skripsi ptk pai bab 5



BAB V
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Berdasarkan paparan pada pembahasan bab bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat pada 2 siklus yang telah di adakan penelitian.
2.      Penelitian ini terbukti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII-4 MTsS Babun Najah pada pokok bahasan dasar dan tujuan aqidah islam dan pokok bahasan hubungan iman, islam, dan ihsan. Hal ini dapat dilihat pada siklus I dan siklus II, sementara pada siklus I siswa yang memperoleh nilai <75 sebanyak 8 siswa dengan persentase 26,66 % dan siswa yang memperoleh nilai >75 sebanyak 22 siswa dengan persentase 73,33 % dengan rata-rata kelas 65,90%. Sedangkan pada siklus ke II siswa yang memperoleh nilai <75 sebanyak 2 siswa dengan persentase 6,66% dan siswa yang memperoleh nilai >75 sebanyak 28 siswa dengan persentase 93,33 % dengan rata-rata kelas 86,90 %. Pada kedua siklus ini terjadi perbedaan, dan siklus ke II hasil belajar siswa meningkat ini menunjukkan bahwa kriteria ketuntasan minimum (KKM) telah terpenuhi yaitu 75.


B. Rekomendasi
Berdasarkan kesimpulan yang telah penulis paparkan di atas, berikut ini penulispaparkan beberapa saran, semoga dapat bermanfaat bagi penulis pribadi dan hendaknya dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, adapun saran tersebut adalah :
1.      Kepada guru agar dapat menggunakan model pembelajaran Talking Stick sebagai salah satu model pembelajaran yang di terapkan di sekolah.
2.      Pemilihan model yang beraneka ragam oleh guru dalam proses belajar mengajar maka akan dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disajikan oleh guru sehingga akan berimplikasi terhadap hasil belajar.
3.      Bagi pihak yang ingin menerapkan model pembelajaran Talking Stick, hendaknya terlebih dahulu membuat perencanaan yang matang dengan menyesuaikan dengan kondisi, terutama dalam hal alokasi waktu, fasilitas pendukung, dan kesiapan siswa di kelas.





Comments