INDAHNYA
BERBAGI
MURAH
REZEKI DAN BERBERKAH
SEDEKAH,
HIBAH, DAN HADIAH
A.
KOMPETENSI
INTI
KI-1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2. Menghargai, dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
KOMPETENSI
DASAR
Kompetensi Dasar
1.1
Menghargai perintah bersedekah,
hibah dan memberikan hadiah.
|
2.2
Membiasakan bersedekah, hibah dan
memberi hadiah
|
3.1
Memahami ketentuan sedekah, hibah
dan hadiah
|
4.1
Mensimulasikan tata cara sedekah,
hibah dan hadiah
|
C.
INDIKATOR
INDIKATOR
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
Peserta didik mampu:
-
Menunjukkan tata cara infaq selain zakat berdasarkan syariat Islam.
-
Melaksanakan tata cara sedekah, hibah dan hadiah berdasarkan syariat Islam.
-
Menjelaskan ketentuan sedekah, hibah dan hadiah
-
Menerangkan tata cara sedekah, hibah dan hadiah
-
Menunjukkan contoh sedekah, hibah dan hadiah
-
Mempraktikkan sedekah,
hibah dan hadiah dalam kehidupan sehari- hari
|
Melalui
pendekatan saintifik dengan metode komperatif tentang sedekah, hadiah dam
hibah, peserta didik dapat:
-
Menunjukkan tata cara infaq selain zakat berdasarkan syariat Islam.
-
Melaksanakan tata cara sedekah, hibah dan hadiah berdasarkan syariat Islam.
-
Menjelaskan ketentuan sedekah, hibah dan hadiah
-
Menerangkan tata cara sedekah, hibah dan hadiah
-
Menunjukkan contoh sedekah, hibah dan hadiah
-
Mempraktikkan sedekah,
hibah dan hadiah dalam kehidupan sehari- hari
|
D.
MATERI
POKOK
- Sedekah ialah pemberian sesuatu kepada seseorang yang membutuhkan, semata-mata hanya mengharap ridha Allah swt.
- Rukun seekah ada 4 yaitu; orang yang memberi, orang yang diberi, ijab dan qobul serta benda pemberian.
- Menurut bahasa hibah artinya pemberian. Sedangkan menurut istilah hibah ialah pemberian sesuatu kepada seseorang secara cuma-cuma, tanpa mengharapkan apa-apa.
- Hukum asal hibah adalah mubah (boleh). Tetapi berdasarkan kondisi dan peran si pemberi dan si penerima hibah bisa menjadi wajib, haram dan makruh.
- Hadiah adalah pemberian sesuatu kepada seseorang dengan maksud untuk memuliakan atau memberikan penghargaan. Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya agar saling memberikan hadiah. Karena yang demikian itu dapat menumbuhkan kecintaan dan saling menghormati antara sesama.
- Hikmah dan manfaat shadaqah,hibah dan hadiah, antara lain sebagai berikut:
a.
Menumbuhkan rasa kasih sayang sesama umat manusia
b.
Menjadikan harta benda menjadi berlipat
c.
Terjauh dari murka Allah swt.
d.
Terjauh dari siksa neraka
e.
Terjauh dari berbagai macam bencana
f.
Didoakan oleh
malaikat setiap hari.
g.
Dapat membantu meringankan beban orang lain
h.
Sebagai Obat penyakit
i.
Memperoleh Pahala yang Mengalir Terus
j.
Menghapus Kesalahan
E.
PROSES
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
Pendahuluan
a.
Guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama.
b.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.
Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan
yang ringan, seperti cerita motivasi, senam otak atau bersalawat.
d.
Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar sedekah,
hibah dan hadiah.
e.
Guru dapat
memakai beberapa alternatif
media/alat peraga/alat bantu,
dapat berupa tulisan manual di papan
tulis, kertas karton (tulisan
yang besar dan mudah
dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
f.
Guru menggunakan metode diskusi dalam bentuk the
educational-diagnosis meeting. Artinya, peserta didik berbincang mengenai
pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas
pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang
benar.
2. Kegiatan
Inti
a.
Guru meminta peserta
didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi sedekah, hibah dan hadiah (Kegiatan mengamati)
b.
Guru meminta peserta didik mengangkat tangan
sebelum mengeluarkan pendapatnya.
c.
Peserta didik
mengemukakan hasil pengamatan
gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
d.
Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara
e.
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang
hasil pengamatannya
Gambar
|
Hasil Pengamatan
|
Siswa memberi bantuan sedekah kepada yang membutuhkannya
|
1. Sedekah ialah penyerahan
hak milik suatu benda yang diberikan tanpa imbalan kepada orang yang
membutuhkan, semata-mata
hanya mengharap ridha Allah swt.
