RPP FIQIH SHALAT FARDHU




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama sekolah / Madrasah       : Mts Lam Ujoeng
Mata pelajaran / tema              : Fiqih
Kelas / Semester                      : VII / I
Materi Pokok                          : Shalat Fardhu
Pertemuan Ke                         :
Alokasi waktu                         : 2 X 40 Menit

  1. Kompetensi Inti
K.1.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
K.1.2 Menghargai dan menghayati prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,  gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K.1.3   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena kejadian tampak mata.
K.1.4   Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.



  1. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
1.1  menghayati ketentuan shalat lima waktu
1.2.1  mengimani perintah shalat lima waktu
1.2.2  menunjukkan selalu shalat tepat waktu
1.2.3  menunjukkan konsep shalat sesuai al Qur’an dan hadist
2.
2.1  menghayati hikmah shalat lima waktu
2.2.1 menghargai orang yang sedang shalat
3.
3.1  memahami waktu-waktu shalat lima waktu
3.3.1 mengidentifikasikan pengertian shalat lima waktu
3.3.2 menunjukkan dalil-dalil disyari’atkannya shalat lima waktu
3.3.3 menyebutkan syarat-syarat sah shalat fardhu
4.
4.1  mempraktikkan shalat lima waktu
4.4.1  mendemonstrasikan tata cara shalat lima waktu
4.4.2  mensosialisasikan tata cara shalat lima waktu

  1. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat fardhu
2.      Siswa dapat melafazkan dalil-dalil tentang shalat fardhu
3.      Siswa dapat menyebutkan syarat-syarat wajib dan syarat-syarat sah shalat fardhu.


  1.  Materi Pembelajaran
1.      Shalat menurut bahasa ( ةصلا  ) artinya doa. Sebagaimana firman Allah SWT:
 Èe@|¹ur öNÎgøn=tæ ( ¨bÎ) y7s?4qn=|¹ Ö`s3y öNçl°; 3 ª!$#ur ììÏJy íOŠÎ=tæ ÇÊÉÌÈ  
Artinya: “dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.” (Q.S at Taubah: 103)
 (Terlampir)

  1. Metode Pembelajaran 
Pendekatan     :           Scientifik
Strategi            :           Poster comment (mengomentari poster)
Metode            :           Diskusi dan Tanya Jawab

  1. Media, Alat, dan Sumber belajar
*        Media                  :             potongan gambar / peta konsep
                                          Potongan kertas
                                          LKS
*        Alat                     :             lem, kartun, gunting, kertas, isolasi, spidol.
*        Sumber belajar     :
-          Buku Fiqih Kementrian Agama Republik Indonesia. Penulis: Abdul Kadir Ahmad, Mas’an, Ahmad Hidayat. Kurikulum 2013. Hal 20.
-          Fiqih kelas VII MTs
Pengarang Sudarko
Penerbit Aneka Ilmu Tahun 2008. Hal 26
-          Memahami Fiqh Madrasah Tsanswiyah Kelas VII
Pengarang : Drs. Tatang Ibrahim, M.Pd.
Penerbit : Armico. Tahun 2004. Hal 35
-          Pengalaman siswa
-          Al Qur’an dan Terjemahannya
  1. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
NO.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
-          Memberi salam dan berdoa
-          Memulai pelajaran dengan membaca alquran surat pendek dengan lancar dan benar (nama surat yang ditentukan)
-          Memperhatikan kesiapan siswa dengan mengabsen kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian, posisi dan tempat duduk disesuikan dengan kegiatan pembelajaran
-          Guru menyapa dengan menanyakan keadaan peserta didik
-          Menyampaikan kompetensi dasar sesuai dengan materi yang akan dicapai.
-          Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak, menanya, berdiskusi mengkomunikasikan dengan cara menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi.

2.
Kegiatan Inti
  1. Mengamati
-          Mengamati media peta konsep di karton yang ditempelkan di papan tulis
-          Mengamati informasi lainnya yang berkaitan dengan hadas besar yang diperkaya di media karton
  1. Menanya
-          Melalui motivasi dari guru, siswa mengajukan pertanyaan tentang informasi yang berkenaan dengan dengan shalat fardhu.
-          Mengajukan pertanyaan terkait dengan shalat fardhu
-          Menanyakan dali tentang shalat.
  1. Mencoba
-          Siswa duduk dalam kelompoknya bekerja sama dengan mengisi LKS yang tersedia
-          Secara berkelompok melafazkan dalil tentang shalat di bawah bimbingan guru.
  1. Asosiasi / menalar
-          Mengecak kebenaran jawaban di LKS dengan membuka buku paket
-          Berlatih malafazkan dalil tentang shalat.
  1. Komunikasi
-          Memajang karya (jawaban LKS) masing-masing di depan kelas
-          Menunjuk melafazkan dalil tentang shalat
-          Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.

3.
Kegiatan Akhir
-          Guru dan siswa merangkum materi pelajaran yang telah dipelajari
-          Guru melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pembelajaran yang dilakukan
-          Siswa melakuan refleksi secara tertulis dan sekaligus guru memberikan tugas rumah (PR)
-          Guru memberikan penguatan.


