinsi                                   : Aceh

b.      Keadaan fisik sekolah.
Saat ini Fasilitas yang ada di sekolah SMPNegeri 8Banda Aceh tersebut antara lain :
-          Luas Tanah
1)        Luas Tanah Seluruhnya         : 14.649 m2
2)        Bangunan Sekolah                :3.409 m2
3)        Lapangan Olah Raga                        : 672 m2
4)        Lain-lain                                :  10.568 m2

-          Jumlah Bangunan   
1)        Ruang Lab IPA                     : 1 ruang
2)        Ruang Lab Bahasa                : 1 ruang
3)        Ruang Matematika                : 1 ruang
4)        Ruang Lab Komputer           : 1 ruang
5)        Perpustakaan                         : 1 ruang
6)        Ruang BP                              : 1 ruang
7)        Mushalla                                : 1 ruang
8)        Koperasi/Toko                       : 3 buah
9)        Ruang UKS                          : 1 buah
10)    Ruang Guru                          : 2 ruang
11)    Ruang Kepala Sekolah          : 1 ruang
12)    Ruang Wakil Kepsek            : 2 ruang
13)    Ruang TU                             : 1 ruang
14)    Ruang Osis                            : 1 ruang
15)    WC Guru Laki-laki               : 1 buah
16)    WC Guru Perempuan            : 1 buah
17)    WC Siswa Laki-laki              : 6 buah
18)    WC Siswa Perempuan          : 6 buah
19)    Lapangan Olah Raga                        : 2 buah
20)    Tempat parkir                        : 2 buah
21)    Ruang Komputer                  : 1 ruang
22)    Ruang Multimedia                : 1 ruang
23)    Lapangan Volley                   : 1 buah
24)    Lapangan Basket                  : 1 buah

-          Luas Bangunan
1)        Ruang Belajar                       : 21 ruang                    1.449 m2
2)        Ruang Lab IPA                     : 1 ruang                      252 m2
3)        Ruang Lab Kimia                  : -                                             -
4)        Ruang Lab Bahasa                : 1 ruang                      252 m2
5)        Perpustakaan                         : 1 ruang                      252 m2
6)        Ruang BP                              : 1 ruang                      108 m2
7)        Mushalla                                : 1 buah                       240 m2
8)        Koperasi/Toko                       : 3 buah                       90 m2
9)        Ruang Guru                          : 2 ruang                      126 m 2
10)    Ruang Kepsek                       : 1 ruang                      32 m2
11)    Ruang Wakasek                    : 2 ruang                      32 m2
12)    Ruang TU                             : 1 ruang                      42 m2
13)    Kamar Mandi, WC               : 14 ruang                    48 m2
14)    Ruang Multimedia                : 1 ruang                      169 m2


PERANGKAT SEKOLAHSMP NEGERI 8BANDA ACEH

o  Kepala Sekolah                            : Muhammad, S.Pd. M. Pd
  Nip. 196302101989021001
o  Wakasek Kurikulum                    : Yusni, S.Pd
  Nip. 195910071981102001
o  Wakasek Kesiswaan                    : Islamiah
  Nip. 196231121985122020
o  Wakasek Tata Usaha                    :Usman
Nip. 196104251981031001
o  Wakasek Humas                          : Abdurrahman, S.Ag
Nip. 196402191987031012


PENGAJARAN
o  Koordinator                                 : Yusni, S.Pd
o  Anggota                                       :  Jamaluddin, S.Pd
   Suryanti, S.Pd
Fauziah, S.Pd

TATA USAHA
o  Kepala Tata Usaha                       : Usman
o  Pegawai Tata Usaha                     : Hj. Fatimah
  Cut Asniwati
  Kartini
Fuadi
  Sofyani
  Amiruddin
  Ruhaiyah, A.Md
  Rusmiani (Peg. Honor)
  Mairina (Peg. Honor)
  Anwar (Bakti)
  Sri Wahyuni (Bakti)

BIMBINGAN KONSELING
o  Koordinator                                 : Dra. Siti Halimah
o  Anggota                                       : Sri Wahyuni, S.Pd

