RPP FIQIH BAB HADAS BESAR




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama sekolah / Madrasah       : Mts Lam Ujoeng
Mata pelajaran / tema              : Fiqih
Kelas / Semester                      : VII / I
Materi Pokok                          : Hadast Besar
Pertemuan Ke                         :
Alokasi waktu                         : 2 X 40 Menit

  1. Kompetensi Inti
K.1.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
K.1.2 Menghargai dan menghayati prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,  gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K.1.3   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena kejadian tampak mata.
K.1.4   Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.



  1. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1  menyakini ketentuan bersuci dari hadast  besar
1.1.1 menunjukkan konsep bersuci              sesuai dengan alqur’an dan hadist
2.
2.1  menghayati cara bersuci dari hadast besar
2.1.1 bersedia mengikuti cara bersuci
2.1.2 bersedia membersihkan diri dalam kehidupan sehari-hari
3.
3.2  memahami hadast dan tata cara mensucikannya.
3.2.1 menyebutkan pengertian hadast
3.2.2 menyebutkan dalil tentang hadast besar
3.2.3 menyebutkan macam-macam hadast besar
3.2.4 menjelaskan tata cara menghilangkan hadast besar (mandi janabah)
3.2.5 menyebutkan syarat-syarat mandi, rukun mandi dan sunnah mandi
3.2.6 menerapkan tata cara bersuci dari hadast besar
4.
4.3  mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadast besar
4.3.1 mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadast besar (mandi janabah)

  1. Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian hadast besar
  2. Siswa dapat melafalkan dalil tentang hadast besar
  3. Siswa dapat menyebutkan macam-macam hadast besar
  4. Siswa dapat menyebutkan syarat mandi, rukun mandi, sunnah mandi
  5. Siswa dapat mengerjakan tata cara mandi janabah

  1.  Materi Pembelajaran
1.      Hadast besar adalah keadaan seseorang tidak suci, dan supaya ia menjadi suci maka ia diwajibkan mandi dan jika tidak ada air atau berhalangan bisa dengan tayamum
2.       -    Dalil
-       Syarat-syarat mandi
-       Rukun mandi
-       Sunnah mandi
(Terlampir)

  1. Metode Pembelajaran 
Pendekatan     :           Scientifik
Strategi            :           Poster comment (mengomentari poster)
Metode            :           Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
  1. Media, Alat, dan Sumber belajar
*        Media                         :           potongan gambar / peta konsep
                                               Potongan kertas
                                               LKS
*        Alat                            :           lem, kartun, gunting, kertas, isolasi, spidol.
*        Sumber belajar            :           fiqih untuk Mts / Smp kelas VII
                                                           Nor hadi hal 8
                                               :           fiqih untuk Mts / Smp kelas VII
                                                           Sudarko hal 10-13
                                               :           Al Qur’an dan Terjemah

  1. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
NO.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
-          Memberi salam dan berdoa
-          Memulai pelajaran dengan membaca alquran surat pendek dengan lancar dan benar (nama surat yang ditentukan)
-          Memperhatikan kesiapan siswa dengan mengabsen kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian, posisi dan tempat duduk disesuikan dengan kegiatan pembelajaran
-          Guru menyapa dengan menanyakan keadaan peserta didik
-          Menyampaikan kompetensi dasar sesuai dengan materi yang akan dicapai.
-          Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya, berdiskusi mengkomunikasikan dengan cara menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi.


2.
Kegiatan Inti
  1. Mengamati
-          Mengamati media peta konsep dikarton yang ditempelkan di papan tulis
-          Mengamati informasi lainnya yang berkaitan dengan hadas besar yang diperkaya di media karton
  1. Menanya
-          Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar hadas besar, syarat mandi, rukun mandi, sunnah mandi
-          Siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan materi pembelajaran secara santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
-          Menanyakan tentang dalil tentang hadast besar
  1. Mencoba
-          Siswa duduk dalam kelompoknya bekerja sama dengan mengisi LKS yang tersedia
-          Secara berkelompok berdisusi tentang materi yang berbeda di tiap-tiap kelompok pembelajaran hadast besar dan dalilnya
Kelompok I   : Syarat Mandi
Kelompok II  : Rukun Mandi
Kelompok III : Sunnah Mandi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di papan tulis dengan bimbingan guru
-          Berdiskusi memahami tugas yang terdapat dalam LKS.
  1. Asosiasi / menalar
-          Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang materi diskusi
-          Menyelesaikan tugas yang terdapat dalam LKS
-          Mengerjakan latihan yang terdapat dalam buku siswa halaman ...
-          Guru membimbing siswa dalam mengerjakan tugas
-          Berlatih melafalkan dalil tentang hadast besar
  1. Komunikasi
-          Mengumpulkan hasil kerja masing-masing kelompok
-          Perwakilan setiap kelompok menjelaskan tentang materi diskusi
-          Siswa yang lain menanggapi hasil presentasi kelompok lain
-          Guru memberi penguatan tentang materi diskusi
-          Membuat kesimpulan dan dibantu guru.

3.
Kegiatan Akhir
-          Melaksanakan penilaian dengan refleksi
-          Peseta didik mengerjakan tugas individu
-          Guru memberikan tugas kepada siswa dikerjakan di rumah (PR)
-          Pesan moral
-          Menyampaikan materi selanjutnya
-          Menutup pelajaran dengan membaca doa sesuai dengan ajaran agama Islam (Doa akhir pertemuan)
-          Memberi salam.


