RPP AZAN DAN IQAMAH PRAKTIK




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah / Madrasah       : SMP NEGERI 8 BANDA ACEH
Mata pelajaran / tema              : Fiqih/ Praktik Azan Dan Iqamah
Kelas / Semester                      : VII / I
Materi Pokok                          : Adzan dan Iqamah
Pertemuan Ke                         :
Alokasi waktu                         : 2 X 40 Menit

  1. Kompetensi Inti
K.1.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
K.1.2 Menghargai dan menghayati prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K.1.3   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena kejadian tampak mata.
K.1.4   Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.



  1. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1  menghayati makna adzan dan iqamah
1.1.1  mengimani pelaksannan adzan tepat waktu
1.1.2  menunjukkan selalu lafaz adzan dan iqamah itu sesuai dengan makharijul huruf
2.
2.1  membiasakan adzan dan iqamah
2.1.1  menerapkan adzan ketika waktu shalat
2.1.2  menerapkan adzan dan iqamah ketika shalat berjamaah dalam suatu majlis
2.1.3  menghormati waktu adzan ketika dikumandangkan
3.
3.1  memahami ketentuan adzan dan iqamah
3.1.1  mengulang penjelasan adzan dan iqamah
4.
4.1  mempraktikkan adzan dan iqamah
4.1.1  mendemonstrasikan tata cara adzan
4.1.2  mempraktikkan bacaan adzan untuk siswa laki-laki
4.1.3  mempraktikkan bacaan iqamah bagi siswi perempuan

  1. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa laki-laki dapat mempraktikkan bacaan adzan
2.      Siswi perempuan dapat mempraktikkan bacaan iqamah
3.      Siswa dapat mengulang penjelasan adzan dan iqamah.

  1.  Materi Pembelajaran
-          Praktik adzan dan iqamah
 (Terlampir)
  1. Metode Pembelajaran 
Pendekatan     :           Scientifik (pendekatan)
Strategi            :           Poster comment (mengomentari poster)
Metode            :           ceramah, tanya jawab, praktek

  1. Media, Alat, dan Sumber belajar
*        Media                  :             potongan gambar / peta konsep
                                          Potongan kertas
                                          LKS
*        Alat                     :             lem, kartun, gunting, kertas, isolasi, spidol.
*        Sumber belajar     :
-          Fiqih untuk MTs/SMP Islam kelas VII
Nor Hadi. Hal 47
-          Fiqih kelas VII MTs
Pengarang Sudarko
Penerbit Aneka Ilmu Tahun 2008. Hal 54
-          Pengalaman siswa
-          Al Qur’an dan Terjemahannya



  1. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
NO.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
-          Memberi salam dan berdoa
-          Memulai pelajaran dengan membaca alquran surat pendek dengan lancar dan benar (nama surat yang ditentukan)
-          Memperhatikan kesiapan siswa dengan mengabsen kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian, posisi dan tempat duduk disesuikan dengan kegiatan pembelajaran
-          Guru menyapa dengan menanyakan keadaan peserta didik
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari seputar ketentuan rukun shalat
-          Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya, berdiskusi mengkomunikasikan dengan cara menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi.

2.
Kegiatan Inti
  1. Mengamati
-          Mengamati media peta konsep di karton yang ditempelkan di papan tulis
-          Mengamati informasi yang berkaitan dengan adzan dan iqamah
-          Menyimak dan membaca materi pembelajaran tentang pengertian adzan dan iqamah, hukum adzan dan iqamah, dan menyebutkan sunnah-sunnah pada waktu adzan dan iqamah
  1. Menanya
-          Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar praktek adzan dan iqamah, hukum adzan dan iqamah, dan menyebutkan sunnah-sunnah pada waktu adzan dan iqamah
-          Siswa bertanya cara praktek adzan
-          Siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan materi pembelajaran secara santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  1. Mencoba
-          Siswa berdiskusi tentang praktek materi pembelajaran adzan dan iqamah
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja masing-masing di depan dengan bimbingan guru
-          Siswa mengumpulkan hasil kerjanya masing-masing.
  1. Asosiasi / menalar
-          Menganalisis, mengoreksi dan memperbaii hasil kerja masing-masing
-          Setiap siswa membuat kesimpulan tentang materi diskusi.
  1. Komunikasi
-          Mengumpulkan hasil kerja masing-masing per individu
-          Siswa yang lain menanggapi hasil kerja temannya.

