RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
sekolah / Madrasah : MTs Lam Ujoeng
Mata pelajaran / tema : Fiqih/ Azan Dan Iqamah
Kelas
/ Semester : VII / I
Materi
Pokok : Adzan dan Iqamah
Pertemuan
Ke :
Alokasi
waktu : 2 X 40 Menit
- Kompetensi Inti
K.1.1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
K.1.2 Menghargai dan menghayati prilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
K.1.3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena kejadian tampak mata.
K.1.4 Mencoba,
mengolah dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang / teori.
- Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.
|
1.1 menghayati makna
adzan dan iqamah
|
1.1.1 mengimani pelaksanaan adzan tepat waktu
1.1.2 menunjukkan selalu lafaz adzan dan iqamah
itu sesuai dengan makharijul huruf
|
2.
|
2.1 membiasakan adzan dan iqamah
|
2.1.1 menerapkan adzan ketia watu shalat
2.1.2 menerapkan adzan dan iqamah ketika shalat
berjamaah dalam suatu majlis
2.1.3 menghormati waktu adzan ketika
dikumandangan
|
3.
|
3.1 memahami ketentuan adzan dan iqamah
|
3.1.1 menyebutkan
pengertian adzan dan iqamah
3.1.2 menunjukkan
hukum adzan dan iqamah
3.1.3 menjelaskan
ketentuan adzan dan iqamah
3.1.4 menyebutkan sunnah-sunnah pada waktu adzan
dan iqamah
3.1.5 menjelaskan keutamaan bagi orang yang
mengumandangkan adzan
|
4.
|
4.1 mempraktikkan adzan
dan iqamah
|
4.1.1 mendemonstrasikan
tata cara adzan
4.1.2 mempraktikkan bacaan adzan dan iqamah
|
- Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian adzan dan iqamah
2.
Siswa dapat menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah
3.
Siswa
dapat menyebutkan sunnah-sunnah pada waktu adzan
4.
Siswa dapat menjelaskan keutamaan bagi orang yang mengumandangkan adzan.
- Materi Pembelajaran
-
Adzan adalah panggilan kepada kaum muslim untuk
menunaikan shalat fardhu secara berjamaah
-
Hukum shalat berjamaah adalah sunnah
(Terlampir)
- Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Scientifik (pendekatan)
Strategi : Poster
comment (mengomentari poster)
Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi
- Media, Alat, dan Sumber belajar
*
Media : potongan gambar / peta konsep
Potongan kertas
LKS
*
Alat : lem, kartun, gunting, kertas,
isolasi, spidol.
*
Sumber belajar :
-
Fiqih untuk MTs/SMP Islam kelas VII
Nor Hadi. Hal 47
-
Fiqih kelas VII MTs
Pengarang Sudarko
Penerbit Aneka Ilmu Tahun 2008. Hal 54
-
Pengalaman siswa
-
Al Qur’an dan Terjemahannya
- Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
NO.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
-
Memberi salam
dan berdoa
-
Memulai
pelajaran dengan membaca alquran surat pendek dengan lancar dan benar (nama surat yang
ditentukan)
-
Memperhatikan
kesiapan siswa dengan mengabsen kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuikan dengan kegiatan pembelajaran
-
Guru menyapa
dengan menanyakan keadaan peserta didik
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari seputar
ketentuan rukun shalat
-
Menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya,
berdiskusi mengkomunikasikan dengan cara menyampaikan, menanggapi dan membuat
kesimpulan hasil diskusi.
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
-
Mengamati
media peta konsep di karton
yang ditempelkan di papan tulis
-
Mengamati
informasi yang berkaitan dengan adzan dan iqamah
-
Menyimak dan membaca materi pembelajaran tentang
pengertian adzan dan iqamah, hukum adzan dan iqamah, dan menyebutkan
sunnah-sunnah pada waktu adzan dan iqamah
-
Mengajukan pertanyaan tentang pentingnya belajar adzan
dan iqamah, hukum adzan dan iqamah, dan menyebutkan sunnah-sunnah pada waktu
adzan dan iqamah
-
Siswa bertanya cara menyelesaikan tugas yang terdapat
dalam LKS
-
Siswa bertanya hal-hal yang berhubungan dengan materi
pembelajaran secara santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
-
Secara berkelompok berdiskusi tentang materi yang
berbeda di tiap-tiap kelompok pembelajaran adzan dan iqamah
-
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok
masing-masing di depan dengan bimbingan guru
-
Berdiskusi memahami tugas yang terdapat dalam LKS.
-
Mengecek kebenaran jawaban di
LKS dengan membuka buku paket
-
Berlatih melafalkan dalil
tentang najis.
-
Memajang karya (jawaban LKS) masing-masing di depan
kelas
-
Menunjukkan dan melafazkan dalil tentang adzan dan
iqamah
-
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
|
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
-
Melaksanakan
penilaian dengan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya.
-
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individual maupun
kelompok bagi peserta didik yang belum menguasai materi.
-
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
|
- Penilaian
1.