2. Hendaknya dari kecil dilatih untuk membiasakan
bersedekah
3. Dan sebagainya
|
Seseorang yang bersedekah dng ikhlas, dan yang satunya masih
piker untuk bersedekah
|
1. Sedekah
adalah merupakan bentuk ibadah, maka Alah yang akan membalasnya
2. Bersedekah
harus ikhlas, dan hanya mengharapkan ridha Allah
3. Dan
sebagainya
|
Panitia
memberi hadiah
|
1. Hadiah adalah penyerahaan barang berharga kepaa
orang lain sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang dicapai
2. Dengan disyariatkan haiah, maka akan muncul
motivasi untuk saling berlombah dalam mengerjar prestasi
3. Dan sebagainya
|
f.
Lalu guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan
pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari
guru serta menghubungkannya dengan pemahaman sedekah,
hibah dan hadiah. Peserta didik bisa bertanya dengan menggunakan kata
Tanya: apa, mengapa, bagaimana, bagaimana jika dan sebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan
pertanyaan (Kegiatan menannya)
No
|
Pertanyaan
|
1
|
Apa betul
bersedekah itu baik untuk perputaraan ekonomi di suatu masyarakat?
|
2
|
Kenapa masih
banyak orang kaya malas untuk bersedekah?
|
3
|
Apa kiat yang
harus dilakukan agar terbiasa besedekah dan hibah?
|
4
|
Apakah hibah
itu boleh untuk keluarga terdekat?
|
5
|
Apakah dengan
adanya hadiah membuat orang tidak ikhlas dalam suatu perbuatan?
|
Catatan:
-
Guru harus dapat mendorong peserta didik untuk berani
menanya
-
Peserta didik mengungkapkan pertanyaan-pertanyaannya
lewat lisan atau tulisan
-
Guru bisa meminta salah satu peserta didik untuk menulis semua
pertanyaan-pertanyaan tersebut di papan tulis atau bisa ditulis di kertas.
-
Guru harus memberikan
penghargaan terhadap pertanyaan yang dikemukakan oleh peserta didik, misalnya
“pertanyaan yang bagus sekali, dan sejenisnya”
g.
Guru menjelaskan
beberapa poin yang diramu dari beberapa poin pertanyaan atau tanggapan siswa
sebelumnya (Kegiatan
membaca)
h.
Atau guru
memberi tugas siswa secara berkelompok untuk membaca dan memahami hasil bacaan
yang ditentukan. Lalu secara bergiliran menjelaskan hasil bacaan masing-masing
temannya yang lain secara bergantian
i.
Guru meminta peserta didik tetap bersama
kelompoknya
j.
Guru membagi pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok.
k.
Tiap kelompok mendapat tugas satu pertanyaan. (Kegiatan menganalisa)
l.
Sebelumnya ditentukan ketua kelompok yang bertugas mengatur pembagian tugas
dalam menyelesaikan tugas kelompok.
m.
Salah satu kelompok maju ke depan
untuk mempresentasikan hasil tugas mereka, dengan membagi di anatara mereka
(moderator, pembicara, notulen, dan sebagainya), hingga semua aktif terlibat
n.
Kelompok yang mengamati dan
memberi tanggapan dari presentasi salah satu kelompok. Demikian juga dengan
kelompok selanjutnya
o.
Guru memberikan penjelasan tambahan
dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
p. Guru
membimbing peserta didik untuk membaca kisah “Kedermawanan Utsman bin Affan”
(Kolom Motivasi)
q. Guru
memotivasi dengan meminta peserta didik bercita-cita untuk mau bersedekah dan
menghayati keutamaan sedekah, hibah dan hadiah.
r.
Peserta didik mengemukakan
pendapatnya tentang hikmah dari kisah/ cerita tersebut
s. Guru
memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
t.
Untuk memperkuat pemahaman
tentang pelaksanaan tatacara bersedekah, hibah dan hadiah, guru meminta peserta
didik untuk melakukan simulasi sedekah, hibah dan hadiah (Kegiatan
Mempratekkan)
u. Guru
memberi penguatan dari pelaksanaan praktek simulasi sedekah, hibah dan hadiah
v. Guru dan peserta didik
menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut
sesuai yang terdapat dalam
buku teks siswa pada kolom rangkuman. Kegiatan Merangkum dan
kolom karakter
w. Peserta didik mengerjakan tugas/soal yang diberikan oleh guru
3. Kegiatan
Penutup
- Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Guru memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa
c.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan
menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
- Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
F. PENILAIAN
Guru melakukan penilaian terhadap
peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:
1.
Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Nilai
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek dan rubrik penilaian.