  1. Penilaian
-          Teknik                   :           Tes tertulis, penugasan
-          Bentuk instrumen  :           Uraian
LKS
-          Instrument             :           Terlampir
  
          Mengetahui
       Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran



Bambang Irawan, S,S.Ag                                                  Uswatun Hasanah           
          NIP : 197106301999051001                                        NIP : 198209302009012008
Butir-butir soal :
  1. Jelaskan pengertian Hadast Besar!
  2. Sebutkan macam-macam Hadast Besar!
  3. Jelaskan pengertian mandi janabah!
  4. Sebutkan syarat-syarat dan sunnah-sunnah mandi!
  5. Apa yang dimaksud dengan Nifas?
   
Kunci Jawaban
  1. Hadast besar adalah keadaan seseorang yang tidak suci, dan supaya ia menjadi suci maka ia diwajibkan mandi dan jika tidak ada air atau berhalangan bisa dengan tayamum.
  2. Macam-macam hadast besar:
-          Bersetubuh
-          Keluar mani
-          Meninggal
-          Haid
-          Nifas
-          Wiladah
  1. Mandi janabah adalah:
Perkatan mandi dalam bahasa arab disebut الغسل yang artinya membasuh badan. Pengertian mandi menurut syari’at Islam adaah menyiram atau merataan air ke seluruh tubuh, mulai dari ujung jari-jari kaki sampai ujung rambut yang disertai dengan niat.
  1. Syarat-syarat mandi:
-          Beragama Islam
-          Tamyiz atau mumayyiz
-          Dengan menggunakan air mutlak (air suci mensucikan)
-          Tidak ada yang menghalangi sampainya air ke anggota badan; misalnya getah, cat, dan sebagainya.
-          Tidak dalam keadaan haid atau nifas.
Sunnah-sunnah mandi:
-          Membaca Basmalah pada permulaan mandi
-          Berwudhu sebelum mandi
-          Mencuci kedua telapak tangan tiga kali
-          Membersihkan dan embasuh alat kelamin
-          Menggosok-gosok seluruh badan dengan tangan
-          Menyela-nyela rambut dengan air
-          Mendahulukan anggota badan yang kanan dari yang kiri, seperti yang sering dilakukan Rasulullah SAW.
-          Berturut-turut.
  1. Nifas adalah darah yang keluar dari rahim perempuan setelah melahirkan. Masa keluarnya biasanya empat puluh hari kadang juga ada yang lebih.
Rubrik
Soal yang benar 1 akan  diberi nilai 20 dan jika benar 5 maka nilainya 100.








LKS
Tuliskan cara membersihkan hadast besar!


 


           







 






                                     
 









                                                          


Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus sekali
Cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan A
Selalu mendengarkan teman yang berbicara
              (3)
Mendengarkan teman yang berbicara namun masih sesekali masih perlu diingat
             (2)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
               (1)
Komunikasi B non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi, wajah, suara).
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat
             (3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
            (2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
                (1)
Partisipasi C menyampaikan, ide, perasaan, dan pikiran
Isi pembicaraan menginspirasi teman selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
             (3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci merespons sesuai dengan topik
              (2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung
                (1)
Kerututan D berbicara
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal sampai akhir
              (3)
Menyampaikan pendapatnya secara runtut tapi  belum konsisten
              (2)
Masih perlu berlatih untuk berbicara runtut
               (1)

Catatan : centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Penilaian : Total nilai x
                                    12

Contoh : 2+3+1+2x10 = 8 x10=6,7
                        12            2



Penilaian diskusi
NO.
Nama
Aspek yang dinilai









 
Mendengarkan Komunikasi  Partisipasi   Keruntutan
Skor nilai
Maksimal



 1       2       3     1      2      3   1      2      3 1      2       3










































Catatan :
             Kolom nilai diisi dengan angka yang sesuai
1=  kurang
2= sedang                                           6x100 = 50
3=  baik                                                  2
4= amat baik




Penilaian Antar Peserta Didik

                           Nama Peserta Didik             :
                           Kelas                                    :
                           Tanggal pengmatan              :
                           Subtema                               :


1. Bacalah pernyataan yang ada didalam kolom dengan teliti
2. Berilah tanda cheklist (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari

NO.
Prilaku
Dilakukan / Muncul
        Ya                  Tidak
1.
Mau menerima pendapat teman

2.
Saling menolong antar sesama teman

3.
Bekerja sama dalam kelompok

4.
Mamaksa teman untuk menerima pendapatnya

5.
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan









Observasi Sikap Spiritual
     Nama Peserta Didik                      :
     Kelas                                             :
     Tanggal Pengamatan                     :
     Subtema                                        :

NO.
Aspek Pengamatan
Skor
1          2            3          4
1.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
2.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

3.
Selalu menjaga kebersihan pada tempat dan pakaian

4.
Menjaga tata tertib di dalam kelas

5.
Selalu membersihkan diri dari hadast besar


Jumlah skor


Kriteria Penilaian
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan dan kadang-kadang tidak melakukan
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.






Lembar Penilaian Diri Sikap Jujur
         Nama Peserta Didik                  :
         Kelas                                         :
         Subtema                                    :
         Tanggal                                      :
Berilah tanda cheklist (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
NO.
Pernyataan
1
2
3
4
1.
Saya menyelesaikan soal ujian tanpa melihat jawaban dari teman




2.
Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkannya




3.
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan




4.
Saya tidak bekerja sama dalam kelompok




5.
Saya tidur di dalam kelas ketika jam pelajaran berlangsung





Keterangan :
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2. kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3. sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4. selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

Comments