3.
Kegiatan Akhir
-          Melaksanakan penilaian dengan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
-          Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individual maupun kelompok bagi peserta didik yang belum menguasai materi.
-          Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


  1. Penilaian
1.      Teknik                   :           Tes tertulis, penugasan
2.      Bentuk instrumen  :           Uraian
LKS
3.      Instrument             :           Terlampir
  

          Mengetahui                                                           
       Kepala Sekolah,                                                    Guru Mata Pelajaran,



Muhammad,S.pd,m. pd                                              Nurhayati S,Pdi      
          NIP : 196302101989021001                                        NIP : 195604061985032001
  








  Butir-butir soal
  1. Tuliskan doa sesudah azan !
  2. Tuliskan bacaan setelah dikumandangkan حيّ على الصّلا ة
  3. Tuliskan bacaan setelah dikumandangkan حىّ عل الفلاح
  4. Tuliskan lafal iqamah !

Kunci jawaban 

 
1.      اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدً الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ، وَابْعَثْهُ   
 مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ، إِنَّكَ لاَ تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ
2.       لآ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ                                                
3.      لآ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْم                                                 
4.      اَللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ                                                                     
أَشْهَدُ اَنْ لآَّ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ
أَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا الرَّسُوْلُ اللهُ
حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ
اَللهُ اَكْبَرُ اللهُ اَكْبَرُ
لآ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ


Rubrik
Soal yang benar 1 akan  diberi nilai 25 dan jika benar 4 maka nilainya 100.



















Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus sekali
Cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan A
Selalu mendengarkan teman yang berbicara
              (3)
Mendengarkan teman yang berbicara namun masih sesekali masih perlu diingat
             (2)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
               (1)
Komunikasi B non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi, wajah, suara).
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat
             (3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
            (2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
                (1)
Partisipasi C menyampaikan, ide, perasaan, dan pikiran
Isi pembicaraan menginspirasi teman selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
             (3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci merespons sesuai dengan topik
              (2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung
                (1)
Kerututan D berbicara
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal sampai akhir
              (3)
Menyampaikan pendapatnya secara runtut tapi  belum konsisten
              (2)
Masih perlu berlatih untuk berbicara runtut
               (1)

Catatan : centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Penilaian : Total nilai x
                                    12

Contoh : 2+3+1+2x10 = 8 x10=6,7
                        12            2



Penilaian diskusi
NO.
Nama
Aspek yang dinilai









 
Mendengarkan Komunikasi  Partisipasi   Keruntutan
Skor nilai
Maksimal



 1       2       3     1      2      3   1      2      3 1      2       3










































Catatan :
             Kolom nilai diisi dengan angka yang sesuai
1=  kurang
2= sedang                                           6x100 = 50
3=  baik                                                  2
4= amat baik




Penilaian Antar Peserta Didik

                           Nama Peserta Didik             :
                           Kelas                                    :
                           Tanggal pengmatan              :
                           Subtema                               :

1. Bacalah pernyataan yang ada didalam kolom dengan teliti
2. Berilah tanda cheklist (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari

NO.
Prilaku
Dilakukan / Muncul
        Ya                  Tidak
1.
Mau menerima pendapat teman

2.
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya

3.
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan

4.
Mau bekerja sama dengan sesama teman

5.
Bekerja sama dalam kelompok










Observasi Sikap Spiritual
     Nama Peserta Didik                      :
     Kelas                                             :
     Tanggal Pengamatan                     :
     Subtema                                        :

NO.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat / prestasi




4.
Selalu menjaga kebersihan pada badan, tempat, dan pakaian.




5.
Selalu shalat tepat waktu ketika adzan dikumandangkan





Jumlah skor


Kriteria Penilaian
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan dan kadang-kadang tidak melakukan
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.





Lembar Penilaian Diri Sikap Jujur
         Nama Peserta Didik                  :
         Kelas                                         :
         Subtema                                    :
         Tanggal                                      :

Berilah tanda cheklist (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
NO.
Pernyataan
1
2
3
4
1.
Saya menyontek pada saat mengerjakan ulangan




2.
Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas




3.
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika saya menemukan barang




4.
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan




5.
Saya mengerjakan ujian tanpa melihat jawaban yang lain





Keterangan :
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2. kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3. sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4. selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

Comments