PUSTAKA
o  Penanggung JawabPerpustakaan             : Sakdiah, A.Md.Pd
o  Unit Teknis                                              : Nurlaila, A.Md.Pd
o  Unit Palayanan                                         : Ruhaiyah, A.Md

DAFTAR NAMA-NAMA WALI KELAS TAHUN PELAJARAN  2014/2015

Kelas
Nama Wali Kelas
NIP
1.
VII-1
Ramlah, S. Pd
19611231 198403 2 000
2.
VII-2
Alfi Syahriah, S. Pd
19741002 200008 2 001
3.
VII-3
Hatimah, S. Pd
19650702 200003 2 002
4.
VII-4
Tharmuliati, S. Pd
19630714 199903 2 001
5.
VII-5
Ratna Dewi, S. Pd
19792508 200801 2 002
6.
VII-6
Nurhayati, S. Pd.I
19560406 198503 2 001
7.
VII-7
Mariani, S. Pd
19651231 198903 2 040

No
Kelas
Nama Wali Kelas
NIP
1.
VIII-1
Darmawati, S. Pd
19620308 198412 2 002
2.
VIII-2
Nurkamaliah, S. Pd
19801208 200312 2 003
3.
VIII-3
Dra. Nursina
19660817 199801 2 001
4.
VIII-4
Dahniar, S.Pd
19641231 199905 2 014
5.
VIII-5
Rosmiati Puteh, S.Pd, Bio
19630902 200504 2 002
6.
VIII-6
Mislia, S. Pd
19760816 200504 2 002
7.
VIII-7
Ainal Mardhiah, S. Pd
19601231 198403 2 024



No
Kelas
Nama Wali Kelas
NIP
1.
IX-1
Halimah, S. Pd
19660608 200701 2 003
2.
IX-2
Fauziana, S. Pd
19740915 199903 2 004
3.
IX-3
Dra. Niswar
19631010 199412 2 001
4.
IX-4
Risnawati, S. Pd, M. Pd
19800205 200212 2 004
5.
IX-5
Darmawati, S. Pd
196606617 199412 2 001
6.
IX-6
Azwinar, S.Pd
19630512 198512 2 001
7.
IX-7
Yulianti, S.Pd
19770104 200801 2 004

c.       Batas-Batas  Lingkungan Sekolah
1.    SMPNegeri 8Banda Aceh berbatasan dengan:
·      Utara               : SD Negeri 69 Banda Aceh
·      Selatan             : SMA LAB School Banda Aceh
·      Timur               : SMA Negeri 5 Banda Aceh
·      Barat                :Aula SMA LAB School Banda Aceh
2.    Kondisi lingkungan  yang mengelilingi sekolah
            Kondisi lingkungan yang mengelilingi sekolah sangat baik, nyaman, aman, dan tenang (tercakup dalam 6 K). SMP Negeri 8 Banda Aceh memiliki pekarangan yang luas, dimana setiap halaman depan  ruang kelas terdapat taman bunga yang indah dan dilengkapi tempat sampah sehingga kebersihan lingkungan sekolah ini sangat terjaga.
3.    Fasilitas Sekolah
1.    Perpustakaan                         : 1 buah / permanen / baik
2.    Ruang belajar                        : 23 buah / permanen / baik
3.    Ruang tata usaha                  : 1 buah / permanen / baik
4.    Ruang BP                             : 1 buah / permanen / baik
5.    Ruang Waka Kurikulum       : 1 buah / permanen / baik
6.    Ruang Osis                           : 1 buah / permanen / baik
7.    Ruang kepala sekolah           : 1 buah / permanen / baik
8.    Ruang dewan guru               : 1 buah / permanen / baik
9.    Lab IPA                                : 1 buah / permanen / baik
10.    Ruang komputer                 : 1 buah / permanen / baik
11.    WC / sumur                        : 4buah / permanen / baik
12.    Mushala                              : 1 buah / permanen / baik

