BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan paparan pada pembahasan bab bab sebelumnya, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut :
1.
Penerapan
model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa, hal ini dapat dilihat pada 2 siklus yang telah di adakan
penelitian.
2.
Penelitian
ini terbukti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking
Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-4 MTsS
Babun Najah pada pokok bahasan dasar dan tujuan aqidah islam dan pokok bahasan
hubungan iman, islam, dan ihsan. Hal ini dapat dilihat pada siklus I dan siklus
II, sementara pada siklus I siswa yang memperoleh nilai <75 sebanyak 8 siswa
dengan persentase 26,66 % dan siswa yang memperoleh nilai >75 sebanyak 22
siswa dengan persentase 73,33 % dengan rata-rata kelas 65,90%. Sedangkan pada
siklus ke II siswa yang memperoleh nilai <75 sebanyak 2 siswa dengan
persentase 6,66% dan siswa yang memperoleh nilai >75 sebanyak 28 siswa
dengan persentase 93,33 % dengan rata-rata kelas 86,90 %. Pada kedua siklus ini
terjadi perbedaan, dan siklus ke II hasil belajar siswa meningkat ini
menunjukkan bahwa kriteria ketuntasan minimum (KKM) telah terpenuhi yaitu 75.
B. Rekomendasi
Berdasarkan kesimpulan yang telah penulis paparkan di atas, berikut
ini penulispaparkan beberapa saran, semoga dapat bermanfaat bagi penulis
pribadi dan hendaknya dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, adapun saran
tersebut adalah :
1.
Kepada
guru agar dapat menggunakan model pembelajaran Talking Stick sebagai
salah satu model pembelajaran yang di terapkan di sekolah.
2.
Pemilihan
model yang beraneka ragam oleh guru dalam proses belajar mengajar maka akan
dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disajikan oleh guru sehingga
akan berimplikasi terhadap hasil belajar.
3.
Bagi
pihak yang ingin menerapkan model pembelajaran Talking Stick, hendaknya
terlebih dahulu membuat perencanaan yang matang dengan menyesuaikan dengan
kondisi, terutama dalam hal alokasi waktu, fasilitas pendukung, dan kesiapan
siswa di kelas.
Comments
Post a Comment