1. Kejelasan dan kedalaman informasi.
a.
Jika kelompok tersebut dapat
memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 1.33
b.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 1.20
c.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap, skor 1.10
2. Keaktifan dalam diskusi.
a.
Jika kelompok tersebut berperan
sangat aktif dalam diskusi skor 1.33
b.
Jika kelompok tersebut berperan
aktif dalam diskusi skor 20.
c.
Jika kelompok tersebut kurang
aktif dalam diskusi skor 1.10
3. Kejelasan dan kerapian presentasi.
a.
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan sangat
jelas dan rapi, skor 1.33
b.
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 1.25
c.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 1.20
d.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan
tidak
rapi, skor 1.10
2.
Penilaian sikap Diri
Berilah
tanda centang () pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kita
Berilah tanda
centang (ü)
pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kita
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya yakin bahwa
bersadaqah akan menambah rezeki bukan
malah mengurangi
|
|
|
2
|
Saya selalu bersadaqah
meskipun sedikit
|
|
|
3
|
Saya
meyakini bahwa saya bisa menambah pahala dengan memberikan
hadiah kepada orang lain
|
|
|
4
|
Saya
menyakini memberikan hibah mendekatkan diri kepada Allah Swt
|
|
|
5
|
Saya berharap
kelak akan menjadi orang yang dermawan
|
|
|
Pedoman
penskoran
Ya : skor 5 . Tidak
: skor
0.
Nilai = Jumlah nilai skor yang
diperoleh x 100
Jumlah Skor Maksimal
3.
Penilaian antar Teman
Nama
Siswa: ……………….Tanggal: ………………… Kelas: …………………..
No
|
Nama Siswa
|
|
JML
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan aspek
yang dinilai:
1.
Keaktifan memberikan
pendapat/menyampaikan ide
2.
Kesediaan menerima pendapat/ide
dari teman dalam kelompok
3.
Kesetiaan dalam melaksanakan
tugas yang diberikan kelompok
4.
Kemampuan mengambil keputusan
dalam kelompok
5.
Kepedulian terhadap kesulitan
terhadap sesama anggota kelompok
6.
Kesediaan memberikan kesempatan
kepada sesama anggota kelompok
7.
Kemampuan
mengorganisir/mengaktifkan kerja kelompok
Pedoman Penskoran:
1.
tidak baik skor 1
2.
baik, skor 2
3.
sangat baik, skor 3
Nilai = Jumlah nilai skor yang
diperoleh x 100
Jumlah Skor Maksimal
4.
Penilaian
Pilihan Ganda
Pilihlah
jawaban yang paling benar!
1.
Perbuatan memberikan sesuatu
kepada orang lain dengan mengharap ridho Allah semata disebut…
a.
Zakat c. Hibah
b.
Hadiah d. Sadaqoh
2.
Seseorang yang memberikan sadaqoh
atau hadiah kepada orang lain, maka ia harus mengetahui hukum sadaqoh, yang
manakah yang termasuk hukum sadaqoh…
a.
Sunnah c. Makruh
b.
Wajib d. Mubah
3.
Dibawah ini adalah yang termasuk
Rukun Sadaqah…
a.
Upeti c. Imbalan
b.
Ribah d. Ijab & Qabul
4.
Aminah memberikan sesuatu kepada
Aisyah dengan tulus dan Ikhlas karena Allah SWT, maka perbuatan Aminah termasuk…
a.
Sadaqoh c. Hibah
b.
Hadiah d. Wasiat
5.
Pemberian dari seseorang kepada
orang lain dengan tidak ada imbalan dan sebab disebut…
a.
Hadiah c. Hibah
b.
Sadaqoh d. Riba
6.
Hukum hibah adalah…
a.
Wajib c. Mubah
b.
Sunnah d. Makruh
7.
Hibah dapat dianggap sah apabila
pemberian itu sudah mengalami proses…
a.
Jual-beli c. Sewa-menyewa
b.
Ijab-qabul d. Serah-terima
8.
Hadiah yang diberikan kepada
orang lain dengan tujuan disebut…
a.
Mengharapkan kebaikannya
b.
Untuk kesetiaannya
c.
Demi meningkatkan persatuaan
d.
Untuk penghargaan
9.
Rasulullah SAW menganjurkan
kepada umatnya untuk saling memberikan hadiah, hukum memberikan hadiah adalah…
a.
Wajib c. Makruh
b.
Sunnah d. Mubah
10. Manakah
pernyataan dibawah ini yang termasuk manfaat sadaqoh, hibah, dan hadiah…
a.
Semakin banyak yang mencacimaki
b.
Semakin sombong dan angkuh
c.
Semakin tunduk dan patuh serta
bersyukur kepada Allah SWT
d.