d.      Penggunaan sekolah
1.    Jumlah sekolah yang menggunakan sekolah ini: 1 (satu) sekolah
2.    Jumlah ’Shift’tiap hari :1 Shift

e.       Guru dan Siswa
            Jumlah Guru: 58 orang
a)    Guru Tetap Pria                            : 6
b)   Guru Tetap Wanita                       : 52
c)    Pegawai Tetap Pria                       : 5
d)   Pegawai Tetap Wanita                 : 8
e)    Guru Bantu Pria                           : -
f)    Guru Bantu Wanita                      : -
g)   Guru Tidak Tetap Pria                  : 1
h)   Guru Tidak Tetap Wanita                        : 6
i)     Pegawai Tidak Tetap Pria            : 1
j)     Pegawai Tidak Tetap Wanita       : 3

Jumlah Murid :
Kelas
JumlahKelas
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
VII
7
96
87
183
VIII
7
77
81
158
IX
7
93
87
181
Jumlah
21
266
255
521

f.       Interaksi Sosial
Hubungan antara guru dengan guru, guru dengan siswa, siswa dengan siswa, guru dengan pegawai tata usaha dan hubungan secara keseluruhan di SMPNegeri 8Banda Aceh sangat baik, bersosialisasi tinggi.
  1. Tata Tertib
1.      Untuk Siswa         : Baik
2.      Untuk guru            : Baik
3.      Untuk pegawai      : Baik

  1. Kesan Umum
Secara umum kegiatan belajar mengajar dilakukan secara tertib dan teratur sesuai jadwal dan peraturan yang berlaku di sekolah. Walaupun terdapat banyak kendala. Lokasinya memang berada di dekat jalan raya, namun hal ini tidak membuat kegiatan belajar mengajar menjadi tidak kondusif, karena volume kendaraan yang lewat intensitasnya tidak terlalu banyak.




B.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan mengajar merupakan salah satu kegiatan pokok dalam pelaksanaan PPL. Dalam kegiatan ini, penulis melakukan tatap muka di dalam kelas dan mempraktekkannya langsung metode tehnik mengajar yang diperoleh selama kuliah.
Adapun kegiatan mengajar yang penulis laksanakan selama PPL di SMP Negeri 8 Banda Aceh adalah:
  1. Membuat rincian minggu efektif
  2. Membuat analisis materi pelajaran (silabus)
  3. Membuat program tahunan
  4. Membuat program semester
  5. Membuat kriteria ketuntasan minimal (KKM)
  6. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  7. Mengajar di kelas IX-3, IX-4, IX-5, IX-6, IX-7
  8. Memberi ujian formatif (harian)
  9. Memeriksa setiap tugas yang telah diberikan kepada siswa.
  10. Membuat soal-soal ujian.
  11. Mengikuti upacara PGRI

C.      Kegiatan Non Pembelajaran
Selain kegiatan mengajar penulis juga melaksanakan kegiatan lainnya yaitu seperti kegiatan secara mandiri. Kegiatan mandiri adalah kegiatan di luar jam mengajar, yang dituntut untuk berpartisipasi secara aktif terhadap program-program yang dilaksanakan di sekolah latihan.
Adapun kegiatan mandiri yang penulis laksanakan selama PPL di SMPNegeri8 Banda Aceh yaitu antara lain:
  1. Melaksanakan observasi fisik sekolah
  2. Observasi sarana dan prasarana sekolah
  3. Mengobservasi kegiatan belajar mengajar
  4. Mengikuti rapat bersama guru
e.       Mengikuti upacara bendera
f.       Melaksanakan gotong royong
g.      Menggantikan guru yang tidak hadir pada jam pelajaran
h.      Mengikuti kegiatan sosial yang ada di SMP Negeri 8Banda Aceh
i.        Jadwal kegiatan harian.