Teknik : Tes tertulis, penugasan
2.
Bentuk instrumen : Uraian
LKS
3.
Instrument : Terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Bambang Irawan, S, S.Ag Uswatun
Hasanah S,Pdi
NIP : 197106301999051001 NIP : 198209302009012008
Butir-butir soal :
- Jelasan pengertian adzan!
- Sebutan hukum adzan dan iqamah!
- Sebutkan sunnah-sunnah pada waktu adzan dan iqamah!
4.
Sebutan keutamaan bagi orang yang mengumandangkan adzan!
Kunci
Jawaban
1. Adzan adalah
penggilan kepada kaum muslim untuk menunaikan shalat fardhu secara berjamaah
2. Hukum adzan dan
iqamah adalah sunnah
3. Sunnah-sunnah pada
waktu adzan dan iqamah:
-
Bersuci dari hadast dan najis
-
Menghadap ke arah kiblat
-
Menengok ke kanan waktu membaca: حيّ على الصّلا ة
Dan menengok ke kiri waktu membeca: حىّ عل الفلاح
-
Memasukkan kedua ibu jari ke telinga
-
Dengan suara bagus dan nyaring
-
Dilakukan dengan berdiri
-
Ketika mengumandangkan adzan tidak boleh berbicara
-
Berdoa setelah adzan.
4. Keutamaan muadzin
adalah:
-
Berpenampilan paling indah pada hari kiamat
-
Diampuni dosanya sepanjang suara dan ucapannya dibenarkan
oleh pendengar dan akan memperoleh pahala sebanyak orang yang ikut shalat
bersamanya.
Rubrik
Soal yang benar 1
akan diberi nilai 25 dan jika benar 4 maka nilainya 100.
LKS
|
Rubrik Diskusi
Kriteria
|
Bagus sekali
|
Cukup
|
Berlatih lagi
|
Mendengarkan
A
|
Selalu
mendengarkan teman yang berbicara
(3)
|
Mendengarkan
teman yang berbicara namun masih sesekali masih perlu diingat
(2)
|
Masih
perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
(1)
|
Komunikasi
B non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi, wajah, suara).
|
Merespon
dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat
(3)
|
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(2)
|
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
(1)
|
Partisipasi
C menyampaikan, ide, perasaan, dan pikiran
|
Isi
pembicaraan menginspirasi teman selalu mendukung dan memimpin lainnya saat
diskusi
(3)
|
Berbicara
dan menerangkan secara rinci merespons sesuai dengan topik
(2)
|
Jarang
berbicara selama proses diskusi berlangsung
(1)
|
Kerututan
D berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara runtut dari awal sampai akhir
(3)
|
Menyampaikan
pendapatnya secara runtut tapi belum
konsisten
(2)
|
Masih
perlu berlatih untuk berbicara runtut
(1)
|
Catatan : centang (√) pada bagian yang memenuhi
kriteria
Penilaian
: Total nilai x
12
Contoh
: 2+3+1+2x10 = 8 x10=6,7
12 2
Penilaian diskusi
NO.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
Mendengarkan
Komunikasi Partisipasi Keruntutan
|
Skor
nilai
Maksimal
|
||||||||||||
|
|
1
2 3 1
2 3 1
2 3 1 2
3
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
||||||||||||
|
|
|
|
Catatan :
Kolom nilai diisi dengan angka
yang sesuai
1= kurang
2=
sedang 6x100 = 50
3= baik 2
4=
amat baik
Penilaian
Antar Peserta Didik
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal pengmatan :
Subtema :
1.
Bacalah pernyataan yang ada didalam kolom dengan teliti
2.
Berilah tanda cheklist (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
NO.
|
Prilaku
|
Dilakukan / Muncul
Ya Tidak
|
1.
|
Mau
menerima pendapat teman
|
|
2.
|
Memaksa
teman untuk menerima pendapatnya
|
|
3.
|
Memberi
solusi terhadap pendapat yang bertentangan
|
|
4.
|
Mau
bekerja sama dengan sesama teman
|
|
5.
|
Bekerja
sama dalam kelompok
|
|
Observasi
Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Subtema :
NO.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2.
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3.
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat / prestasi
|
|
|
|
|
4.
|
Selalu
menjaga kebersihan pada badan, tempat, dan pakaian.
|
|
|
|
|
5.
|
Selalu menghormati waktu adzan ketika sedang dikumandangkan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
Kriteria
Penilaian
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan dan kadang-kadang
tidak melakukan
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.
Lembar
Penilaian Diri Sikap Jujur
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Subtema :
Tanggal :
Berilah
tanda cheklist (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
NO.
|
Pernyataan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Saya menyontek pada saat mengerjakan ulangan
|
|
|
|
|
2.
|
Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat
mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
3.
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika saya menemukan barang
|
|
|
|
|
4.
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan
|
|
|
|
|
5.
|
Saya mengerjakan ujian tanpa
melihat jawaban yang lain
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1.
Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2.
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3.
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
4.
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Comments
Post a Comment