  1. Penilaian
-          Teknik                   :           Tes tertulis, penugasan
-          Bentuk instrumen  :           Uraian
LKS
-          Instrument             :           Terlampir
  

          Mengetahui                                                             Banda Aceh, 28 Oktober 2014
       Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran



Bambang Irawan, S,S.Ag                                                  Uswatun Hasanah           
          NIP : 197106301999051001                                        NIP : 198209302009012008








Butir-butir soal :
  1. Jelaskan pengertian shalat menurut bahasa dan istilah!
  2. Tuliskan dalil yang berkenaan dengan shalat fardhu!
  3. Sebutkan syarat-syarat wajib shalat!
  4. Sebutkan syarat-syarat sah shalat fardhu!
  5. Tuliskan ciri-ciri orang yang sudah baligh!
   
Kunci Jawaban
1.      Shalat menurut bahasa berarti doa
Menurut istilah adalah suatu amal ibadah yang terdiri dari perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam dengan syarat-syarat dan rukun tertentu.
2.      Dalil yang berkenaan dengan shalat fardhu adalah:
$ygƒr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qãèŸ2ö$# (#rßàfó$#ur (#rßç6ôã$#ur öNä3­/u (#qè=yèøù$#ur uŽöyø9$# öNà6¯=yès9 šcqßsÎ=øÿè? ) ÇÐÐÈ   (Q.S Al Hajj: 77)
3.      Syarat-syarat wajib shalat yaitu:
a.       Islam
b.      Suci dari haid dan nifas
c.       Berakal
d.      Baligh (dewasa)
e.       Telah sampai dakwah

4.      Syarat-syarat sah shalat adalah:
a.       Mengetahui masuknya waktu shalat
b.      Suci dari hadast besar dan hadast kecil
c.       Suci badan, pakaian dan tempat yang digunakan untuk shalat dari najis
d.      Menutup aurat
e.       Menghadap kiblat
5.      Ciri-ciri baligh:
-          Cukup berumur lima belas tahun
-          Keluar mani
-          Mimpi bersetubuh
-          Keluar darah haid bagi wanita

Rubrik
Soal yang benar 1 akan  diberi nilai 20 dan jika benar 5 maka nilainya 100.











LKS
Susunlah dan tempellah potongan-potongan kertas ke dalam bagan di bawah ini berdasarkan ketentuan-ketentuan shalat fardhu!


 


           





Syarat wajib shalat
1.     
2.     
3.     
4.     
5.       
 

Syarat sah shalat
1.     
2.     
3.     
4.     
5.       
 
 






                                     









                                                          

Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus sekali
Cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan A
Selalu mendengarkan teman yang berbicara
              (3)
Mendengarkan teman yang berbicara namun masih sesekali masih perlu diingat
             (2)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
               (1)
Komunikasi B non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi, wajah, suara).
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat
             (3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
            (2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
                (1)
Partisipasi C menyampaikan, ide, perasaan, dan pikiran
Isi pembicaraan menginspirasi teman selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
             (3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci merespons sesuai dengan topik
              (2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung
                (1)
Kerututan D berbicara
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal sampai akhir
              (3)
Menyampaikan pendapatnya secara runtut tapi  belum konsisten
              (2)
Masih perlu berlatih untuk berbicara runtut
               (1)

Catatan : centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria
Penilaian : Total nilai x
                                    12

Contoh : 2+3+1+2x10 = 8 x10=6,7
                        12            2



Penilaian diskusi
NO.
Nama
Aspek yang dinilai









 
Mendengarkan Komunikasi  Partisipasi   Keruntutan
Skor nilai
Maksimal



 1       2       3     1      2      3   1      2      3 1      2       3










































Catatan :
             Kolom nilai diisi dengan angka yang sesuai
1=  kurang
2= sedang                                           6x100 = 50
3=  baik                                                  2
4= amat baik




Penilaian Antar Peserta Didik

                           Nama Peserta Didik             :
                           Kelas                                    :
                           Tanggal pengmatan              :
                           Subtema                               :

1. Bacalah pernyataan yang ada didalam kolom dengan teliti
2. Berilah tanda cheklist (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari

NO.
Prilaku
Dilakukan / Muncul
        Ya                  Tidak
1.
Mau menerima pendapat teman

2.
Mamaksa teman untuk menerima pendapatnya

3.
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan

4.
Mau bekerja sama dengan semua teman

5.
....










Observasi Sikap Spiritual
     Nama Peserta Didik                      :
     Kelas                                             :
     Tanggal Pengamatan                     :
     Subtema                                        :

NO.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2.
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3.
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4.
Melaksanakan shalat tepat pada waktunya




5.
...





Jumlah skor


Kriteria Penilaian
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan dan kadang-kadang tidak melakukan
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan.






Lembar Penilaian Diri Sikap Jujur
         Nama Peserta Didik                  :
         Kelas                                         :
         Subtema                                    :
         Tanggal                                      :

Berilah tanda cheklist (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
NO.
Pernyataan
1
2
3
4
1.
Saya menyontek pada saat mengerjakan ulangan




2.
Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas




3.
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika saya menemukan barang




4.
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan




5.
Saya mengerjakan ujian tanpa melihat jawaban yang lain





Keterangan :
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2. kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
3. sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
4. selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

Comments