D. Ujian Praktek dan Penyusunan Laporan Akhir.
Ujian praktek mengajar dilaksanakan selama 2 minggu yaitu pada minggu terakhir masa PPL di sekolah latihan. Dengan pelaksanaan ujian ini diharapkan mahasiswa PPL dapat mengetahui segala kekurangan pada dirinya baik tanggapannya terhadap lingkungan maupun terhadap proses belajar mengajar. Dengan mengetahui segala kekurangan, maka dapatlah diambil suatu langkah untuk memperbaikinya.
Untuk memberi keterangan tentang hal-hal yang di alami atau dilakukan dalam pelaksanaan PPL di sekolah latihan, maka perlu dibuat suatu laporan yang menguraikan secara teratur mengenai praktikan disekolah latihan.
















BAB III
REFLEKSI TENTANG PENGALAMAN DALAM
MELAKSANAKAN PPL

A. Refleksi tentang pelaksanaan observasi lapangan
Setelah melakukan observasi lapangan di sekolah latihan, refleksi yang didapat dengan informasi akurat berdasarkan wawancara dengan guru, pegawai dan para siswa serta pantauan oleh penulis sendiri didapatkan hasil-hasil pengamatan yang cukup baik.
            Keadaan fisik sekolah sesuai untuk sarana pendidikan. Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Banda Aceh mempunyai ruangan yang memadai dan ukuran ruang kelas sesuai untuk pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM). Kegiatan ini juga didukung dengan adanya laboratorium komputer, pustaka, mushala, sehingga dari sekolah latihan  ini kegiatan mengajar dan tugas-tugas keguruan lainnya secara terbimbing terlaksana sebagaimana yang ditetapkan.
            Interaksi lingkungan SMP Negeri 8 Banda Aceh memiliki tenaga mengajar yang mencukupi. Hal ini dapat menunjang keberhasilan Proses Belajar Mengajar (PBM) disebabkan semua tenaga pendidik dapat mengajar pada bidang studinya masing-masing dengan jadwal mengajar yang sesuai sebagaimana yang ditetapkan.

B. Refleksi tentang pelaksanaan pelatihan keterampilan mengajar dan tugas-tugas keguruan lainnya secara terbimbing.
            Dalam pelatihan terbimbing, perhatian lebih difokuskan terhadap persiapan mengajar, penerapan dan keterampilan dasar mengajar secara integrasi dalam latar alamiah dan bervariasi, pengolahan proses belajar mengajar dan dampaknya terhadap siswa.
            Berdasarkan alasan diatas, penulis sebagai calon guru dituntut untuk dapat menerapkan kemampuan mengajar secara utuh dan terintegrasi melalui pembelajaran bidang studi spesialisasi pada siswa di kelas. Dengan bimbingan yang intensif dari guru pembimbing dan dosen pembimbing.
Pelaksanaan kegiatan pelatihan mengajar terbimbing meliputi:

  1. Penyusunan program tahunan, semester dan harian serta analisis materi pembelajaran
Dalam penyusunan program ini penulis langsung dibimbing oleh guru pembimbing dengan penguasaan kepada calon guru untuk menyusun program terlebih dahulu. Adapun program tersebut adalah program tahunan, semester, dan harian. Setelah penyusunan ini selesai penulis berkonsultasi dengan guru pembimbing guna perbaikan-perbaikan.

  1. Pengembangan materi, Media belajar dan Sumber belajar
Dalam hal ini calon guru dibimbing langsung oleh guru pembimbing melalui penyediaan materi, media dan sumber pembelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran yang dibimbing.

  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing dengan Kurikulum KTSP. Kelas yang menjadi pelatihan keterampilan mengajar bagi penulis adalah:

Jam Pelajaran
Hari
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
I
IX-3


IX-6
IX-5

II
IX-3


IX-6
IX-5

III
IX-3

IX-7
IX-6
IX-4

IV
IX-3
IX-7
IX-7

IX-4

V

IX-7
IX-7
IX-5
IX-4

VI
IX-4

IX-6
IX-5

IX-3
VII
IX-4

IX-6
IX-5

IX-3

Jika terjadi kesalahan yang dilakukan penulis atau calon guru maka guru pembimbing akan memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis setelah PBM di kelas.