Semakin dihormati
Pedoman penskoran : Pilihan ganda:
Jumlah jawaban benar x 0,25 (maksimal 10 x 0,25
= 2,50)
5.
Penilaian
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.
Jelaskan Pengertian shadaqoh dan hukumnya !
2.
Jelaskan Rukun
shadaqoh
3.
Jelaskan
Pengertian hibah!
4.
Jelaskan hukum
hibah!
5.
Sebutkan Hikmah
dan manfaat shadaqah,hibah dan hadiah
Kunci Jawaban
Skor penilaian soal uraian
No. Soal
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1
|
a.Jika peserta didik dapat menuliskan tentang pentingnya bershodaqoh memberi hibah dan hadiah lengkap dan sempurna, skor 10.
b.Jika peserta didik dapat menuliskan tentang pentingnya bershodaqoh memberi hibah dan hadiah lengkap, skor 6.
c. Jika
peserta didik dapat
menuliskan tentang pentingnya bershodaqoh memberi hibah dan hadiah tidak lengkap, skor 4.
|
10
|
2
|
a. Jika
peserta didik dapat
menuliskan perbedaan shodaqoh, hibah dan hadiah dengan benar, skor 10.
b. Jika
peserta didik dapat
menuliskan perbedaan shodaqoh,hibah dan hadiah kurang benar, skor 5.
|
10
|
3
|
a. Jika
peserta didik dapat
menuliskan tiga rukun shodaqoh dan penjelasannya, skor10.
b. Jika
peserta didik dapat
menuliskan dua rukun shodaqoh dan penjelasannya, skor 8.
c. Jika
peserta didik dapat
menuliskan satu rukun shodaqoh dan penjelasannya, skor 4.
|
10
|
4
|
a.
Jika peserta didik dapat
menuliskan dalil tentang shodaqoh, lengkap dengan
artinya
skor 10.
b.
Jika peserta didik dapat
menuliskan dalil tentang shodaqoh, tidak dengan
artinya
skor 8.
c.
Jika peserta didik dapat
menuliskan dalil tentang shodaqoh, tetapi
salah dengan artinya skor 6.
|
10
|
5
|
a. Jika peserta didik dapat menjelaskan 3 manfaat shodaqoh,
hibah,dan hadiah, skor 10.
a. Jika peserta didik dapat menjelaskan 2 manfaat shodaqoh,
hibah,dan hadiah, skor 8.
6. a. Jika
peserta didik dapat
|
4
|
|
Jumlah Skor
|
20
|
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
7.
Penilaian
Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur
Setelah mempelajari tentang
Penyembelihan, Kurban, dan Akikah, cobalah kalian menuliskan pengalaman kalian
tentang salah satu dari tema tadi (penyembelihan, kurban, dan akikah) yang
kalian lakukan. Jika memungkingkan hasil pengalaman kalian ditempel di madding
kelas kalian
Skor penilaian sebagai berikut:
1. Jika peserta didik dapat
mengumpulkan
tugasnya
tepat
pada
waktu
yang
ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 4,00.
2.
Jika siswa dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta
alasannya benar, nilai 3,50.
3.
Jika siswa dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta
alasannya sedikit ada kekurangan, nilai
2,50.
Saran:
Guru harus kreatif mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan
kebutuhan peserta didik dengan mengikuti
langkah-langkah yang ada.
G.
PENGAYAAN
Berilah tugas
tambahan kepda siswa yang sudah menguasai materi untuk menghafalkan dalil-dalil
tentang kurban dan akikah, sekaligus menerangkan kandungan dalil tersebut
didepan kelas atau menyerahkan langsung ke guru dalam
bentuk tulisan
Atau buatlah teks kultum dengan tema
“Qurban sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah dan ibadah sosial”, dengan sistematika sebagai berikut !
1. Pembukaan.
2. Isi
meliputi, dasar hukum qurban, manfaat qurban, hikmah qurban.
3. Penutup
/kesimpulan
4. Presentasikan
naskah yang telah kamu buat didepan kelas !
H.
REMEDIAL
Berilah tugas
kepada siswa yang belum menguasai materi
untuk mempelajari materi tentang kurban dan akikah
kepada teman atau kepada guru diluar kelas atau dirumah, dan tagihlah siswa
tersebut untuk menerangkan materi yang diminta oleh guru pada pertemuan
berikutnya
Remedial
dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang
disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila
masih ada waktu,
atau di luar jam
pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai)
I.
INTERAKSI
GURU DENGAN ORANG TUA
Guru meminta peserta didik dengan
mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan
perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung
baik langsung, maupun memalui telepon, tentang perkembangan
Comments
Post a Comment