  1. Pelaksanaan penilaian hasil.
Penulis (calon guru) diberi tugas oleh guru pembimbing untuk menilai hasil evaluasi dan tugas siswa, yang kemudian diseleksi kembali oleh guru pembimbing dan diberi bimbingan dengan sistem penilaian yang tepat.Pembentukan guru yang profesional tidaklah hanya mengadakan atau melaksanakan tugas guru mengajar saja dan mengabaikan tugas-tugas keguruan lainnya, seperti piket.

C. Refleksi Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-Tugas Keguruan Lainnya Secara Mandiri.
Dalam mengajar calon guru dibimbing dan diawasi, tindakan ini dilakukan minimal 2 kali pertemuan. Setiap selesai mengajar guru pembimbing memberikan masukkan untuk perbaikan. Setelah melaksanakan kegiatan belajar terbimbing maka akan diberikan kesempatan untuk mengajar mandiri yaitu mengajar tanpa menghadirkan guru pembimbing.Pelaksanaan keterampilan mengajar dan tugas-tugas lainnya secara mandiri yang pernah dilaksanakan pada saat berada disekolah latihan adalah sebagai berikut:
  1. Membantu tugas guru pembimbing
  2. Membantu guru senior yang berhalangan hadir
  3. Membantu dalam kesulitan-kesulitan siswa
  4. Membantu tugas–tugas pengajaran

D. Refleksi Tentang Pelaksanaan Ujian Praktek dan Penyusunan Laporan Akhir.
            Pelaksanaan ujian praktek dilakukan pada minggu terakhir pelaksanaan PPL di sekolah latihan. Sebelum penilaian dilakukan maka mahasiswa praktikan harus membuat persiapan-persiapan mengajar sebaik mungkin yang siap digunakan pada saat ujian dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan kegiatan formal yang harus dilakukan untuk menilai mahasiswa dalam pelaksanaan PPL.
            Selain ujian praktek mengajar, penilaian mahasisa PPL juga dilaksanakan dengan menilai susunan laporan akhir setiap mahasiswa. Laporan ini merupakan prasyarat yang telah dibebankan oleh IDC-PPL.


























BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
  1. Program Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu kegiatan intra kurikuler yang diwajibkan bagi setiap mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dalam bentuk latihan dan praktek kependidikan sehingga mahasiswa dapat memiliki seperangkat kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional guru.
  2. Dalam melaksanakan Program Belajar Mengajar masih ditemui hambatan-hambatan, dengan demikian seorang calon guru dapat lebih terlatih dalam menghadapi hambatan tersebut dikemudian hari.
  3. Keberhasilan guru dalam mengajar sangat tergantung dalam penguasaan materi dan keterampilan dalam menjelaskan materi tersebut.
  4. Dalam melakukan PPL penulis telah memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang cara mengajar seorang guru yang diharapkan oleh lembaga pendidikan.

B. Saran
  1. Mengingat waktu PPL yang begitu singkat, maka hendaknya mahasiswa calon guru dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Sebab merupakan pengalaman yang sangat berguna dalam mengembangkan profesinya sebagai calon guru yang profesional.
  2. Sebagai seorang calon guru, mahasiswa PPL harus mengetahui kode etik seorang guru.
  3. Demi kelancaran pelaksanaan PPL di masa datang, mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah PPL hendaknya mempersiapkan diri sebelum terjun ke sekolah latihan, terutama penguasaan materi dan kesiapan mental dalam beradaptasi dengan lingkungan.
  4. Diharapkan kepada setiap guru pamong agar benar-benar membimbing dan mengarahkan mahasiswa praktikan selama mereka dalam program praktek PPL. Hal ini bertujuan untuk mencetak kader-kader calon pendidik yang profesional dan handal dalam bidangnya masing-masing.




                                                                                                           
Menyetujui,                                                                       Banda Aceh, 01 Desember 2014
Guru Pamong                                                                    Mahasiswa Praktikan




Dra. Niswar                                                                     Fahada Rizqi
Nip:19631010 199412 2 001                                            Nim: 211120988
        












Comments